bisnis kuliner

Hallo, apa kabar?

Semoga hari ini sehat, ya.

Saya sedang browsing ide bisnis yang akan berkembang pada tahun ini. Lalu saya menemukan bahwa bisnis atau usaha kuliner menjadi peringkat ke 3. Memang betul dari tahun kemarin bisnis kuliner semakin berjamur dan berkembang pada setiap kota. Apa lagi sudah didukung dengan perkembangan digital seperti cashless (Go-Pay) dan delivery order (Go-Food). Selain itu ada program Go-Pay Pay Day yang bisa diskon hingga 50%. Gimana usaha kuliner tidak semakin diminati para wirausaha.

Sebelum memulai usaha kuliner, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pada blog Post kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan. Tapi ini menurut saya dan belajar dari berbagai sumber, ya. Jika ada yang kurang atau salah mohon dikoreksi. πŸ˜‰

Bisnis Kuliner

bisnis kuliner
Source : Getty Image

Setelah saya perhatikan bisnis kuliner ini memang sangat menjanjikan untuk ke depannya. Memang memulai sesuatu yang baru belum tentu bisa langsung berkembang, pasti harus melewati fase jatuh-bangun. Tapi kita bisa meminimalisir ini semua jika sebelumnya mempersiapkan dengan baik. Hal apa saja yang harus diperhatikan?

Riset Pasar

Sebelum memulai usaha kuliner, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Untuk apa? Supaya Anda mengetahui apa yang sedang trend, rasa seperti apa yang orang suka, dan mencari supplier yang murah.

Jika sudah melakukan riset, Anda akan tau kira-kira apa yang akan dijual dan rasa seperti apa. Selain itu, Anda juga bisa memperhitungkan berapa modal usaha yang dibutuhkan.

Lokasi Strategis

Jika sudah menentukan makanan atau minuman yang akan dijual, sekarang tinggal menentukan lokasi tempatnya. Kira-kira jualan Anda ini untuk kalangan apa, mahasiswa , anak sekolah, atau orang kantor?

Nah, kalau sudah tau target pasarnya untuk siapa, Anda tinggal mencari lokasi yang strategis untuk usaha Anda.

Misalnya, Anda berjualan kopi atau teh tarik, berarti jualannya untuk kalangan orang kantor atau mahasiswa. Jadi Anda bisa mencari lokasi yang dekat kampus atau perkantoran.

Punya Ciri Khas

Jika usaha Anda ingin cepat dikenal dan diingat, harus memiliki ciri khas dalam menu ataupun dekorasi tempat. Misalnya punya nama yang unik dalam setiap menu atau dekorasi yang beda dari yang lain. Misalnya punya spot atau dekorasi yang instragramable. Karena sekarang orang pasti tempat nongkrong yang instagramable, untuk bisa update di media sosial mereka.

Promotion

Jika Anda sudah menentukan makanan atau minuman yang akan dijual dan tempat yang strategis. Sekarang waktunya melakukan promosi untuk bisa branding dan dikenal banyak orang. Seperti membuat akun media sosial dan membuat promosi di sana.

Atau mungkin juga bisa mengundang Media atau Food Blogger untuk me-review makanan dan tempat Anda. Mereka akan membantu promosi usaha Anda.

Menjaga Kualitas

Setelah melakukan promosi, tentu saja Anda harus tetap menjaga kualitas produk makanan atau minuman yang Anda jual.

Supaya semakin banyak customer dan pelanggan yang berdatangan.

Management Keuangan

untuk mendapatkan usaha yang bertahan, maju, dan berkembang, tentu saja harus bisa melakukan management keuangan dengan baik. Terkadang wirausaha kesulitan dalam pencatatan dan rekapan penjualan. Apa lagi sekarang mulai ada penjualan online dan offline.

Ada salah satu teknologi yang sedang booming, ini sangat membantu Anda sebagai wirausaha kuliner yaitu SPOTS.

SPOTS

Teknologi yang sedang booming dan dapat membantu untuk Anda seorang wirausaha adalah SPOTS. Ini merupakan system Point of Sales, yang dilengkapi dengan beragam fitur untuk dapat membantu operasional usaha. Sebenarnya bukan hanya untuk wirausaha kuliner saja dapat melakukan teknologi ini, tapi usaha apapun dapat menggunakan ini.

Tekonologi ini hadir karena melihat banyak wirausaha yang kesulitan dalam mengelola pesanan online dan offline. Selain itu juga wirausaha yang memiliki sumber daya yang terbatas, sehingga teknologi ini sangat membantu sekali.

Fitur SPOTS

SPOTS ini memiliki fitur yang sangat membantu sekali untuk para wirausaha, seperti :

Mengatur menu

Anda bisa mengatur menu yang akan mucul pada Go-Food. Misalnya menambahkan foto, menu, harga, dan kategori sesuai kebutuhan Anda.

Menerima Pesanan Go-Food

Saat menggunakan SPOTS ini, Anda bisa mendapatkan notifikasi rel-time saat menerima pesanan dari Go-Food. Tapi jika Anda sudah mendaftar sebagai Partner Go-Food.

Pembayaran Go-Pay

Anda dapat menerima pembayaran Go-Pay. Jadi pelanggan hanya perlu scan kode QR dan dana langsung masuk ke akun Go-Pay Anda. Karena sekarang dengan fitur Go-Pay ini banyak sekali keuntungannya. Semakin banyak orang tidak membawa uang cash dan ada program Go-Pay Day.

Mencatat Ragam Tipe Pembayaran

Bukan hanya dapat mencatat pembelian melalui Go-Food dan pembayaran menggunakan Go-Pay saja. Tapi SPOTS ini juga dapat mencatat pembayaran secara Tunai, Kartu Kredit, Kartu Debit, dan pembayaran cashless lainnya.

Cetak Resi Instant

SPOTS ini dilengkapi dengan printer, jadi Anda tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi.

Laporan Harian

Anda sebagai owner akan dapat melihat laporan atau omzet penjualan setiap harinya. Anda dapat pantau melalui email atau aplikasi yang akan dikirim setiap harinya.

Biaya SPOTS

Jika Anda tertarik dengan SPOTS ini, hanya perlu mendaftar dengan membayar biaya sebesar Rp 290.000. Untuk selanjutnya hanya perlu membayar sebesar Rp 2.900 / hari.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang ingin membuka usaha kuliner pada tahun ini.

Artikel ini didukung oleh SPOTS POS .

18 Replies to “6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kuliner”

  1. Sumiyati Sapriasih says: April 16, 2019 at 12:53 am

    Aplikasi SPOTS keren banget untuk membantu menangani bisnis, teteh mau mulai buka usaha ya … sukses buat teteh

  2. antung apriana says: April 15, 2019 at 11:25 am

    benar-benar membantu ya teknologi kasir online ini buat para pelaku kuliner rumahan. yang jelas jadi lebih rapi pengaturan keuangannya

  3. Irra Octaviany says: April 15, 2019 at 10:52 am

    Bisnis kulinerku harapanku banget nih. Smeoga aja nanti bisa terwujud. Amiinn..

  4. Ade UFi says: April 15, 2019 at 6:24 am

    Untuk sebuah usaha kuliner 2.900 sehari itu kecil ya kalau warung makan kita nagkring di go food.

    Baru tau ada fitur SPOT di gojek. Ntar coba cek ah. Kali aja buka lagi usah kulinerannya xixi

  5. Meriska Putri says: April 15, 2019 at 3:35 am

    Dengan manfaatnya yang banyak banget dan kemudahan yang ditawarkan, wajib banget sih para pengusaha kuliner untuk punya aplikasi ini. Harga Rp 290 ribu dan biaya harian Rp 2900 itu worth it daripada harus ribet-ribet catat resi manual dll.

  6. Utie adnu says: April 13, 2019 at 3:33 pm

    Aku udah bnyk pngalaman nih mba hehe dari awalya buka usaha kulineran cafe tenda smp gerobak dorong terakhir buka d garasi nikmatin prosesnya…. bnr bngt tips 2ny

  7. Suciarti Wahyuningtyas says: April 13, 2019 at 9:45 am

    Kebetulan sekali aku lagi pengen bikin bisnis kuliner, baca ini jadi tambah referensi nih. Apalagi ada SPOT ya yang bisa membantu juga.

  8. Ika Maya Susanti says: April 13, 2019 at 4:27 am

    Aplikasi ini ngebantu para pemilik usaha banget ya. Trus saya jadi kepikir, kalaupun usaha kita dipegang orang lain sebagai kasirnya, kita tetap bisa merasa aman karena ada yang tetap bisa kita kontrol.

  9. Mporatne says: April 12, 2019 at 8:29 pm

    Di mulai dari kesukaan atau hobi memasak bisa menghasilkan peluang untuk mendapatkan penghasilan.

    Aplikasi kasir spot bisa membantu UMKM terlihat lebih profesional

  10. Keke Naima says: April 12, 2019 at 6:42 pm

    wisata kuliner memang susah-susah gampang, ya. Gak sekadar enak, tetapi lokasi juga mempengaruhi. SPOTS ini hanya untuk usaha kuliner atau bisa untuk usaha lain?

  11. Visya says: April 12, 2019 at 1:18 am

    Waah harga sewa ya terjangkau banget ya mba, dg segala fitur yg ditawarkan. Worthed laah hehe

  12. Reyne Raea (Rey) says: April 11, 2019 at 11:22 pm

    Ciri khas itu penting banget untuk merebut pasar.
    Saya dulu mulai belajar bisnis dengan jualan baju online, sama sekali gak laku, ya iyalah, terlalu mainstream, banyak saingannya hehe

    Akhirnya saya jualan yang beda, frozen brownies, waktu dulu masih dikit pesaingnya.
    Dan emang iya, lebih mudah merebut pasar.

    Pakai SPots juga amat sangat membantu usaha berkembang ya πŸ™‚

  13. Okti Li says: April 11, 2019 at 9:31 pm

    Wah udah otomatis bisa cetak resi ya? Ga harus pakai printer lagi ini bisa menghemat biaya dan alat. Mantap ini SPOTS. Sangat membantu para UMKM

  14. Dwi says: April 11, 2019 at 4:56 pm

    Makin canggih aja ya, ini kemudahan banget buat para pengusaha kuliner. Tinggal fokus saja menjalankan bisnis termasuk menjaga kuliatas makanan.

  15. Natra rahmani salim says: April 11, 2019 at 4:42 pm

    Wahh semua dalam satu perangkat kasir ya kak. Kecee bener. Gak ribet ya kalo pake SPOTS ini kak. Usaha kuliner jad lebih mudah.

  16. Aminnatul Widyana says: April 11, 2019 at 3:14 pm

    Wah buat kasir juga ada aplikasinya ya. Bahkan bisa dikelola secara mandiri oleh pengusaha nya. Semakin canggih aja nih. Lama-lama enggak perlu bayar pegawai kasir lagi deh.

    1. Ludyah Annisah says: April 12, 2019 at 12:55 pm

      SPOTS apps nya oke banget nih mba, soalnya bisa mengakomodir kita dalam menjalankan usaha. Terlebih, untuk memanage keuangan, pas banget nih

      1. Zulaeha says: April 15, 2019 at 12:24 pm

        Poin melayani pembelian secara online itu aku setuju. Apalagi kalau targetnya anak millenial pastinya transaksi model online lebih cocok. Aplikasi SPOTS ini sepertinya keren untuk membantu kita menangani bisnis karena cakupannya luas dan juga sangat mempermudah kita. Jadi nggak rempong lagi deh πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*