Biasanya sudah memasuki pertengahan bulan, ibu-ibu rumah tangga sudah mulai mencatat barang-barang keperluan rumah tangga yang sudah mulai habis. Jadi awal bulan, saat gajian tinggal pergi ke supermarket untuk belanja bulanan.

Pencatatan belanja bulanan itu sangat membantu kita sebagai ibu rumah tangga untuk mengingat apa saja yang habis. Selain itu, catatan belanjaan juga  membantu supaya kita tidak over budget saat belanja bulanan. Saat ini, mau sharing tempat belanja bulanan saya,yaitu Borma (Borobudur Market) di Setiabudhi, Bandung. Selain tidak jauh dari rumah, harganya murah, dan tempatnya itu lengkap jadi “one stop shopping”.

Toserba Borma

Pic : jabarkarier.blogspot.com

Hasil dari googling, ternyata Toserba Borma ini sudah berdiri dari tahun 1977 di Dakota Bandung. Saat pertama kali toko ini di buka, banyak warga sekitar yang sangat antusias. Akhirnya pada tahun 1989, mereka memperbesar dari yang retail sampai sekarang menjadi Hipermarket.

Menurut data hasil googling, Toserba Borma sudah punya 83 gerai. Pada tahun 2012 Borma mengklaim bahwa sudah ada 72 juta lebih pengunjung yang datang.

Baca Juga : Morinaga Chil-Go untuk Pertumbuhan Anak

Toserba Borma di Setiabudhi, Bandung

Pic : inforitel.com

Toserba Borma ini bersebelahan dengan Bank BCA Setiabudhi. Tempatnya cukup lengkap dan luas, ada jajanan pasar, Dunkin Donuts, Tempat makan pujasera, ada toko jam, dan salon.

Anak-anak paling senang belanja disini, karena luas, dan ada Dunkin Donuts. Setelah belanja bulanan, mami dan papinya ditodong untuk beli donat dan susu coklat atau orange juice. Dasar anak kecil jaman now, uda tau ngopi ganteng (bukan ngopi cantik, karena anakku laki-laki, hihihi).

Gedung Borma Setiabudhi

Toserba Borma yang ada di Setiabudhi terdiri dari dua gedung, gedung yang pertama adalah supermarketnya, sedangkan gedung yang ke dua adalah tempat buah, sayur, nugget, sosis, entertaiment (CD, Flash disk, USB, keyboard, mouse, Handsfree, speaker, audio, dll). Gedung yang supermarket baru saja di renovasi dan sudah selesai dari awal tahun 2018, jadi semakin luas dan rapi. Toko ini terdiri dari 6 lantai, yaitu :

  • Lantai paling dasar dari toko ini adalah banyaknya barang-barang berbentuk plastik. Ada wadah makanan, ember, tempat sampah, loker plastik, dan sapu, jemuran plastik, dan masih banyak lagi
Lantai Dasar Borma Setiabudhi
  • Lantai 1 (ini hanya sebutan saya, tidak tahu pihak Borma menyebutnya lantai berapa). Di lantai ini ada tempat panci, termos, gelas plastik dan kaca, piring plastik dan kaca, pisau, snack, biskuit, minuman dan lain-lain.

  • Lantai 2, ini adalah pintu masuk dari parkiran. Di depannya ada tempat penitipan barang, kasir, tempat informasi, roti, kue, mentega, telur, minuman dingin, dan lain-lain.

  • Lantai 3, disini adalah tempat kosmetik, sabun mandi, sabun cuci baju, sabun cuci piring, shampoo, susu, snack, minyak, gula, beras, mie instant, bumbu-bumbu dapur, dan lain-lain. Saya mencari stock foto di kamera dan HP saya, tapi tidak ada, mungkin tidak sempat di foto.
  • Lantai 4, ada perlengkapan tidur, pakaian dalam anak dan dewasa, baju sekolah, perlengkapan kantor, alat tulis, buku, kertas print, buku bacaan, dan lain-lain. Lantai ini jarang saya kunjungi, kalau lagi mencari alat tulis saja.

  • Lantai 5, disini adalah mainan anak, alat olah raga, perlengkapan elektronik, alat-alat listrik, cat, perkakas rumah, dan lain-lain. Lantai ini juga sangat jarang saya kunjungi, karena jarang sekali membutuhkan barang-barang yang ada di tempat ini.

  • Lantai 6, ini tempat favorit suami saya selain tempat enetertaiment yang ada di gedung sebelah. Karena tempat ini adalah perlengkapan motor dan mobil, ada oli, aksesoris, ban, helm, lampu, dan lain-lain.

Baca Juga : Tempat Makan Khas Timur Tengah di Bandung

Kesimpulan

Nah, itulah supermarket tempat saya dan keluarga datangi setiap belanja bulanan. Menurut saya tempat ini cukup lengkap, luas, dan semua yang dibutuhkan ada disini. Ya, walaupun tidak semua lantai saya kunjungi setiap bulannya. Seperti yang saya bilang, Toserba Borma ini adalah “one stop shopping”, selain itu disini harganya cukup murah dibandingkan dengan supermarket yang lain. Kalau saya pribadi suka tempat seperti yang ini, jadi tidak perlu repot pindah-pindah tempat belanja, yang ada semakin membengkak pengeluarannya karena lapar mata, hihihi.

Kalau teman-teman, punya pemikiran yang sama tidak dengan saya? Suka dengan tempat belanja yang “one stop shopping”? 

13 Replies to “Toserba Borma di Setiabudhi Bandung, Murah dan Lengkap”

  1. indiRa says: April 18, 2018 at 5:54 am

    Paling suka ke toserba, lengkap semua ada yaa Teh Egy hahaha. Kalau udah masuk bawaannya mau ngeborong terus dech.

  2. Srie Ningsih says: April 17, 2018 at 9:30 pm

    Woow..lengkap bingit ya…
    Klo di tangerang ada juga toserba Lulu, lengkap & murce bingit …hehe
    Tq infonya Mba Egy

  3. Srie Ningsih says: April 17, 2018 at 9:10 pm

    Waah…lengkap bingiit ya..bisa kalap nih Emak2…tq infonya Mba Egy.
    Klo di tangeran ada supermarket “Lulu” yg super lwngkap & lebih murce juga

  4. Nurul Fitri Fatkhani says: April 17, 2018 at 4:02 pm

    Keluarga saya juga suka sekali belanja di Borma. Barangnya lengkap dan ada beberapa barang yang harganya lebih murah dibandingkan dengan toserba lainnya

    1. Jeanette Agatha says: April 17, 2018 at 9:01 pm

      iyaa betul mba, tapi memang bumbu2 dapur yang suka aku pakai jarang ada di borma hehehe

  5. Emmy Herlina says: April 17, 2018 at 1:57 pm

    Wah, enaknya. Ada tempat one stop shopping. Hehe. Kapan ya bisa ke sana

    1. Jeanette Agatha says: April 17, 2018 at 9:02 pm

      hehehhe. memang tinggal daerah mana mba?

  6. Dian Restu Agustina says: April 17, 2018 at 8:56 am

    one stop shopping, bikin kita hemat waktu dan tenaga ya Mbak..Saya selalu suka belanja di toserba seperti ini..Jadi sekalian apa yang perlu, ada, dibeli..enggak perlu singgah sana sini

    1. Jeanette Agatha says: April 17, 2018 at 9:02 pm

      setuju mba, apa lagi aku punya anak batita dan balita. jadi suka rempong kalau harus pindah2 tempat

  7. Bety Kristianto says: April 17, 2018 at 3:28 am

    Aku baru sekali ke Borma Setiabudi Teh Egy. Soalnya juauuhh dari rumahku yang di Gedebage hehehehe.. emang cukup lengkap sih di sini. Tenang juga, dibanding Borma yang lain, dan kesannya lebih bergengsi ketimbang cabang laennya. Cuma, kebetulan tempat belanja bulanan paporit keluarga akuh bukan Borma wkwkwkwkwk.

    1. Jeanette Agatha says: April 17, 2018 at 9:03 pm

      hehehhe yang penting sama borma mba betty 🙂
      memang tempat belanja bagaimana kenyamanan ya mba 🙂

  8. Dwi Arum says: April 16, 2018 at 7:22 pm

    Whuaaa toss kalo gt mba. Saya juga suka tempat belanja kaya gini. Kelemahannya bisa kalap dan jadi berjam-jam belanjanya. Hihiii

    1. Jeanette Agatha says: April 17, 2018 at 9:04 pm

      hihihihi betul. makanya butuh banget catatan belanja yaa mba 🙂

Comments are closed.