USB OTG SanDisk

Halo, apa kabar?

Anda pasti sudah menggunakan smartphone dong? Sekarang semakin banyak smartphone China yang murah tapi kualitas sudah bagus banget. Saat Anda memutuskan membeli smartphone biasanya apa yang menjadi kriteria utama? Kalau saya pribadi, harus mempunyai kualitas kamera depan dan utama yang bagus. Supaya tetap bisa membuat konten walaupun tidak membawa kamera mirrorless. Selain kualitas kamera yang bagus, saya juga memilih memory internal smartphone yang besar.

Tapi kalau memilih memory smartphone yang besar pasti juga harus mengeluarkan budget yang besar pula. Tenang kalau memiliki budget yang terbatas, masih bisa kok memiliki smartphone dengan memory tidak terlalu besar tapi masih bisa menyimpan file yang banyak. Penasaran? Simak terus Blog Post kali ini, ya!

Pentingnya Data Bagi Content Creator

Sekarang semakin banyak content creator yang keren. Saya dan teman-teman Blogger lainnya juga bisa disebut sebagai content creator dalam sekala kecil atau micro, hihihi. Nah, buat saya pribadi sebuah data atau file itu sangat penting banget. Karena sering sekali saya menyimpan stock foto dan video yang akan di upload secara bertahap. Bagaimana jadinya kalau stok konten tersebut hilang? Pengen nangis banget….!!!

Baca Juga : Acer Day 2019 Bertaburan Hadiah

Bahkan data atau file itu penting untuk semua orang, pernah nggak sih punya foto atau video bersama keluarga atau teman tapi sudah 5 atau 10 tahun yang lalu. Pasti pengen kan foto atau video itu kita upload lagi atau minimal pengen dilihat atau diputar lagi. Tapi data atau file tersebut hilang karena berbagai hal, pasti sedih banget ya.

Faktor Kehilangan Data di Smartphone

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan data atau file dalam smartphone hilang, yaitu :

  • Virus
  • Smartphone rusak
  • Kehilangan smartphone
  • File rusak
  • Memory smartphone penuh

Nah, kalau dilihat dari faktor-faktor diatas, maka penting dan harus banget melakukan back up data. Karena kalau tidak melakukan back up data, Anda akan kehilang semua file yang penting. Jadi lebih baik mencegah sebelum data tersebut itu hilang.

Penyebab Smartphone Lemot

Nah, pentingnya back up data selain menyelamatkan file bisa juga menyelamatkan smartphone terhindar dari lemot. Ada beberapa penyebab smartphone menjadi lemot, yaitu :

  • Aplikasi yang semakin besar kapasitasnya
  • Memory smartphone yang penuh
  • Peforma baterai yang menurun akibat over charge

Itu dia beberapa penyebab smartphone Anda menjadi lemot. Semakin berkembangnya aplikasi, jadi memori yang dibutuhkan juga semakin banyak. Jadi lebih baik menyimpan file foto atau video yang sudah lama di flashdisk atau harddisk eksternal.

Solusi Penyelamat Data dan Smartphone Lemot

Buat Anda yang ingin melakukan bak up data dan terbebas dari smartphone yang lemot, ada solusinya yaitu USB OTG. Apa itu? Sebuah perusahaan inovasi teknologi Western Digital Crop, melalui brand naungannya SanDisk meluncurkan USB OTG (On The Go). Dimana USB ini menjadi sebuah solusi untuk penyimpanan dan back up data dengan mudah.

Baca Juga : ReCharge Jodohnya HandPhone

USB OTG SanDisk

SanDisk benar-benar mengikuti zaman dan menyesuaikan kebutuhan customer-nya. Karena perkembangan zaman yang mengharuskan semua menjadi mobile, maka muncullah ide USB On The Go yang bisa dibawa-bawa dan digunakan kapanpun.

Ada pun kelebihan yang dapatΒ  dirasakan jika menggunakan SanDisk USB OTG. Anda bisa memindahkan file, foto, video, dan musik hanya dalam waktu 150 MB/detik. Selain itu juga memori di smartphone Anda akan berkurang banyak, sehingga dapat mengabadikan momen kembali.

Adapun beberapa model yang ditawarkan oleh USB OTG SanDisk ini. Mulai dari yang standar sampai yang transparant. Pemilihan kapasitas USB nya juga bervariasi. Mulai dari 16GB sampai 128GB.

USB OTG SanDisk
USB OTG SanDisk

Experience of Using USB OTG SanDisk

Saya sudah hampir satu tahun menggunakan USB OTG SanDisk. Ini sangat membantu saya dalam transfer file video. Karena biasanya saya mengedit video di Laptop atau PC. Jadi hasil video tersebut dipindahkan dari laptop ke USB OTG. Lalu transfer dari USB ke smartphone untuk di upload ke media sosial.

Selain memindahkan file video dari Laptop ke smartphone. Saya juga gunakan USB OTG ini untuk menyimpan file, foto, dan video yang sudah lama. Karena sebelum saya menggunakan USB OTG ini, saya selalu menyimpan file foto atau video dengan cara upload di Facebook. Suatu saat saya membutuhkan foto tersebut lagi, lalu saya download lagi. Tapi sedih karena resolusinya menjadi kecil sehingga hasil fotonya jadi pecah atau nge-blur.

Akhirnya setelah tau ada USB OTG, setiap foto dan video lama bisa saya transfer ke flashdisk tersebut. Kualitas gambar tetap bagus dan memori smartphone juga terselamatkan. Apa lagi smartphone sekarang sudah tidak ada lagi slot untuk memori eksternal, jadi hanya mengandalkan memori internal.

Kalau Anda sudah menggunakan USB OTG SanDisk belum? Punya pengalaman seperti apa sehingga memilih untuk menggunakan USB OTG? Sharing di kolom komentar, yuk!

NB: Tulisan ini diikut sertakan untuk lomba SanDisk #DibuangSayang #SanDiskAPAC

53 Replies to “Solusi Penyelamat Data dan Anti Smartphone Lemot Untuk Content Creator”

  1. April Tupai says: October 9, 2019 at 10:09 am

    saya juga pake nih usb otg sandisk, praktis banget buat nyimpen data2 dari hp

  2. Khoirur Rohmah says: October 4, 2019 at 2:33 pm

    Duhh emang penting banget data buat smartphone, saat kehilangan data yg penting tuh rasanya keselnya nggak karuan dehh mbak. tapi kalau kebanyakan data juga nggak apik, karena bisa bikin lemot itu
    emang deh USB OTG SanDisk penyelamat data smartphone para content creator, karena bisa backup atau transfer data secara cepat hehee

  3. Aldhi Fajar Maudhi says: October 3, 2019 at 7:53 pm

    Seorang content creator memang membutuhkan ruang simpan yang banyak, apalagi misal kalo take foto dan video di smartphone/ Pasti klo kepenuhan butuh abckup data yang mudah. USB OTG SanDisk memang bener-bener bisa jadi solusi nih.

  4. Multi says: October 2, 2019 at 2:20 pm

    Untung sekarang aku sudah pakai USB OTG SanDisk, gak takut lagi kehilangan data.

    1. Jeanette Agatha says: October 3, 2019 at 8:43 am

      iyaa betul banget πŸ™‚

  5. Shovya says: October 2, 2019 at 8:56 am

    Sering banget mbak mengalami file hilang, file rusak, dll padahal menyangkut pekerjaan, kan jadi capek kalau harus mengulang kembali πŸ™ untung sekarang ada SanDisk OTG, jadi gampang buat backup data2 penting 😊

    1. Jeanette Agatha says: October 3, 2019 at 8:45 am

      paling sedih banget ya kalau data uda ilang πŸ™

  6. Siti Mustiani says: September 30, 2019 at 2:46 pm

    Aku juga pakai USB OTG SanDisk wajib banget benda ini dibawa kemana-mana, praktis lagi gak takut kehabisan memory. Thanks for sharing mbak πŸ˜€

    1. Jeanette Agatha says: October 3, 2019 at 8:53 am

      iyaa wajib dibawa2 untuk bisa back up data dimana aja πŸ™‚

  7. ungayossydotcom says: September 30, 2019 at 1:10 pm

    content creator wajib punya nih ya kak. bisa diandalin banget buat back up data banyak2.

    1. Jeanette Agatha says: October 3, 2019 at 8:54 am

      iyaa back up data yang banyak pun masih bisa. supaya tabungan konten tidak hilang πŸ™‚

  8. Jalanjalankitadotcom says: September 30, 2019 at 1:08 pm

    dulu juga sebelum punya sandisk pernah kejadian hlang semua data. padahal banyak banget yang pengen dikenang2. mana nggak sempat di back up. langsung dh galau

    1. Jeanette Agatha says: October 3, 2019 at 8:54 am

      ihhh sedih banget ya, pasti rasa sedih dan kesalnya hilang lamanya πŸ™

  9. Inulwara says: September 30, 2019 at 11:02 am

    Saya pikir USB OTG Sandisk ini hanya sebatas kabel konverter antara smartphone dan device lain, ternyata sudah include storage juga ya. Mantap!

    1. Jeanette Agatha says: October 3, 2019 at 8:55 am

      dulu OTG itu hanya berupa kabel ya, mas. Tapi sekarang sudah bisa menyimpang data langsung πŸ™‚

  10. Diah Woro Susanti says: September 29, 2019 at 12:02 pm

    Nah ini dia artikel yg kucari cari. Hapeku udah lemot nih. Baru pake bentar panas bange kaya setrika. Emang sih kusuka ga sabaran jd ngecas tp sekalian dipake huhu

    1. Jeanette Agatha says: October 3, 2019 at 9:06 am

      terkadang over charge bikin HP jadi rusak juga, mbak πŸ™

  11. nyi Penengah Dewanti says: September 25, 2019 at 11:17 pm

    Alhamdulillah ya sekarng jamanya model OTG
    kitanya jadi ikutan terbantu. Aku ada otg sandisk dua dan FD sandisk 6 mba wkwk udah langganan sandisk cocok

  12. Yoanna Fayza says: September 25, 2019 at 8:36 pm

    Saya juga lagi jatuh cinta dengan USB OTG SanDisk nih mba, praktis banget buat ngurangi file-file di smartphone. Pingin punya yang kapasitas besar πŸ™‚

  13. Arda Sitepu says: September 25, 2019 at 12:13 pm

    Wah penting banget mbak pakai USB OTG Sandisk ini mbak, aku aja sampai beli karena suka memori hape suka full kalau lagi travel.

    1. Jeanette Agatha says: September 25, 2019 at 8:08 pm

      iyaa USB OTG ini sangat membantu sekali πŸ™‚

  14. Kurnia amelia says: September 25, 2019 at 10:51 am

    Kayaknya aku harus beli juga nih ya soale punya pengalaman HP rusak foto2 dan data ilang semua huhu.

    1. Jeanette Agatha says: September 25, 2019 at 8:09 pm

      iyyaaa back up itu sangat diperlukan, mbak πŸ™‚
      Sedih kalau sampai data, foto, dan video penting sampai hilang πŸ™‚

  15. Yanti Ani says: September 25, 2019 at 10:36 am

    Pas banget nih artikelnya, lagi masalah dengan hp yang sudah mulai lemot, mungkin karna over charge sama memori kepenuhan kali ya. Mau coba USB OTG

    1. Jeanette Agatha says: September 25, 2019 at 8:09 pm

      Iyaa bisa jadi, mbak πŸ™‚
      Karena ada beberapa kemungkinan yang membuat HP menjadi lemot πŸ™‚

  16. susie ncuss says: September 25, 2019 at 10:01 am

    aku juga make sandisk OTG.
    memang membantu banget buat yang doyan nonton film dan nyimpen foto banyak2 di hape.
    love pisan..

    1. Jeanette Agatha says: September 25, 2019 at 8:10 pm

      bener bangettt, mbak πŸ™‚

  17. Ida says: September 25, 2019 at 8:46 am

    Wah membantu banget nih ya SanDisk OTG ini.. jd bs back up dgn cpt…ga ribet juga hehe

    1. Jeanette Agatha says: September 25, 2019 at 8:10 pm

      iyee bener banget, teh πŸ™‚

  18. Yuni says: September 25, 2019 at 7:51 am

    Beberapa kali aku mengalami hal yang menyedihkan saat hp penuh data mba….hp lemot data pun hilang. Kesel banget. Skrg aku jg pake Sandisk untuk menyimpan data lebih aman.

    1. Jeanette Agatha says: September 25, 2019 at 8:10 pm

      Jadi sangat menolong sekali ya, mbak πŸ™‚

  19. Ainhy Edelweiss says: September 25, 2019 at 7:23 am

    Memang ada beberapa kelemahannya yah kak kalau cuma ngandelin storage hape aja untuk menyimpan data, perlu perangkat lain untuk bisa beckup data

    1. Jeanette Agatha says: September 25, 2019 at 8:10 pm

      iyee bener banget, mbak πŸ™‚

  20. Dizaz says: September 25, 2019 at 4:28 am

    Handponeku udah mulai terasa lemot dan baterai cepat drop akibat sering di-charge trus ditinggal, belum lagi memory hp yg penuh file foto.
    Harus nyari USB OTG Sandisk untuk backup data sebelum hp benar2 bermasalah nih.
    Thanks infonya.

    1. Jeanette Agatha says: September 25, 2019 at 8:15 pm

      selamatkan dengan back up data sebelum yang tdk diinginkan terjadi πŸ™‚

  21. Apura says: September 24, 2019 at 10:00 pm

    Wow aku taunya cuma OTG aja, buat nyambung ke flashdisk. Lah ini udah sekalian dengan flashdisk dari Sandisk yang emang terkenal banget di dunia per-flashdisk-an. Pakai ini jadi lebih mudah nyimpan data. Btw, USB OTGnya ada yg type-C jg gak?

    1. Jeanette Agatha says: September 25, 2019 at 8:16 pm

      Ada yang Type C juga kok, mbak πŸ™‚
      Saya pakai yang Type C juga kok πŸ™‚

  22. Okti Li says: September 24, 2019 at 9:28 pm

    Sedih pernah kehilangan banyak Poto dan Video gara-gara memori full, hp eror ngehang
    Ga mau kejadian itu terulang, maka memang harus rajin ngeback up ya

  23. Dian Radiata says: September 24, 2019 at 9:00 pm

    USB OTG ini adalah salah satu barang yang selalu ada di dalam tas aku, terutama kalo lagi ngetrip. Membantu banget buat mindahin hasil foto dan video di smartphone biar si smartphone gak ngambek kepenuhan memory

    1. Jeanette Agatha says: September 24, 2019 at 9:16 pm

      iyaa bener banget, mbak πŸ™‚
      Yang paling penting lagi jangan sampai jatuh atau hilang falshdisknya, hihihi

  24. Jiah says: September 24, 2019 at 2:55 pm

    Aku naksir juga sama USB OTG SanDisk ini. Pas banget dibawa ke mana-mana. Jadi gak pake mikir kalau memori full. Bisa di back up juga kan. Soalnya sayang kalau dihapus data2nya

    1. Jeanette Agatha says: September 24, 2019 at 9:17 pm

      Iyaa bener banget. Terus juga praktis untuk dibawa πŸ™‚

  25. Mechta says: September 24, 2019 at 8:41 am

    Naah..ini nih penyelamat data agar anti lemot2 smartphone terwujud ya..

  26. Rohyati Sofjan says: September 24, 2019 at 2:02 am

    Saya jadi pengen punya karena mikir sudah banyak banget file yang numpuk di ponsel dan netbook. Butuh jaga-jaga sekaligus ada tempat back up data.
    SanDisk OTG penting banget dimiliki pekerja digital bahkan anak muda yang sekadar membutuhkannya untuk tugas sekolah dan kuliah atau tambahan untuk bersenang-senang dengan media sosial. Pasarnya luas banget dan inovatif.

    1. Jeanette Agatha says: September 24, 2019 at 8:56 am

      iyaa bener banget, mbak πŸ™‚

    2. ellafitria says: September 24, 2019 at 4:05 pm

      Bener banget sih, buatku data2 file traveling segalanya. Smpe ilang trus blm ke backup. Nangislah sudah 7 hari 7 malam πŸ™

      1. Jeanette Agatha says: September 24, 2019 at 9:16 pm

        kebayang kalau bener2 hilang πŸ™

  27. nurulrahma says: September 23, 2019 at 6:36 pm

    USB on The Go ini solusi cerdas buat kaum millennial dan content creator yak
    Asik asiiikk

    1. Jeanette Agatha says: September 24, 2019 at 8:57 am

      iyaa, mbak. Tapi sebenarnya bisa digunakan juga semua kalangan yang selau suka foto dan video, hihihi πŸ˜€

  28. Gurukecil says: September 23, 2019 at 6:10 pm

    Kalau sudah ketemu sama memory smartphone yg full memang yg biasa aku lakuin adalah hapus file entah foto dan video mbak.. tapi seringnya juga merasa kecewa karena entah dikemudian hari foto atau video yg kuhapus itu malah justru kepake.. huhuhu

    1. Jeanette Agatha says: September 24, 2019 at 8:58 am

      suka menyesal belakangan ya, mbak πŸ™

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*