anak terpapar covid-19 omicron

Hallo, apa kabar Moms semua? Semoga selalu diberikan kesehatan, ya!😊

Bulan lalu baby L terpapar Covid-19 lagi, kali ini yang varian Omicron. Sedih banget rasanya, karena tahun lalu terkena Covid-19 juga yang varian Delta. Tahun lalu terpapar karena ada keluarga yang berkunjung ke rumah dan beliau kontak erat dengan pasien Covid, huhuhu. Tapi yang sekarang baby L terinfeksi Omicron karena setiap hari mengantar dan menunggu koko-koko-nya sekolah.

Sepertinya karena kondisi imun tubuh baby L lagi menurun, sehingga cepat sekali terpapar Omicron. Daya tahan tubuh baby L turun karena dia harus bangun subuh dan baru bisa tidur lagi jam 9 pagi. Padahal biasanya baby L baru bangun tidur itu jam 9 atau 10 pagi. Selain itu, dia juga lagi susah makan, jadi imun tubuhnya lemah deh.

Pada Blog kali ini, saya ingin sharing beberapa gejala dan obat yang harus ada di rumah saat bayi terpapar Covid-19 Omicron. Jadi baca terus sampai akhir, semoga bermanfaat untuk Moms yang ada di rumah. 😉

Baca Juga : Hak dan Perlindungan Disabilitas Saat Covid-19

Gejala Pada Bayi Jika Terpapar Covid-19 Omicron

anak terpapar covid-19 omicron

Covid-19 varian Omicron ini rentan terpapar pada anak dan bayi. Apa lagi sekarang kondisinya sekolah mulai melakukan PTM (Pelajaran Tatap Muka). Maka dari itu untuk usia Sekolah Dasar diwajibkan sudah Vaksin Covid-19 sebanyak dua kali, baru diizinkan mengikuti PTM.

Nah, gejala pada bayi dan anak yang terpapar Covid-19 Omicron cukup ringan, yaitu Demam, Sakit leher, Batuk, dan Pilek. Pada Baby L gejalanya juga hampir sama. Jujur saya tidak tau juga dia terpapar dimana, karena hampir seminggu kami semua menggunakan kendaraan umum (Taksi Online).

Rabu, 26 Januari malam, Ryan (anak saya yang no.2) mulai batuk dan pilek, saya kasih minum obat dan suruh dia istirahat cepat. Eh, Kamis subuh dini hari, Baby L mulai demam 38.5°C. Saya langsung memberikan obat penurun panas dan kasih minum ASI yang banyak. Puji Tuhan mulai turun panasnya, tapi belum nyenyak tidurnya karena hidungnya mampet. Pagi harinya mulai demam lagi 37.7°C.

Kebetulan suami sedang ada pekerjaan di luar kota, jadi saya hanya komunikasi melalui telepon saja. Kami memutuskan untuk membeli alat Swab Test untuk test mandiri. Jumát siang, alat tes yang saya beli sudah sampai dan langsung kami semua melakukan Swab Antigen mandiri. Hasilnya hanya baby L yang positif, saya dan kedua anak yang besar hasilnya negatif.

Ohh iya, saya berani melakukan Swab Antigen Mandiri karena pakai yang khusus untuk anak, yang hanya masuk ke hidung sedalam 2 cm aja (Test Swab Antigen Abbott Nasal & Naso). Kalau pakai yang biasa, jujur saya ga berani, hehehe. Mungkin ada yang membutuhkan juga, tinggal klik ini aja.

Baca Juga : Pengalaman Hamil Di masa Pandemi Covid-19

Wajib Ada Ini Saat Bayi dan Anak Terpapar Omicron

covid-19 omicron pada bayi

Berdasarkan yang saya hadapi saat bayi dan anak terpapar Covid-19 varian Omicron, dapat disimpulkan ada beberapa barang yang wajib ada. Barang tersebut diantaranya, yaitu :

Obat Penurun Panas/Demam

Untuk varian Omicron ini pasti akan diawali dengan demam, sebenarnya sama sih dengan varian Covid-19 sebelumnya. Pasti mom sudah punya obat penurun panas/demam yang sudah cocok untuk anak atau bayi mom. Kalau bayi dan anak-anak saya mereka lebih cocok minum Tempra, untuk yang bayi pakai drop sedangkan yang anak diatas 2 tahun pakai yang sirup.

Transpulmin Baby Balsam

Saat mulai demam, baby L mulai mampet hidungnya. Jadi saya gosok Transpulmin baby balsam, ini cukup membantu dia untuk bisa tidur. Karena balsam ini membantu melegakan hidung yang tersumbat. Saya gosokan Transpulmin di dada dan punggung baby L. Kalau untuk anak yang diatas 2 tahun bisa pakai yang Transpulmin Kids. Tapi karena saya tidak ada, jadi anak pertama dan kedua saya gosokan minyak kayu putih saja.

Imunped Syrup

Walaupun setiap hari sudah minum vitamin, pasti ada saatnya tubuh mengalami kelemahan/drop. Jadi saat anak-anak terkena Covid, vitamin yang biasa diminum digantikan dengan Imunped Syrup. Karena Imunped ini kandungannya ada Vitamin C dan Zinc, jadi sangat bangus memulihkan daya tahan tubuh bayi yang sedang terkena batuk, pilek, dan demam. Kalau anaknya tidak suka asam jadi harus hati-hati, karena ini rasanya cukup asam.

Zamel Drop

Kalau untuk baby L, saya kasih minum vitamin Zamel Drop. Vitamin ini sudah cukup lengkap, sudah ada Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc. Baby L cukup cocok sih minum ini.

Obat Batuk/Pilek

Untuk baby L saat pilek saya kasih minum Rhinos drop, ini cukup ampuh dan cepat sembuhnya. Sedangkan kakaknya yang batuk, saya kasih Ambroxol.

Baca Juga : Solusi Liburan Sekolah Saat Pandemi Covid-19

Itu dia beberapa obat yang perlu ada saat bayi dan anak terpapar Covid-19 varian Omicron. Mungkin ada yang kurang, sebenarnya saya juga menyediakan cairan infusan dan suntikan untuk melakukan cuci hidung. Tapi tidak saya masukan list di atas, karena tidak semua anak nyaman dan suka saat cuci hidung. Baby dan kakak-kakaknya juga ga suka kalau di cuci hidungnya, hehehe.

Semoga Moms dan keluarga tidak sampai terkena Covid-19 varian Omicron ini, ya. Kalau Moms ada anaknya yang terpapar, biasanya sedia apa aja di rumah? Sharing di kolom komentar, yuk! 😊

17 Replies to “Sedia Ini Saat Bayi dan Anak Terpapar Covid-19 Omicron”

  1. Nyi Penengah Dewanti says: March 18, 2022 at 9:53 am

    orang dewasa macam kita aja sedih ya Kak Jean, apaalagi ini bayi.
    Makasih tipsnya kak, semoga anak2 sehat selalu jangan sampai kena virus.

  2. Mellisa says: March 8, 2022 at 11:03 am

    Sebaiknya memang harus selalu sedia obat-obatan di rumah ya, apalagi buat anak-anak di masa pandemi ini. Supaya bisa lebih siap juga menghadapi pandemi.

  3. Irra Octaviany says: March 7, 2022 at 3:46 pm

    Paling panik emang ketika tahu anak kena Covid. Semua produknya harus ada di rumah nih. Aku juga lagi nyari vitamin yang lengkap buat anakku, kayaknya mau coba imunped nih..

  4. lendyagassi says: March 7, 2022 at 9:53 am

    Semoga seht-sehat selalu, teteh sekeluarga.
    Paling khawatir yaa, kalau ujian sakit ini ke anak-anak. Tapi selama masih mau makan dan minum, meski sedikit-sedikit, kudu banget diberi asupan bergizi. Dan sedia peralatan kesehatan yang aman untuk bayi dan anak di rumah.

  5. Grandys Sofia says: March 6, 2022 at 8:56 pm

    Thanks kak, ini perlengkapan yg wajib ada di setiap rumah untuk antisipasi juga saat terkena paparan omicron pada anak-anak dan terutama baby

  6. aliyatus sa'diyah says: March 5, 2022 at 3:52 pm

    infonya lengkap dan bermanfaat banget nih, emang sebagai emak wajib tahu kondisi dan tanggap menghadapi kondisi kesehatan keluarga apalagi anak kecil nih

  7. Nabilla - Bundabiya.com says: March 5, 2022 at 1:43 pm

    aku juga sedia beberapa vitamin itu mba.. terutama zamel. karena anakku udah di atas 3 tahun aku ngasihnya zamel syrup. alhamdulillah mereka lebih cepat recoverynya.. malah aku yang luama huhu

  8. lendyagassi says: March 3, 2022 at 12:34 pm

    Aku pernah liat di Tiktok, teh…
    Anak-anak sudah biasa di cuci hidungnya. Huhuu…aku rada pusing liatnya.
    Tapi memang semua kembali lagi ke kebiasaan masing-masing keluarga yaa.. Bagus sekali teh menyiapkan hal-hal yang perlu ketika bayi atau anak terpapar Covid-19 varian Omicron.

    Semoga semua keluarga lekas sehat, fit dan bugar kembali.
    Dijauhkan dari virus.

  9. Ida Tahmidah says: March 3, 2022 at 11:08 am

    Wah inipara bunda harus nyiapin nih harus nyetok untuk jaga jaga di rumah ya….emang bener kasian kalau bayi sudah terpapar jadi rewel pula….

  10. Uniek Kaswarganti says: March 3, 2022 at 10:02 am

    Sedih banget ya mba kalau baby sakit, apalagi ini terpapar si omi. Kita yang dewasa aja udah sakit luar biasa badan terkena demam, radang dan batpil, apalagi anak bayik yaaa… Semoga habis ini anggota keluarga sehat-sehat semua yaaa…

  11. Ira Hamid says: March 3, 2022 at 8:44 am

    Saya selalu sedia paracetamol,Transpulmin baby dan obat batuk di rumah. Anak bayi kalo sakit bikin deg-degan yaa

    1. Melissa says: March 7, 2022 at 1:38 am

      Obat bapil andalan anak aku juga Rhinos. Zaman pandemi gini serba salah ya. Mau ajao anak have fun takut corona, tp kalo di rumah terus juga kasian lama2 bosan 😐

  12. Diah Alsa says: March 3, 2022 at 1:58 am

    duuh Mbak, anak panas tinggi bukan covid aja pasti emaknya udah dag dig dug panik ya, apalagi covid ini.
    syukurlah ya sekarang Baby L sudah sembuh kan? semoga sehat selalu ya.
    obat-obatan seperti ini emang wajib sedia di rumah karena kita gak tahu ya sakit itu datang ke siapa dan kapan huhuh.

  13. Monica Anggen says: March 2, 2022 at 12:01 am

    Kalau anak dan bayi sampai kena Covid-19 itu sesuatu banget dan bawaannya tegang. Kebetulan adik ipar dan adik kandungku bulan lalu satu keluarga ya kena Covid. Duh, isinya cemas terus, terutama pas kenanya ke bayi dan anak balita. Makanya obat-obatan seperti penurun panas emang penting sedia di rumah, juga obat batuk pilek, dan vitamin

  14. Lusi says: March 1, 2022 at 10:25 pm

    Aduuuh sedihnya kalau anak kecil yg kena. Keponakanku juga kena pas delta sekecil itu. Skrg ibunya protektif banget. Selama omicron ini, kakakku (si nenek) mau jenguk cucu aja harus pcr dulu padahal sekota. Gimana lagi? Fyi, di klinik sini sudah mulai swab yg nggak dikorek itu kok. Tapi maaf, aku lupa nama jenis swabnya apakah sama dg itu atau tidak. Semoga sehat selalu ya. Musuh kita nggak kelihatan, nggak pernah tau darimana kenanya.

  15. Ameliasepta says: March 1, 2022 at 9:40 pm

    Gak tahu deh yah bulan lalu itu bulan apa, kayanya semua orang jadi gampang sakit. Banyak banget juga nih ponakan dan anak temen yang masih bayi tapi udah terpapar covid. Sedih banget. Semoga kakak dan keluarga diberikan kesehatan selalu yah

  16. nchie hanie says: March 1, 2022 at 8:06 pm

    Waah, lengkap sekali gi infonya . Emang ya kalo anak2 terpapar covid omicron tuh rasanya kasian banget, apalagi buat balitaa. Untung maminya cepat tanggap nih menyediakan perlengkapan tempurnyaa, jadi ga khawatir lagi.
    Ah, Ryan sehat selalu yaa, semuanyaa juga terutama emaknyaa kudau sehat terus.
    Btw, kapan kita janjian teaa ihhh, kangen2an..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*