peran ceo dalam perusahaan

Peran Penting CEO dalam Memajukan Perusahaan. – Hallo, apa kabar? Bagaimana puasanya? Semoga Anda dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah puasanya.

Apakah Anda pernah ada keinginan untuk menjadi CEO (Chief Executive Officer)? Atau sering dikenal sebagai Direktur Utama, tapi ada juga sih perusahaan yang memiliki CEO dan Direktur Utama juga. Maka dari itu peran CEO atau Direktur Utama ini sangat penting bagi perusahaan. Posisi ini yang akan menentukan perusahaan akan maju atau bangkrut.

Peran Penting CEO dalam Perusahaan

peran ceo dalam perusahaan

MChief Executive Officer (CEO) merupakan kepala atau posisi teratas sebuah perusahaan yang bertanggung jawab penuh untuk menganalisis, mengelola, dan mengambil keputusan. Bukan sesuatu yang mudah untuk bisa menjadi seorang CEO.

Karena cukup berat tugas dan tanggung jawabnya. Seperti seorang CEO harus bisa menjadi sebuah “kabel” atau “jembatan” antar departemen yang ada di perusahaan. Selain itu juga bertanggung jawab penuh dengan kerjasama antar perusahaan, terus juga harus bisa memperhitungkan aspirasi dan menawarkan solusi yang terbaik untuk para karyawannya.

Berikut beberapa peran penting CEO dalam Memajukan Perusahaan, yaitu :

Menciptakan Visi dan Misi Perusahaan

Untuk terbentuknya suatu perusahaan pasti mempunyai visi yang jelas, karena ini merupakan dasar terbentuknya usaha. Setelah tau visi atau tujuan dari dibangun/dibentuknya suatu perusahaan, langkah selanjutnya adalah membuat misi. Ini cara atau upaya bagaimana visi yang sudah dibuat dapat tercapai.

Suatu perusahaan mempunyai visi dan misi yang jelas dan komitmen untuk dijalankan, pasti perusahaan tersebut akan semakin maju dan berkembang.

Merancang Rencana / Tujuan Perusahaan

CEO sangat berperan penting untuk membuat rencana jangka panjang ataupun pendek untuk perusahaan yang dipimpinnya. Setelah membuat rencana tersebut, harus diseleksi kembali tujuannya, apakah akan berdampak positif atau negatif untuk perusahaan. Jika suka bulat rencana tersebut, langkah selanjutnya menyusun strategi yang tepat untuk mencapai rencana tersebut.

Membentuk Team Work yang Solid

Seorang CEO tentu tidak dapat bekerja sendiri, maka harus mencari dan membentuk sebuah team work yang punya visi dan misi sesuai dengan perusahaan. Jika sudah terbentuk team work, seorang CEO harus bisa menciptakan suasana kerja yang nyaman agar terbentuk solidaritas dalam team.

Tugas selanjutnya adalah CEO merupakan suatu penghubung atau jembatan antara karyawan dengan direksi (team) yang sudah dibentuk.

Mengevaluasi Kinerja Team

Setelah perusahaan mulai berjalan, maka sebagai pemimpin atau CEO harus melakukan evaluasi kinerja atau pekerjaan team yang sudah dibentuk. Apa yang harus diperbaiki, dipertahankan, atau ditambahkan supaya kinerja lebih maksimal.

Mengambil Keputusan untuk Perusahaan

Peran utama lainnya sebagai seorang CEO adalah bertanggung jawab penuh mengambil keputusan yang terbaik untuk perusahaan. Maka untuk menjadi seorang CEO harus memiliki wawasan yang luas, dapat menganalisis, dan mempunyai karakter kepemimpinan yang baik. Supaya dapat mengambil keputusan dengan baik dan bijak.

Menjaga Performa Perusahaan

Peran seorang CEO yang tidak kalah penting yaitu menjaga performa perusahaan. Seorang CEO bertanggung jawab untuk menjaga dan mengelolah perusahaan untuk terus menjadi lebih baik dan berkembang. Maka dari itu harus terus melakukan pengawasan/pemantauan setiap kinerja dan aktivitas dalam perusahaan.

Agar tercipta suasana kerja yang nyaman, maka seorang CEO harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk bisa mengembangkan strategi dan mengarahkan para team dan karywan dalam perusahaan.

Best CEO Award 2022

peran ceo

Pada tanggal 11 April 2022, Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto, mendapatkan penghargaan bergengsi dari The Iconomics Research, sebagai 50 Indonesia Best CEO Awards “Employee’s Choice” Courrier Category. Penilaian ini dilakukan online melalui survei terhadap ribuan karyawan berbagai industri dan kategori, dengan total responden hampir 8.000 pada awal Januari 2022 sampai dengan awal Maret 2022. Penilaian ini dengan 4 parameter penilaian kepada para CEO, yaitu Popularity, Competency, Crisis Leadership, dan Personality.

M. Feriadi Soeprapto pantas mendapatkan penghargaan ini, karena di masa sulit selama pandemi tapi masih bisa menjalankan serta mempertahankan kinerja JNE hingga sekarang. Saya tau ini tidaklah mudah, tapi karena visi dan misi JNE yang sangat kuat, sehingga tetap menghasilkan kinerja yang maksimal. Dengan semangat “Connecting Happiness” serta komitmen yang ingin memberikan kualitas pelayanan dan kepedulian kepada masyarakat Indonesia, JNE tetap bisa bertahan sampai sekarang.

M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang didapat. Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, beliau mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas penghargaan yang diberikan sebagai 50 Indonesia Best CEO Awards 2022 – Employee’s Choice.

“Penghargaan ini menjadi pemicu kinerja kami untuk terus melakukan inovasi, yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan terlebih dimasa pandemi saat ini.”

Beliau juga menambahkan, bahwa seorang pemimpin harus mempunyai prinsip dan dipegang teguh. Prinsip yang harus dimiliki seorang CEO, yaitu berbagi, memberi dan menyantuni. Prinsip tersebut mempunyai makna bukan hanya tentang harta, namun dapat memberikan manfaat bagi kehidupan banyak orang, karyawan mau pun masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan program yang diselenggarakan untuk masyarakat luas sebagai dukungan nyata di bidang social, olahraga, budaya, sampai dengan program acara edukatif untuk pemberdayaan komunitas mau pun UKM.

Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada Bapak M. Feriadi Soeprapto atas penghargaan yang didapat. Semoga JNE terus bisa memberikan manfaat untuk orang banyak dan perusahaan ini terus bisa bertahan dan berkembang.

15 Replies to “Peran Penting CEO dalam Memajukan Perusahaan”

  1. Arda says: May 11, 2022 at 7:35 pm

    Pentingnya kehadiran CEO dalam sebuah perusahaan. Cerminan CEO yang bijaksana dan baik akan memberikan pengaruh yang baik dari setiap jajaran dalam sebuah organisasi. CEO JNE juga selalu memberikan yang terbaik dalam tugas dan tanggung jawab.

  2. DailyRella says: April 26, 2022 at 10:11 pm

    Bener niihh, perusahaan jadi besar dan langgeng ada andil besar dari CEO dalam me-manage operasionalnya.
    Selamat buat JNE yaa, beruntung punya CEO terbaik yang bisa diandalkan. Langganan nih pakai JNE juga aku, terpercaya sejak lama.

  3. Rach Alida says: April 25, 2022 at 1:16 pm

    Mengambil keputusan itu tak mudah. Makanya harus dipilh CEO yang tepat. JNE emang pilihan banget semua yang terlibat disana
    Termasuk JNE yang terbaik dalam memiliki komposisi tim hingga CEO nya

  4. kiky says: April 25, 2022 at 12:58 pm

    Congratulations Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku CEO JNE karena terpilih 50 Indonesia Best CEO Awards “Employee’s Choice” Courrier Category.
    Semangat connecting happinessnya sungguh buat terharu.

  5. lendyagassi says: April 25, 2022 at 12:34 pm

    Selamat dan sukses untuk Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku CEO JNE karena terpilih 50 Indonesia Best CEO Awards “Employee’s Choice” Courrier Category.
    Ikut bahagia membaca prestasi luar biasa yang gak banyak orang tahu mengenai sisi baik dari Bapak M. Feriadi Soeprapto.

  6. April Hamsa | Mom Blogger says: April 25, 2022 at 12:06 pm

    CEO emang bukan jabatan kaleng2 krn keputusan ada dalam genggamanya ya mbak? Salah langkah udah deh gak bener semua jdnya.
    Keren banget CEO JNE dapat penghargaan, semoga membuat JNE jd lebih baik lagi.

  7. Mutia Nurul Rahmah says: April 25, 2022 at 11:12 am

    PEnting untuk menjadi ceo yang handal dan juga professional bisa menangani kerjaan dengan maksimal. Butuh banget dipimpin oleh ceo sepeti ini

  8. Ibu Guru says: April 25, 2022 at 9:11 am

    Selamat untuk Pak Feriadi Soeprapto, CEO JNE, usaha juga kerja kerasnya berbuah manis banget.

  9. Indah Nuria says: April 25, 2022 at 5:48 am

    Yang pasti CEO juga menjadi banyak inspirasi bagi yang lain ya mba. Tugasnya berat juga nih, makanya perannya sangat signifikan

  10. Demia says: April 24, 2022 at 11:58 pm

    CEO emang yang paling penting dalam memajukan perusahaan ya beb, semuanya emang tergantung dari CEOnya, tapi keren banget sih ini CEOya JNE, semoga JNE terus bisa membantu kita2 yang seneng belanja online nih

  11. Siti Faridah says: April 24, 2022 at 5:45 pm

    Banyak juga ya tugas yang harus dilakukan oleh CEO di perusahaan. Kalau bahas CEO tuh aku jadi teringat dengan drama Korea yang tokoh utamanya sebagai CEO.

  12. ade anita says: April 24, 2022 at 3:50 pm

    keren emang bapak Feriady bosnya JNE ini. Dia layak banget emang terpilih jadi salah satu CEO terbaik karena terbukti JNE bisa bersaing dan terus bertahan ditengah persaingan. Kompetitornya satu persatu tumbang loh. btw, aku salfok liat foto profile kamu, cantik banget

  13. Nabilla - Bundabiya.com says: April 24, 2022 at 1:13 pm

    selamat untuk CEO JNE yaa.. semoga bisa memajukan JNE dan kualitas pelayanan pun meningkat. serta terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk kemajuan umkm indonesia

    1. Yuni Handono says: April 24, 2022 at 11:33 pm

      CEO sangat berperan penting dalam perusahaan ya mbak. Saya salut dengan pencapaian JNE. Banyak hal yang sudah dilakukan untuk memuaskan pelanggannya. Termasuk upaya bapak Feriadi hingga meraih penghargaan ini. Salut banget dengan kerja keras beliau serta perjalanan karirnya di JNE dari bawahan hingga berada di puncak karir seperti sekarang. Semoga cerita beliau bisa menjadi inspirasi untuk yang lain.

  14. Lusi says: April 24, 2022 at 9:28 am

    Beneran, maju tidaknya sebuah perusahaan tergantung CEO. Meski ditentukan dengan kerjasama semua bagian, tapi tanpa CEO yg handal, potensi yg ada tidak bisa disatukan. Selamat atas award-nya. Aku sudah lama banget langganan jne.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*