mempersiapkan dana pendidikan

Jeanette Agatha – Bagi orangtua pendidikan adalah hal yang paling penting untuk anak-anaknya. Orangtua selalu ingin memasukkan anaknya ke sekolah yang paling bagus atau yang terbaik di Kotanya. Tentu saja dana pendidikan itu tidak murah, apa lagi kalau sekolah yang bagus atau terbaik, biayanya pasti akan lebih mahal.

Maka dari itu sangat penting mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak sejak dini, demi masa depan yang cerah. Sebagai orangtua yang bijak, kita harus mengubah pola pikir “Bagaimana Nanti Saja” menjadi “Bagaimana Kalau”. Terkadang pola pikir ini secara tidak sadar sudah mendarah daging nih, hehehe. Misalnya, kita mempunyai anak yang baru lahir pasti belum memikirkan biaya pendidikannya nanti.

Selalu berpikir,

“ahhh, bagaimana nanti saja biaya pendidikan, mah, toh masih jauh ini.”

Tapi tidak berpikir,

“Bagaimana kalau anak sudah memasuki usia sekolah tapi sudah tidak bisa bekerja atau sudah meninggal, dan tidak ada tabungan pendidikan?”

Jujur, saya pribadi juga masih belajar untuk mengubah pola pikir ini. Betul, memang tidak mudah apalagi pada masa pandemi seperti ini, banyak juga yang kehilangan pekerjaan. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan perekonomian bisa normal kembali. Jika keadaan perekonomian dan keuangan sudah membaik, harus bisa memaksakan diri untuk mempersiapkan dana pendidikan untuk anak.

Saya adalah termasuk anak yang mengejar beasiswa dan harus masuk sekolah negeri, supaya biayanya murah. Karena orangtua saya hanya bisa membiayai sekolah adik. Dulu mama dan papa sudah mempersiapkan dana pendidikan untuk kami anak-anaknya, tapi harus berhenti menabung karena papa kehilangan pekerjaan. Maka sebagai anak yang paling besar, saya harus berjuang belajar dengan giat untuk bisa mendapatkan beasiswa. Ya, walaupun nilai yang saya dapat tidak bisa menjadi juara kelas, tapi setidaknya selalu masuk urutan 5 besar.

Berdasarkan pengalaman pribadi, tentu saja saya tidak ingin anak-anak saya nanti mengalami hal yang sama. Maka saya juga harus bisa memaksakan diri untuk mempersiapkan dana pendidikan untuk mereka.

Mempersiapkan Dana Pendidikan

Anak-anak pasti mempunyai cita-cita yang sesuai dengan kesenangan atau hobi mereka. Kalau anak saya, Owen ditanya kalau sudah besar mau menjadi apa, pasti dia akan menjawab ingin menjadi Gamer dan Youtuber. Berbeda dengan Ryan yang kalau ditanya ingin menjadi apa, jawabannya ingin menjadi Master Chef.

Kita sebagai orangtua mempunyai tanggung jawab yang besar untuk bisa membekali mereka dengan edukasi yang terbaik. Sehingga kelak anak-anak bisa menyongsong masa depan yang lebih cerah. Saya tidak mau anak-anak mengalami apa yang saya alami, dipaksa berjuang bisa masuk peringkat 5 besar, masuk sekolah negeri, dan mendapatkan beasiswa, supaya bisa tetap sekolah. Saya ingin mereka mendapatkan prestasi di sekolah karena kemampuan mereka, bukan karena biar dapat biaya supaya bisa tetap sekolah.

asuransi pendidikan
Source : Prudential Indonesia

Tentu untuk bisa membekali mereka dengan edukasi yang terbaik, kita sebagai orangtua harus mulai mempersiapkan dana pendidikan sejak mereka masih bayi atau belum lahir. Selain memikirkan sekolah yang tepat, kita juga harus memikirkan biaya. Jangan sampai kita ingin masukin anak ke sekolah yang bagus tapi kita juga harus mengukur kemampuan dan cocok untuk kantong keluarga untuk membayarnya.

Maka dari itu, persiapan dana untuk pendidikan tinggi yaitu dengan cara :

  1. Dibutuhkan setidaknya 14 tahun waktu bekerja untuk mengimbangi investasi dalam mendapatkan gelar sarjana.
  2. Mempersiapkan tabungan atau asuransi pendidikan hingga perguruan tinggi.
  3. Menemukan dan menggali potensi belajar anak.
  4. Eksplorasi peluang karir dan trend kemajuan masa depan.
  5. Mencari informasi beasiswa pendidikan.

Semoga perekonomian Indonesia bisa pulih kembali, sehingga kita bisa mulai mempersiapkan dana pendidikan sekaligus perlindungan demi masa depan anak yang cerah.

Pentingnya Pendidikan Tinggi 

asuransi pendidikan
Source : Prudential Indonesia

Pendidikan bertujuan untuk pembentukan karakter yang akhirnya mempersiapkan anak-anak untuk menjalani kehidupan nyata atau dunia kerja. Karena pendidikan bukan hanya berada di dalam lingkungan sekolah saja, tapi jauh melatih anak-anak untuk menghadapi tantangan-tantangan pada masa depan.

Untuk ke depannya, kita akan dihadapkan dengan perubahan pekerjaan-pekerjaan yang tersedia sangat terkait dengan soft skill dan technical skill, maka dari itu adanya adopsi teknologi. Dalam dunia pendidikan yang paling memberikan efek pada persiapan untuk anak-anak kita pada masa depan adalah pendidikan tinggi. Karena pendidikan tinggi menjadi jembatan untuk ke dunia industri, sehingga banyak mengasah kemampuan soft skill dan technical skill.

persiapan asuransi pendidikan
Source : Prudential Indonesia

Adapun manfaat jika kita mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan tinggi, yaitu bisa meningkatkan perekonomian, sumber daya manusia yang unggul, dan meningkatkan kesejahteraan. Selain itu yang paling penting juga pendidikan tinggi menjadi jembatan untuk membuat sebuah inovasi untuk keluarga, masyarakat, dan juga untuk bangsa negara.

Sayangnya di Indonesia hanya 30% jumlah partisipan kasar yang masuk perguruan tinggi setiap tahunnya. Ini angkanya masih sangat kecil dibandingkan negara-negara lain. Semoga ke depannya semakin banyak orangtua yang siap dan mampu memberikan pendidikan tinggi untuk anak-anaknya. Supaya bisa meningktkan kesejahteraan keluarga dan negara.

Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah

Pada tanggal 8 Juli 2021, PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berinovasi dengan meluncurkan solusi Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah. Ini merupakan asuransi jiwa tradisional berbasis Syariah pertama di industri asuransi jiwa Indonesia yang menawarkan manfaat dana pendidikan bulanan dan tambahan dana pendidikan.

Jens Reisch selaku President Director Prudential Indonesia, berharap inovasi PRUCerah yang dibuat dapat membantu perjalanan panjang orangtua untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi bagi anak-anaknya, serta terlindungi secara optimal dari berbagai risiko. Inovasi ini juga sebagai wujud keseriusan Prudential dalam mendukung kemajuan sektor edukasi yang telah menjadi prioritas perusahaan sejak lama. Bahkan menjadi salah satu pilar utama inisiatif Community Investment Prudential Indonesia.

Asuransi PRUCerah ini ditujukan bagi orangtua yang berusia 19-55 tahun yang sedang mempersiapkan pendidikan anak mereka (1-18 tahun). PRUCerah tidak hanya menawarkan manfaat dana pendidikan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk pendidikan tinggi. Namun juga memberikan manfaat bebas kontribusi ketika orangtua meninggal dunia, menderita cacat total dan tetap, atau kondisi kritis. Pilihan masa pembayaran kontribusi juga fleksibel yaitu selama 5 tahun atau hingga anak mencapai jenjang pendidikan tinggi.

Prudential memiliki komitmen “Syariah untuk Semua“, dengan adanya inovasi asuransi PRUCerah ini semakin memperkuat komitmen tersebut dan juga menjadi solusi berbasis Syariah. PRUCerah juga menjadi bagian penting dari aspirasi perusahaan untuk menjadi kontributor terkemuka ekonomi Syariah Indonesia. Serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera agar mereka bisa mendapatkan yang terbaik dalam kehidupannya.

Kalau Anda sudah mempersiapkan dana pendidikan untuk anak? Persiapan seperti apa yang sudah dilakukan? Sharing di kolom komentar, yuk! 😉

16 Replies to “Mempersiapkan Dana Pendidikan Sekaligus Perlindungan Demi Masa Depan”

  1. EkaRahmawatizone says: August 11, 2021 at 10:42 am

    Jujur melihat kenyataan biaya pendidikan di berbagai jenjang semakin tinggi saya jadi sedikit was-was hehe. Namun, dengan adanya perencanaan keuangan yang baik pasti bisa mengurangi rasa was-was itu ya. Salah satu perencaaan keuangan yang bisa dilakukan dengan mengikuti asuransi pendidikan atau jenis asuransi jiwa. Untungnya sekarang sudah banyak perusahaan asuransi ya. Jadi kita bisa pilih sesuai kemampuan finansial kita.

  2. indah savitri says: August 10, 2021 at 6:03 pm

    setuju banget kalau sedini mungkin kita sudah menyisihkan dan memikirkan biaya oendidikan anak – anak yaa mba. Aku juga udah jalan 11 tahun nih menabung khusus untuk pendidikan anak – anak

  3. Seftina Qurniawati says: August 10, 2021 at 12:41 pm

    Asuransi memang salah satu cara investasi menjajikan apalagi kalau untuk pendidikan, karena masa pandemi seperti ini masalah keuangan jadi banyak yg tidak stabi

  4. Uniek Kaswarganti says: August 10, 2021 at 11:33 am

    Prinsip bagaimana nanti tuh kayaknya udah ga bisa diterapkan lagi yaa.. Kita tak pernah tau bakalan ada aral melintang apa di masa depan. Tentu nggak mau pendidikan anak jadi terhambat karena kurang siapnya proteksi kita di masa sekarang.

  5. Dewi Natalia says: August 10, 2021 at 11:00 am

    Belum nih mbak karena masih single. Tapi dapet pencerahan jg supaya invest dari sekarang ya mbak. Asuransi PruCerah ini hanya untuk yang sudah menikah saja ya mbak?

  6. Ainhy edelweiss says: August 10, 2021 at 10:38 am

    Benar sekali, pendidikan menjadi kunci terbukanya tabir-tabir kebodohan, jadi sangat penting pendidikan utk masa depan dan khusus anak. berbagai macam orang tua bisa investasi buat masa depan anak, salah satunya dgn asuransi

  7. nyi Penengah Dewanti says: August 10, 2021 at 7:52 am

    Ingat pendidikan ingat aku mandek pas skripsi mba Jean, sedih sih semoga aku bisa nguliahin anak kelak sampai dia bisa bekerja mandiri sendiri aamiin. Semoga kita selalu dimampukan ya mba, Pru cerah ini solusi banget ya mba, syariah pula.

  8. Diah Alsa says: August 10, 2021 at 7:50 am

    kalau gak nyisihin/siapkan dana pendidikan sejak dini kita bakalan kerepotan deh nantinya.
    secara dana pendidikan itu tiap waktu berubah dan semakin mahal pastinya.

  9. Mechta says: August 9, 2021 at 5:24 pm

    Terima kasih sharingnya mba.. Memang mempersiapkan dana pendidikan sangat penting, begitu pula dg asuransi perlindungan diri…

    1. Ainhy edelweiss says: August 10, 2021 at 10:39 am

      Benar sekali, pendidikan menjadi kunci terbukanya tabir-tabir kebodohan, jadi sangat penting pendidikan utk masa depan dan khusus anak. berbagai macam orang tua bisa investasi buat masa depan anak, salah satunya dgn asuransi

  10. @nurulrahma says: August 9, 2021 at 11:57 am

    Terobosan yg menarik banget!
    PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) nih selalu hadir dgn inovasi yg keren.

    Kali ini meluncurkan Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah.
    Ciamik banget, karena ini asuransi jiwa tradisional berbasis Syariah pertama di industri asuransi jiwa Indonesia yang menawarkan manfaat dana pendidikan bulanan dan tambahan dana pendidikan.

    Daebakk!

  11. thya says: August 9, 2021 at 11:06 am

    bener banget nih, dana pendidikan harus disiapkan sejak dini.. kebayang dong beberapa tahun ke depan dana pendidikan pasti udah mihil bingit. boleh juga nih, asuransi PruCerah berbasis syariah..

    1. Ainhy edelweiss says: August 10, 2021 at 10:38 am

      Benar sekali, pendidikan menjadi kunci terbukanya tabir-tabir kebodohan, jadi sangat penting pendidikan utk masa depan dan khusus anak. berbagai macam orang tua bisa investasi buat masa depan anak, salah satunya dgn asuransi

  12. Farida Asadi says: August 9, 2021 at 9:16 am

    Setiap orangtua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Aku pun selalu ingin masuk sekolah negeri karena biaya lebih murah. Tapi apa daya waktu jaman masuk SMK saya tidak diterima di SMK negeri sehingga akhirnya saya sekolah di SMK swasta. Tapi tak apa yang penting sekolah dapat ilmu.

  13. Dessy Achieriny says: August 8, 2021 at 7:20 pm

    Bener mbak, pendidikan anak harus dipikirin jauh-jauh hari, kadang keadaan kita tau. Kaya sekarang banyak karyawan dipecat dari perusahaan untuk biaya pendidikan aja ngelus dada. Alhamdulillah ya PruCerah berbasis Syariah, suamiku maunya pilihan asuransi selalu berbasis syariah.

    1. Ainhy edelweiss says: August 10, 2021 at 10:38 am

      Benar sekali, pendidikan menjadi kunci terbukanya tabir-tabir kebodohan, jadi sangat penting pendidikan utk masa depan dan khusus anak. berbagai macam orang tua bisa investasi buat masa depan anak, salah satunya dgn asuransi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*