Review Training Online Blogging For Beginner

Hallo ketemu lagi… ?

Saya mau review training online yang sudah saya jalani hampir 1 minggu ini bersama Joerangan Artikel.
 
Seminggu kemarin, saya bener-bener buta sama yang namanya blog. Tapi di awal training ini saya di dampingi oleh 2 mentor keren dan super duper sabar, mba Dira Indira dan mba Rahayu. Karena saya type orang yang bawel, kalau belum mengerti pasti akan tanya terus sampai bener-bener mengerti dan jelas. Puji Tuhan, sekarang saya sudah mulai mengerti utak-atik blog sendiri walaupun belum sebagus dan sekeren blogger yang sudah profesional ?
Mungkin ada yang belum pernah ngeblog sama sekali seperti saya, saya akan memberitahukan apa saja yang saya pelajari sampai saya benar-benar bisa dan mengerti seperti sekarang.

1. Cara Membuat Account Blog Dengan Blogspot atau Blogger

   Saya pemula dan belum memiliki blog, maka saya disarankan untuk membuat blog baru dengan Blogger atau Blogspot. Kenapa? Karena Blogger ini mudah banget untuk pemula dan juga dalam training ini untuk pengguna Blogspot. Blogspot ini adalah platform milik Google, jika kita sudah memiliki account Google maka mudah sekali untuk membuat account di Blogspot ini.
2. Memberi Penjelasan Tentang Niche dan Kegunaan Blog
    Dalam training ini juga saya diajari bagaimana memilih niche untuk blog yang akan saya bikin. Apakah saya akan membahas tentang Beauty, Parenting, Kuliner, Travelling, atau mungkin tentang Lingkungan Hidup. Dan saya juga diberitahu apa kegunaan atau manfaat dari ngeblog. 
3. Mengenal dan Mengelola Blog
    Tahap selanjutnya, saya diajak untuk mengenal layout dan dashboard pada Blogspot. Jika saya sudah mengenal layout dan dashboard pada blog, saya dilatih untuk mengelola blog untuk dapat memaksimalkan konten yang saya miliki. Dan saya ditantang untuk membuat postingan pertama saya di Blogspot. Dan saya sudah melakukannya Disini.

4. Mempercantik Blog

    

    Pada hari berikutnya, saya dibimbing untuk merubah theme saya (nanti akan di berikan pilihan theme yang mudah untuk pemula). Saya sangat senang belajar ini, karena banyak hal baru yang saya dapat. Membuat desain logo menggunakan Canva, mengedit foto menggunakan Photo Scape, Compress foto atau logo yang sudah saya buat menggunakan Compress jpeg. Dan pada sesi ini saya diajarkan untuk membuat About Me yang cantik untuk di sidebar. 
   Tidak lupa mempelajari untuk merubah menu Navigasi, dan memasang Widget Sosial Media. Saya kesulitan pada tahap ini hehehehe. Tapi setelah semalaman mengutak-atik akhirnya saya berhasil. Tapi saya jadi mengerti tentang HTML. Ahhhh pokonya saya sangat senang sekali dengan sesi ini karena banyak hal baru yang dapat saya pelajari ?
Buat teman-teman yang mungkin belum mempunyai blog dan ingin memulai ngeblog atau menjadi blogger. Saya sarankan mengikuti Training Online ini, karena bermanfaat banget dan kita akan di bimbing selama 7 hari atau seminggu. Buktinya saya yang tadinya buta banget sama blog, sekarang saya sudah memahami dan merubah theme yang saya inginkan. Kunci utama untuk bisa berhasil dalam Training Online ini adalah kita mau banyak bertanya sambil kita mempraktekkannya, karena jika tidak langsung praktek kita tidak akan tahu kesulitan apa yang kita alami. 
 
Semoga tulisan ini dapat membantu dan memberi informasi buat teman-teman yaa. Selamat malam dan sehat selalu ?
 
 

5 thoughts on “Review Training Online Blogging For Beginner

  1. Keren nih mbak, jadi peserta yang aktif. Aku ikutan juga looh mbak, tapi aku belum praktek sama sekali. Karena minggu itu agak repot. Jadi sayang gak memaksimalkan training huhu. Kece nih blognya. Semangat nulis ya mbak 🙂

Comments are closed.