Tanggap Alergi Susu Sapi

Hallo, apa kabar? Semoga Anda dan keluarga sehat selalu ya.

Dimasa pandemi seperti ini tugas kita sebagai seorang ibu semakin banyak dan bertambah ya. Karena harus lebih ekstra untuk melindungi dan memberikan asupan yang terbaik untuk keluarga.

Apakah anak Anda pernah mengalami alergi susu sapi? 29 Juni 2020 lalu, saya sempat mengikuti Webinar bersama SGM Eksplor Advance+ Soya lewat aplikasi Zoom. Banyak hal yang saya dapat dalam webinar tersebut. Apa saja? Baca terus sampai akhir ya!

Anak Alergi Susu Sapi

Dermatitis Atopic
Bayi yang mengalami Dermatitis Atopic | Pic : Gettyimage

Jujur secara pribadi, saya belum pernah mempunyai riwayat anak yang memiliki alergi susu sapi. Tapi keponakan saya mengalaminya. Kebetulan sempat tinggal satu rumah, jadi saya tau gimana saat dia rewel dan mengatasinya.

Keponakan saya ini lahir secara SC (Caesar), kebetulan juga kakak saya tidak keluar ASI nya, jadi diberikan susu formula. Tapi setiap malam anak ini selalu nangis dan perutnya kembung. Setelah beberapa bulan, kakak saya baru tau kalau anak ini alergi susu sapi. Sehingga harus menggatikan susu formulanya menjadi soya.

Setelah menggatikan susunya, keponakan saya jauh lebih tenang dan nyaman perutnya. Tapi sampai umur 10 tahun, perutnya lebih sensitif. Tapi setelah bertambahnya usia, alergi ini mulai hilang dengan sendirinya.

Tanggap Alergi Pada Anak

SGM
Webinar Tanggap Alergi Pada Anak

Pada Webinar kemarin yang saya ikuti, saya mendapat pelajaran baru dari Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes. Beliau mengigatkan kepada kita seorang ibu untuk lebih tanggap untuk mengetahui anak yang mempunyai alergi. Dengan beberapa cara 3K, yaitu :

  1. Kenali

Kita harus bisa kenali gejala alergi pada anak. Seperti terjadi batuk pilek secara berulang, eksim/ruam merah yang muncul di kulit dan terasa gatal, dan diare/sakit perut dalam waktu yang lama.

  1. Konsultasikan

Setelah mengetahui anak Anda mempunyai gejala alergi. Ayo segera melakukan konsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat.

  1. Kendalikan

Mulai kendalikan alergi anak dengan stimulasi dan memberikan asupan nutrisi yang tepat. Salah satu contohnya dengan memberikan susu dengan kandungan soya.

Jika anak Anda memeliki gejala alergi, jangan sampai terlambat langsung menjalani 3K diatas, ya. Supaya kesehatan anak Anda tetap terjaga dan tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal seperti anak-anak lainnya. Karena cukup kasihan kalau anak memiliki alergi, mereka akan lebih rewel karena tubuhnya yang tersiksa.

Menghadapi Anak Alergi Selama Masa Pandemi

SGM
Mengajari Protokol Kesehatan Pada Anak

 

Sudah hampir menginjak 5 bulan kita harus diam di dalam rumah aja karena masa pandemi ini. Pada masa seperti ini Kesehatan anak lebih rentan, apa lagi anak yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi.  Karena system saya than tubuhnya unik dan lebih sensitif. untuk itu, sangat penting selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya orang tua megenai penyebab terjadinya alergi susu sapi pada anak. Sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat agar Kesehatan anak tetap terjaga.

Selain menjaga pola makan terhadap anak yang mempunyai alergi susu sapi, perlu juga mengajarkan protokol Kesehatan pada masa pandemi saat ini. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti :

  • Mengingatkan selalu untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
  • Menggunakan masker saat keluar rumah.
  • Menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan.
  • Selalu menggunakan hand sanitiser jika tidak ada sabun dan air mengalir.

Menurut saya, mengajarkan protokol kesehatan kepada anak sangat penting, supaya mereka bisa menjaga kebersihan dan Kesehatannya.

Saat pandemi ini, pernahkah anak Anda meminta main keluar? Ini selalu menjadi dilema ya untuk kita sebagai orang tua. Tapi saat webinar kemarin, Prof. Budi mengatakan tidak perlu kuatir membiarkan anak bermain bersama temannya di luar. Asal main dibawah matahari, menggunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam rumah.

Betul juga sih, tapi saya pribadi tetap worries untuk membiarkan anak-anak bermain diluar rumah bersama teman-temannya, hihihi. Tapi gimana dengan mom?

Ohh iya, jika anak Anda mengalami alergi susu sapi, bingung mau konsultasi atau ingin membuat kreasi masakan dari susu soya. Anda bisa melihat Instagram @soya_generasimaju atau FB Soya dukung Generasi Maju, dan bisa juga mengunjugi website https://www.generasimaju.co.id/alergianak .

Gimana dengan pengalaman Anda saat menghadapi anak yang alergi dan apa saja yang dilakukan selama masa pandemi ini? Sharing di kolom komentar, yuk!😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*