solusi sakit maag

Solusi sakit maag bagi pecinta kopi dan pekerja keras. Untuk pekerja keras atau yang suka begadang pasti mengandalkan kopi untuk tetap bisa “ON”, betul? Tapi ada yang suka jadi sakit maag karena terlalu banyak minum kopi.

Saya suka sekali dengan aroma kopi, tapi takut untuk mencoba minum kopi. Karena saya punya sakit maag akut, sehingga cepat sekali asam lambungnya naik. Senin, 1 Oktober 2018 kemarin, saya dan teman-teman Blogger Bandung datang ke Event promag. Dimana ada sharing dari Barista Indonesia yang menjuarai Indonesia Barista Champions (IBC), yaitu Muhammad Aga. Di acara ini pertama kalinya saya mencoba minum kopi yang langsung dibuatkan oleh Barista Aga. Hasilnya, hmmmm…. Rasanya enak dan maag saya baik-baik saja. Berikut ulasannya, solusi sakit maag dan cerita dibalik Muhammad Aga.

Baca Juga: Gaya Pola Asuh Grow Happy

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi

solusi sakit maag
Pecinta Kopi

Untuk yang pekerja keras dan suka begadang pasti akan mencari kopi agar tetap terjaga. Memang apa hubungannya kopi supaya bisa tetap terjaga? Karena kopi itu mengandung kafein. Sebenarnya bukan hanya kopi yang mengandung kafein, tapi coklat, teh, dan beberapa minuman ringan juga.

Kafein merupakan obat perangsang sistem pusat saraf pada manusia dan dapat mengusir rasa kantuk, hingga tetap terjaga. Selain itu, kafein juga dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah. Sehingga asam lambung dapat naik sampai ke kerongkongan.

Waktu saya browsing katanya ada kopi dengan kafein rendah (dekafein). Tapi tetap tidak memberikan pengaruh terhadap peningkatan kadar keasaman lambung.

Menurut WHO jumlah orang yang terkena sakit maag pada tahun 2012 mencapai 40.8 persen. Angka yang tidak dapat lagi dibiarkan, sehingga membutuhkan perhatian serius. Penyakit ini banyak dialami pada usia produktif, sekitar umur 20-30 tahun.

Penyebab penyakit maag adalah karena pola makan yang tidak sehat dan mengomsumsi makanan yang menyebabkan iritasi pada lambung, stress, rokok, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana solusi sakit maag bagi pecinta kopi ?  Atau profesi barista yang harus melakukan kalibrasi untuk mencicipi kopi puluhan gelas?

Cerita di Balik Barista Ala Muhammad Aga

solusi sakit maag
Cerita dibalik Barista Muhammad Aga

Barista adalah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyiapkan kopi kepada pelanggan. Pekerjaan barista di Indonesia merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan laki-laki atau perempuan.

Sejak tahun 2007 di Indonesia diadakan “Kompetisi Barista Indonesia” (Indonesian Barista Competition), yang diselenggarakan oleh “Asosiasi Spesialis Kopi Indonesia”. Pemenang pada kompetisi ini akan mendapatkan kesempatan untuk mewakili Indonesia di kompetisi tingkat Asia. Selanjutnya, jika menang di tingkat Asia akan berkompetisi kembali di tingkat dunia yaitu “Kejuaraan Barista Dunia” (World Barista Championship).

Pada Indonesian Barista Championship (IBC) 2018 adalah Muhammad Aga, sehingga maret lalu ia menjadi wakil Indonesia dalam World Barista Championship (WBC) 2018.

Sejak tahun 2015, Aga mempunyai kedai kopi sendiri yang diberi nama Coffe Smith Jakarta Coffeeshop & Roastery.

Barista mempunyai fakta menarik, yaitu setiap pagi harus melakukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopi dibuka. Saat mencoba beberapa gelas kopi setiap pagi itu merupakan suatu tantangan tersendiri untuk lambung apalagi minum kopi sebelum makan pagi. Pekerjaan barista menjadi sangat rawan sakit maag.

Minum kopi terbukti merangsang produksi asam lambung. Oleh karena itu, minum kopi saat perut kosong akan meningkatkan keasaman perut, kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari. Asam dari lambung bisa naik sampai ke kerongkongan. Akibatnya, dada atau tenggorokan Anda bisa terasa panas terbakar. Namun, bukan berarti penderita sakit maag tidak dapat mengomsumsi kopi. Memilih kopi dan minum obat maag yang aman adalah salah satu kuncinya.

Gejala Maag

Selain nyeri pada perut bagian atas, gejala sakit maag juga bisa berupa :

  • Cepat merasa kenyang ketika makan
  • Mual
  • Rasa panas pada perut bagian atas
  • Kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan
  • Kembung pada perut bagian atas
  • Muntah
  • Sering bersendawa
  • Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada, muncul setelah makan

Penderita sakit maag akan semakin buruk jadinya jika mengalami stres. Selain stress, masuknya udara lewat mulut ketika mengonsumsi makanan juga bisa menyebabkan perut semakin kembung dan frekuensi sendawa meningkat.

Promag Ahlinya Lambung

solusi sakit maag
Promag Cair

Apa sih hubungannya Kopi dengan Promag? Kopi sangat dipercayakan untuk bisa memberikan semangat atau inspirasi, nyatanya tidak semua orang dapat menikmati kopi. Seperti saya yang hanya suka dengan aroamnya, tetapi tidak berani meminum kopi karena mempunyai sakit maag. Sebenarnya, kopi yang tidak diolah dengan baik akan menyebabkan sakit maag. Selain itu, saat mengonsumi kopi dalam keadaan perut kosong, itu juga dapat meningkatkan asam lambung.

Sekarang tidak perlu kuatir lagi karena sudah ada promag yang menjadi solusi sakit maag bagi pecinta kopi tapi memiliki masalah lambung. Dengan begitu, untuk yang memiliki gangguan lambung akan tetap bisa menikmati kopi tanpa perlu kuatir lagi.

Pilihan Porduk Promag

Promag adalah obat maag dengan formula Hydrotalcite yang dapat meredakan sakit maag dan kembung dengan aman dan cepat. Hydrotalcite adalah senyawa kompleks yang mengandung aluminium dan magnesium. Senyawa ini bekerja untuk melindungi lambung lebih lama. Selain itu, dapat menetralkan asam lambung sehingga meringankan gejala dyspepsia seperti nyeri ulu hati dan mual akibat iritasi oleh asam lambung dan pepsin. Promag memiliki beberapa pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu :

  • Promag Double Action
  • Promag Fruity
  • Promag Tablet
  • Promag Cair
  • Gazero

Kalau Anda pecinta kopi tapi punya sakit maag? Cobain deh solusi sakit maag  bagi pecinta kopi ini.

6 Replies to “Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dan Pekerja Keras”

  1. Bibi Titi Teliti says: October 22, 2018 at 9:51 am

    Sekarang kalo mau ngopi dikaw udah bisa lebih tentram Gyy, pan udah ada promag :))

  2. Eva Sri Rahayu says: October 18, 2018 at 1:51 pm

    Memang mesti siapin promag di rumah. Kadang mag datengnya suka ujug-ujug.

  3. Tian lustiana says: October 16, 2018 at 1:49 pm

    Promag ini memang sudah jadi andalan untuk solusi sakit maag yah.

  4. Sandra Hamidah says: October 16, 2018 at 12:38 pm

    Artikel nya saya sharing ke suami ah, tfs ya Teh

  5. herva yulyanti says: October 16, 2018 at 11:39 am

    Promag sudah dari dulu aku kenal hingga kini produknya makin eksis sebagai solusi sakit maag mantaf 🙂

  6. Nathalia DP says: October 9, 2018 at 8:38 am

    Ternyata promag banyak variannya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*