liburan ke planet jupiter

Jeanette Agatha – Liburan sekolah tahun ini harus tetap di rumah aja. Untungnya banyak kegiatan online yang bisa diikuti untuk mengisi kegiatan anak-anak selama liburan sekolah. Salah satu kegiatan online yang anak saya ikuti adalah Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop.

Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop ini ada empat sesi, yaitu :

  1. Liburan ke Planet Mochi bareng Mona Ratuliu x Wonder Fest [Jum’at 25 Juni 2021]
  2. Main ke Planet Saturnus bareng Enno Lerian x Rumah Dandelion [Sabtu, 3 Juli 2021]
  3. Main ke Planet Uranus bareng Nana Mirdad x Mungilmu [Sabtu, 10 Juli 2021]
  4. Main ke Planet Jupiter bareng Melki Bajaj x Buumi Playscape [Sabtu, 17 Juli 2021]

Owen dan Ryan paling senang banget kalau sudah membicarakan tentang Solar System (Tata Surya). Makanya mereka senang banget saat tau mau bermain dan jalan-jalan virtual ke Planet Mochi. Sesi yang kami ambil adalah sesi terakhir, bermain ke Planet Jupiter. Bagaimana keseruannya? Baca sampai akhir, ya! 😊

Bermain ke Planet Jupiter

main ke Planet Jupiter

Bermain ke Planet Jupiter bareng Melki Bajaj x Buumi Playscape ini berlangsung pada 17 Juli 2021 Pukul 10.00 – 11.00 WIB. Acara dipandu oleh Kak Nurul dari Buumi Playscape yang menjelaskan permainan dan aktivitas yang akan dilakukan hari itu.

Keluarga Melki Bajaj pun sudah siap untuk mengikuti keseruan. Sebelum memulai acara, Kak Nurul menanyakan bagaimana perasaan Kak Mikha (anak pertama dari Melki Bajaj) yang harus liburan di rumah aja. Kak Mikha menjawab,

“bosan di rumah terus, kangen mau ke sekolah lagi dan bermain bersama teman-teman sekolah.”

Jawaban dari Kak Mikha pasti mewakili banget hati semua anak-anak Indonesia yang kangen untuk sekolah dan bermain bersama teman-teman.

Paddle pop mochi

Setelah mengobrol bersama keluarga Melki, Kak Nurul akan mengajak semua anak-anak yang hadir pada acara tersebut untuk bersiap-siap terbang ke Planet Jupiter yang akan dipimpin oleh Kak Lintang. Anak-anak diajak untuk bernyanyi dan menari untuk sampai ke Planet Jupiter.

Sesampainya di Planet Jupiter, anak-anak diberikan pengetahuan tentang fakta Planet Jupiter. Beberapa fakta tersebut, yaitu :

  • Jupiter adalah Planet terdekat kelima dari Matahari.
  • Nama Jupiter diambil dari Raja para Dewa dalam mitologi Romawi karena merupakan Planet terbesar.
  • Jupiter memiliki cincin seperti Saturnus, namun sulit untuk dilihat.
  • Jupiter dikelilingi oleh 79 bulan. Empat bulan terbesar Jupiter yang pertama kali dilihat oleh Galileo Galilei, yaitu bernama IO, Europa, Ganymede, dan Callisto.
  • Satu hari di Planet Jupiter hanya berlangsung selama 10 jam.
  • Satu tahun di Jupiter sama dengan 11.8 tahun di Bumi.
  • Jupiter merupakan raksasa gas yang terdiri dari Hidrogen dan Helium.

Owen dan Ryan senang sekali mendapat pengetahuan tentang Planet Jupiter, mereka juga diajak untuk melakukan beberapa misi. Apa aja? Baca terus sampai akhir, ya!πŸ˜‰

Misi di Planet Jupiter

Ada tiga misi yang harus dilakukan selama berada di Planet Jupiter. Dengan ada misi ini, makanya saat pendaftaran akan dibagikan link rangkaian acara yang akan dilakukan. Karena harus mempersiapkan beberapa bahan yang digunakan untuk melakukan misi. Misi yang akan dibikin saat berada di Planet Jupiter, yaitu :

Moon Dough Pottery

paddle pop mochi

Misi pertama anak-anak membuat Moon Dough Pottery, ada beberapa bahan yang harus disiapkan, yaitu :

  • Tepung terigu : 15 sdm
  • Kopi / coklat bubuk : 1 sdm
  • Air hangat : +/- 15 sdm
  • Cookie cutter atau cetakan kue
  • Rolling pin
  • Wadah atau mangkuk
  • Gelas bermulut bundar

Cara Membuatnya :

liburan ke planet jupiterpaddle

  • Tepung terigu dicampurkan dengan air hangat, lalu diaduk menjadi adonan.
  • Setelah adonan setengah jadi, masukkan kopi atau coklat bubuk.
  • Adonan sudahΒ  berubah warna dan wangi kopi atau coklat, langsung diratakan hingga tipis menggunakan rolling pin. Ryan menggunakan gelas untuk meratakan karena di rumah tidak ada rolling pin.
  • Setelah adonan sudah rata, langsung dipotong menggunakan cetakan kue yang berbentuk bintang, bulan, atau apapun yang ada di rumah. Karena saya tidak ada cetakan kue, maka menggunakan cetakan nasi yang berbentuk bintang. Maka hasilnya lebih tebal. Sedangkan untuk bentuk bulan, menggunakan bibir gelas yang bundar.
  • Selesai mencetak adonan langsung dikeringkan selama 8 jam. Lalu anak-anak bisa mewarna dengan kreativitasnya.

Manfaat dari Aktivitas ini adalah untuk melatih motorik halus, melatih kemampuan berhitung, dan meningkatkan kreativitas anak.

Alien Egg Game

liburan sekolah bersama paddle pop

Misi kedua, anak-anak akan bermain seperti menyelamatkan telur yang ada di Planet Jupiter. Bahan-bahan yang diperlukan, yaitu :

  • 2 buah ember besar atau wadah.
  • Balon warna warni atau plastik 1/2 kg : 10 pcs.
  • Glitter : 10 gr
  • Air
  • Kursi
  • Tissue atau handuk

Cara Bermainnya :

  • Isi semua balon atau plastik dengan air. Tidak perlu terlalu penuh, kira-kira sebesar telur dino, hihihi.
  • Satu wadah atau ember diisi air lalu ditaburi glitter.
  • Masukkan balon ke dalam air yang sudah ada glitter-nya.
  • Lalu anak boleh duduk di kursi, dan mulai memindahkan balon dari wadah yang berisi air ke wadah yang kosong. Cara memindahkannya dengan menggunakan kaki sambil berhitung.

Permainan ini juga ada manfaatnya, yaitu untu melatih motorik kasar dan kemampuan berhitung.

Mochi Sugar Swirl

es cream mochi paddle pop

Misi terakhir akan membuat kreasi topping Paddle Pop Mochi, supaya memakan es krim mochi lebih enak. Bahan-bahan yang diperlukan, yaitu :

  • Paddle Pop Mochi Choco Vanilla
  • Gula halus (Icing sugar)
  • Susu kental manis atau air : 1-2 sdm
  • Pewarna makanan
  • Wadah atau mangkuk
  • Meises atau choco chip

Cara Membuatnya :

  • Siapkan Paddle Pop Mochi, keluarkan es cream mochi ke atas piring atau mangkuk.
  • Masukkan gula halus ke dalam mangkuk lalu masukkan air sedikit demi sedikit, untuk bisa mendapatkan tekstur yang kental.
  • Setelah tekstur kental masukkan pewarna yang diinginkan.
  • Lalu teteskan pewarna tersebut ke atas es cream mochi sesuai kreasi.
  • Terakhir taburkan meises atau choco chip.

Misi terakhir ini mempunyai manfaat untuk melatih motorik halus dan meningkatkan kreativitas.

kreasi es cream mochi

Setelah selesai menyelesaikan ketiga misi diatas, anak-anak akan bersiap untuk pulang lagi ke Bumi bersama Kak Lintang. Sama seperti perginya, pulangnya juga sambil bernyanyi dan menari.

Seru banget bisa liburan sekolah bersama Paddle Pop, bisa bermain, belajar, bernyanyi, menari, dan membuat aktivitas bersama. Anak-anak jadi ga bosan liburan di rumah aja. Semoga di liburan selanjutnya akan ada kegiatan seru lagi nih dari Paddle Pop.

54 Replies to “Liburan Sekolah Bermain ke Planet Jupiter”

  1. Belgie says: August 20, 2021 at 8:37 am

    Wih seru banget ya ini, event online bersama anak bahkan keluarga. Anak jadi ga bosan walaupun di rumah terus.

  2. Nabilla - Bundabiya.com says: August 19, 2021 at 8:33 pm

    aku juga ikut pas main ke jupiter mbaa.. tapi cuma sebentar aja. aku ikutin full yang sebelumnya tuh ke planet uranus πŸ˜€ menyenangkan sekali yaahh anak2ku suka sama permainan2nya

  3. Rani Retnosari Mantriana says: August 19, 2021 at 10:28 am

    Acara-acara kayak gini seru banget ya Teh, jadi gak bosen dirumah terus. Udah gitu bisa sekalian bermain sambil belajar kan ini. Moga makin banyak acara serupa.

  4. lendyagassi says: August 16, 2021 at 6:56 pm

    Uwaah…seru sekali berpetualang hingga planet Jupiter dan memiliki misi yang harus diselesaikan.
    Anak-anak super happy dengan aktivitas bersama teman-teman online dan Paddle Pop Mochi.

  5. Sarieffe says: August 16, 2021 at 2:23 pm

    Anakku seneng banget ikut keseruan piknik ke planet Jupiter ini, katanya liburannya seru banget meski di rumah. Sambil berkreasi kemarin, dia juga belajar banyak hal mba

  6. Dian says: August 15, 2021 at 6:32 pm

    wahh seru ya, liburan sekolahnya diisi dengan jalan jalan virtual ke planet mochi
    apalagi sambil makan es krim paddle pop mochi

  7. Intan Daswan says: August 14, 2021 at 9:26 pm

    Wah, pastinya anak-anak bakalan senang banget bisa mengenal planet dengan cara yang menyenangkan, apalagi ditemani juga es krim paddle pop. Eh, itu Mochi Sugar Swirl-nya boleh ditiru ya, biar ada kreasi baru penyajian es krim.

  8. Wiwin | pratiwanggini.net says: August 14, 2021 at 3:54 am

    Wahhh… yakin deh anak-anak pasti betah kalo belajar sambil bermain begini, ditambah pula dengan praktek langsung. Ahh… Paddle Pop memang keren, pantas disukai banget sama anak-anak πŸ™‚

  9. Li Partic says: August 13, 2021 at 10:55 pm

    Seru banget ya si kecil jadi bisa tau fakta tentang planet. Juga kreativitasnya terasah dengan kreasi bikin2nya πŸ˜€

  10. Ria Nugros says: August 13, 2021 at 3:01 pm

    Samaan nih teh, saya juga ngajak anak-anak ikutan liburan ke planet mochi, tapi gak ikut bikin mochi kehabisan gak ada yang jual hehe tapi tetap seneng anak-anak nontonnya

  11. maya rumi says: August 12, 2021 at 12:38 pm

    wuah seru yah mba acaranya paddle pop ini, anak-anak jadi bisa berpetualang ke luar angkasa sambil bikin prakarya dan ada aktivitas yang bikin anak-anak makin happy. gak sabar nunggu apakah ada petualangan lain dibulan berikutnya bersama paddle pop.

  12. ruziana ina says: August 11, 2021 at 11:15 pm

    seru banget pastinya ya liburan ke planet mochi
    anak saya juga ikutan
    meski tidak dapat kotak permainan dia tetap enjoy
    apalagi saat menebak2 nama planet dan ciri khasnya

  13. Keke Naima says: August 11, 2021 at 9:46 pm

    Asik banget kalau anak dikasih kegiatan yang ada misi kreatif begini. Setelah itu makan es krim yang enak, deh

  14. Okti says: August 11, 2021 at 8:08 am

    Saya yakin ini sih misi terseru buat anak dan kota para pendampingnya. Banyak ilmu dan wawasan sekaligus kenangan indah bisa berpetualang seru bareng orang terkenal juga ya

  15. Bayu Fitri says: August 10, 2021 at 6:19 pm

    Wah asyiknya bisa main dengan si kecil ke planet Mochi..seru psti ya mbak apalagi masa pandemi gini pastinya si kecil terhibur sekali ya

  16. Nur Asiyah says: August 9, 2021 at 8:43 pm

    Wah, acaranya seru banget ya kayaknya. Selain menjadi hiburan yang menyenangkan, anak juga mendapatkan wawasan pengetahuan dan juga mengasah kreativitas.

    1. Jeanette Agatha says: August 10, 2021 at 3:56 pm

      iya betul sekali, mbak. Jadi mereka senang banget bisa ada hiburan saat liburan harus di rumah aja

  17. Supadilah Padil says: August 9, 2021 at 1:55 pm

    Seneng banget ya main sambil belajar. Pasti seru dan nggak terasa kalau sedang belajar. Dan biasanya kalau belajarnya senang gitu, bakal kuat ingatannya. keren nih main bareng paddle pop.

    1. Jeanette Agatha says: August 10, 2021 at 3:57 pm

      Iya betul sekali, pak. Karena anak akan lebih senang belajar sambil bermain. Jadi mereka ga merasa bosan juga

  18. Aisyah Dian says: August 9, 2021 at 10:01 am

    Wah serunya bikin Moon Dough Pottery bareng putranya kak … Anak-anak jadi Makin bahagia nih pasti dapat mengisi waktu dengan Hal yang positif

    1. Jeanette Agatha says: August 10, 2021 at 3:59 pm

      Iyaa seru banget bikin Moon Dough Pottery, anak juga bisa mengasah motorik halusnya karena meremas dough.

  19. Sarieffe says: August 7, 2021 at 10:35 pm

    Anakku seneng banget pas ikutan liburan ke planet mochi bareng kak melky bajaj. Paling favorit pas menghias es krim mochi karena bisa dihias sesuai dengan hiasan yang dia mau..aku nunggu kejutan lagi nih baru Paddle pop, moga nanti ada event semacam ini lagi ya mbak..

  20. Fadli says: August 7, 2021 at 3:18 pm

    Meskipun cuma di rumah, liburan juga bisa jadi seru bersama Paddle Pop ya. Anak-anak jadi punya kegiatan bermanfaat yang menambah pengetahuan dan kreativitas mereka

  21. yayu arundina says: August 7, 2021 at 12:31 pm

    Waaah seru acaranya. Belajar sambil bermain. Anak-anak pastj suka dikasih beberapa tantangan itu. Bikin waktu berjalan cepat dan liburan jadi asyik

  22. Wiwin | Pratiwanggini.Net says: August 7, 2021 at 5:14 am

    Wahhh… serunyaaa! Anak saya pasti suka banget kalau tahu ada acara seperti ini. Paddle Pop keren πŸ™‚

  23. Dian Safitri says: August 6, 2021 at 12:59 pm

    wah asik banget ini acaranya. lumayan buat mengurangi rasa bosan di rumah aja ya.
    aku yang dewasa aja jenuh maksimal rasanya karena harus di rumah terus, gimana yang anak-anak.
    aku baru tau kalau ada es krim mochi dari paddle pop, pasti efek jarang keluar rumah nih. belanja besok harus cari ah.

  24. Susie Ncuss says: August 6, 2021 at 12:31 pm

    Seru banget bisa main ke luar angkasa meski di rumah aja dengan paddle pop!

  25. Siska Dwyta says: August 6, 2021 at 12:21 pm

    Seru sekali ya Mbak ajak anak liburan ke luar angkasa ke planet Jupiter pula. Anak-anak juga bisa sekaligus sambil belajar ya meski traveling secara virtual tapi yang pastinya bisa tetap menghibur dan mengisu waktu libur anak dengan hal yang sangat menarik

  26. nyi Penengah Dewanti says: August 6, 2021 at 11:29 am

    Dulu aku juga suka mengenal berbagai macam planet Mba. Suka Jupiter. Seru ya main planet begini dengan padlle pop mochi

  27. lendyagassi says: August 6, 2021 at 10:57 am

    Berkreasi menyenangkan bersama Paddle Pop yaa..
    Plaing happy melihat anak-anak aktif dan berimajinasi membuat sesuatu seperti ini.. Apalagi pas menghias es krim mochinya.. Jadi semakin menyenangkan.

  28. indah savitri says: August 6, 2021 at 10:41 am

    kalau main ke antariksa pasti sukaaa ya anak – anak mba karena memang unik banget dan banyak yang bisa dipelajari niiih

  29. Yanti says: August 6, 2021 at 9:58 am

    Aktivitas ibu dan anak pastinya akan bkin happy semuanya apalagi mengenal planet2 di luar angkasa sambil makan es krim Mochi duh kebayang serunyaa

  30. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com says: August 6, 2021 at 9:51 am

    Wah seru banget tu permainannya bikin anak2 makin kreatif dengan bebikinan gitu ya mbak?
    Apalagi tema planet, anak2ku juga sangat suka belajar planet dan tata surya gtu.
    Kreasi topping Paddle Popnya ternyata bisa macem2 gtu ya? Bisa nih buat alternatif camilan juga buat anak2. Didinginkan lagi msh bisa kali ya sblm dimakan lg hehe

  31. Aisyah Dian says: August 6, 2021 at 9:39 am

    Wiiih travelingnya ke Planet Jupiter seru banget juga ya. sambil belajar mengenal planet Jupiter, anak-anak juga diajak untuk bermain aktivitas menarik lainnya

  32. Nurul Fitri Fatkhani says: August 6, 2021 at 6:46 am

    Seru sekali ya, anak-anak bisa ikut permainan ke planet mochi. Tidak hanya bermain, ternyata anak diajak juga untuk berkreativitas. Dengan begitu motorik anak bisa terasah ya…

  33. Noorma says: August 6, 2021 at 6:38 am

    seneng bangeeettt yang liburan ke luar angkasa bareng Paddle pop yaa.. planet Mochi nya penuh mochi yaa hhhee

    itu btw resep aku mau nyontek ya moms biar bisa bebikinan juga sama anaka anakku di rumah

    1. Ainhy edelweiss says: August 16, 2021 at 5:30 pm

      Kegiatannya seru banget yah, jadi hiburan buat anak-anak selama di rumah, next time semoga ada lagi event kayak gini di paddle pop

  34. diane says: August 5, 2021 at 6:09 pm

    Suka banget bisa ikutan acara ini ya… Banyak keseruan dan yang pasti anak-anak juga dapet tambahan pengetahuan dengan cara yang menyenangkan…

  35. Ida Tahmidah says: August 5, 2021 at 5:47 pm

    Asyik ya Mba bisa seseruan di rumah tapi sambil belajar dan melatih kreativitas anak juga…mantaps…

  36. Dyah ummu AuRa says: August 5, 2021 at 4:53 pm

    kami kemarin ikutan juga keseruan liburan ke planet mochi ini mbak tatpi yang sesi ke planet uranusnya. emang seru banget ya, bikin liburan di rumah tetap mengasikkan dan bermanfaat.

  37. Keke Naima says: August 5, 2021 at 4:26 pm

    Ternyata ada banyak jalan-jalan ke berbagai planet. Ini bisa bikin anak-anak nungguin terus. Karena diajak jalan-jalan seru

  38. Farida Asadi says: August 5, 2021 at 3:55 pm

    Keponakanku juga udah bosan di rumah aja dan kangen banget berangkat sekolah. Baca postingan ini jadi pengen berkreasi dengan Paddle Pop Mochi bersama keponakanku.

  39. Uniek Kaswarganti says: August 5, 2021 at 3:40 pm

    Seru banget nih anak-anak mempelajari Planet Jupiter sembari menjalankan misi-misi yang keren. Berhasil semua kah misinya, mom? Anak-anak pasti happy banget ya mengikuti perjalanan ke Planet Jupiter ini bersama keluarga Melki Bajaj. Si Mikha udah makin gede dan cantik aja tuh kayak mamanya yaaa..

  40. Mugniar says: August 5, 2021 at 3:21 pm

    Misinya seru dan bagian akhirnya bisa menyantap es krim mochi dengan cara yang lebih enak …. nyaam. ^_^

  41. Mpo Ratne says: August 5, 2021 at 3:19 pm

    Tinggal di Jupiter waktu cepat berlalu ya. Tapi ogah banget cepat-cepat makan ice cream mochi paddle pop. Pengen nambah lagi

  42. Arinta Adiningtyas says: August 5, 2021 at 1:50 pm

    Serunyaaa… Mau ikutan acaranya Paddle Pop Mochi tapi ternyata udah telat.. Ya sudah, kayaknya weekend besok, seru juga nih kalau ngikutin games-nya. Bikin moon dough pottery sama Amay Aga aja kali, yaa… Biar bisa dimainin sesuai imajinasi mereka. πŸ™‚

  43. thya says: August 5, 2021 at 11:09 am

    aww, seru banget pasti main bareng melki bajaj.
    anak-anak memang harus sering-sering nih diajak main sambil belajar gini. biar gak bosyan di rumah terus.

  44. Sri Widiyastuti says: August 5, 2021 at 2:30 am

    seru banget kak petualangan ke planet Jupiter. keren kakak telaten banget mengikuti semua misinya sampai berhasil. asyik ya kak bermain bersama paddle pop selain mendapatkan kreativitasnya juga jadi kenal sama planet planet di sekitar kita ya

  45. Dian Farida Ismyama says: August 4, 2021 at 10:21 pm

    Seru banget mbak ke planet jupiternya. Aku sampai bayangin yang bikin diy bulan dan bintang tadi. Mau praktik bareng anak-anak di rumah ah. Aku kemarin juga ikutan tapi yang ke planet uranus

  46. Nchie Hanie says: August 4, 2021 at 9:15 pm

    Waah seru abis main ke Planet Mochinya ada misi2nya segala yaa.
    Anak2 suka banget tuh kalo ada DIy, jadi tambah kreatif dan bisa berkreasi.
    ASik banget pas Misi kedua, anak-anak akan bermain seperti menyelamatkan telur yang ada di Planet Jupiter, treus yg ketiganya itu menghias Mochi dengan kreasi toping2 , ahhh jadi kabita, mau laah..

  47. Eni Martini says: August 4, 2021 at 6:38 pm

    Aih serunya ya bisa kreativitas bareng si kecil ke planet jupiter. Memang ini padle pop sangat kreatif bikin inovasi agar amak-anak tetap happy di rumah saja

    1. Yuniari Nukti says: August 5, 2021 at 5:32 am

      Betul mbak. Meskipun gak ngikuti petualangan di planet yang lain, saya jadi turut belajar mengenal tata surya dari program planet Mochinya Paddle Pop. Bahkan ada lho yang sharing planet yang dinginnya seperti es. Kli gak salah Planet Saturnus πŸ™‚

  48. Reyne Raea says: August 4, 2021 at 6:35 pm

    Seru banget bermain ke planet Jupiter, apalagi bersama paddle pop.

    Yang mochi itu favorit saya banget.
    Kalau anak saya yang gede pengen beli es krim, saya biasanya minta bayaran dibeliin es krim mochi hihihi.

    Enak sih, dan memang hampir semua es krim Paddle pop saya suka.

  49. Yuniari Nukti says: August 4, 2021 at 6:31 pm

    Kita sama, travelingnya ke Planet Jupiter. Seru juga soalnya sambil belajar mengenal planet Jupiter, anak-anak juga diajak untuk bermain aktivitas menarik. Kami keasikan main Alien Egg Game, ngambil balon pake kaki 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*