Siapa yang pernah tau kalau di Bandung ternyata ada Museum Kesehatan, yaitu Museum Bio Farma. Kalau saya sendiri baru tau kemarin, saat diundang untuk menghadiri acara Open House Museum Biofarma. Ternyata memang Museum Bio Farma tidak dibuka untuk umum jadi hanya orang tertentu atau rombongan sekolah yang dimana harus membuat janji sebelumnya.

Selain acara Open House Museum Bio Farma, ada juga Vaksin Influenza (flu) yang diberikan setangah harga. Kami juga dari Blogger Bandung diberi kesempatan untuk melakukan vaksin tersebut. Bagaimana keseruan di dalam Museum Bio Farma dan fungsi Vaksin. Simak ulasan saya, ya..

Bio Farma

Transformasi Logo Biofarma

Siapa yang tidak tau Bio Farma? Pasti tau lah, ya. Bio Farma didirikan pada tanggal 6 Agustus 1890. Bio Farma sangat berjasa dalam memberikan kualitas hidup bangsa Indonesia dan mancanegara. Karena Bio Farma telah memproduksi Vaksin yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh manusia. Selain itu, Vaksin yang diproduksi sudah memenuhi syarat Standar yang ditetapkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan mendapatkan pra kualifikasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Sejarah Bio Farma

Museum Bio Farma

Sejarah Bio Farma

Museum Bio Farma ini sungguh membuat saya penasaran. Karena saya baru tau kalau Bio Farma ini mempunyai museum. Pada tahun 2015 Museum Bio Farma resmi didirikan di Bandung. Karena sangat berjasanya perusahaan ini terhadap kesehatan manusia di dunia. Maka pada Museum ini menceritakan perjalanan sejarah tentang Vaksin, tokoh-tokoh yang terlibat dalam sejarah Bio Farma, dan kejadian-kejadian penting pada masa lampau.

Konsep Digital dan Desain Grafis Museum Bio Farma

Museum Bio Farma sendiri akan menceritakan sejarah ini dengan prespektif dan konsep yang modern. Selain itu juga didesain dengan konsep dan grafis yang modern, sehingga menjadikan para pengunjung nyaman berada di dalamnya. Bulan depan pengurus museum ini akan merubah konten yang ada di dalamnya, untuk bisa menarik pengunjung lebih banyak lagi. Karena Museum Bio Farma ini akan mencoba di buka untuk umum.

Sejarah Vaksin Rabies di Museum Bio Farma
Alat Pertama Produksi Vaksin di Museum Bio Farma
Alat Pembuatan Vaksin Pertama di Museum Bio Farma

Pada Open House kemarin pun banyak undangan yang datang, dari Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandung, Media, dan pengamat museum. Banyak yang berharap Museum Bio Farma ini dapat di buka untuk umum, agar dapat dijadikan salah satu tempat wisata bersejarah di Kota Bandung. Karena belum adanya museum kesehatan di Bandung.

“Saya ingin memasukkan dalam list paket wisata Kota Bandung. Supaya semakin bertambahnya tempat wisata bersejarah di Bandung. Bukan hanya alam terbuka yang menjadi tempat wisata, tetapi tempat sejarah pun bisa menjadi tempat wisata. Semoga kita bisa bekerja sama.” Ujar Ibu Kenny Dewi Kaniasari, selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung.

Sejarah Museum Bio Farma
Alat Peninggalan Belanda di Museum Bio Farma
Sejarah di Museum Bio Farma

Pada saat masuk saya sangat antusias untuk melihat sejarah PT. Bio Farma ini. Museum ini memang sangat didukung oleh grafis dan multi media yang bagus dan modern. Saya betah berada disana, karena dapat melihat dan mengetahui sejarah sebelum dan sesudah adanya Vaksin, alat-alat yang digunakan pertama kali untuk membuat vaksin. Jika dilihat alat-alat yang digunakan untuk membuat vaksin sebagian besar peninggalan dari Belanda.

Sejarah Penemuan Anti Bisa Ular di Museum Bio Farma

Vaksin Influenza (Flu)

Influenza adalah penyakit saluran pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza. Umunya menyerang saluran pernapasan atas (hidung, tenggorokan, dan bronkus).

Influenza harus diwaspadi, karena ada beberapa alasan, yaitu :

1. Sangat mudah menulari teman, anggota keluarga, dan pasien

Penularan virus influenza dapat terjadi melalui 3 cara, yaitu :

  • Melalui droplet yang dikeluarkan penderita (bersin, batuk) (face to face)
  • Melalui udara (airbone transmission)
  • Kontak fisik dengan penderita, seperti jabat tangan atau terinfeksi melalui kontak dengan barang

2. Menurunnya produktivitas dalan beraktivitas

Karena terkena virus influenza, sehingga mengganggu untuk beraktivitas dan harus beristirahat 3-5 hari.

3. Biaya pengobatan yang tidak murah

4. Virus mudah dan cepat bermutasi

5. Kematian

Virus influenza dapat menyebabkan kematian karena komplikasi (Pheimonia, Bronkitis, Sinusitis, dan infeksi telinga) dan penyakit kronis semakin parah (Asma, penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), Diabetes, penyakit jantung, dan system imun lemah).

Untuk Vaksin Influenza harus diulang setahun sekali, dengan harga kurang lebih Rp 200.00,- . Kemarin pada saat acara, saya dan teman-teman blogger ikut vaksin ini. Rasanya tidak sesakit DPT, memang merah dan memar juga tapi tidak parah dan hanya satu atau dua hari hilang rasa sakitnya. Efeknya belum terasa, bahkan sehari setelah vaksin hidung saya mulai tidak enak seperti mau flu tapi nggak jadi, hihihi.

Teman-teman sudah pernah melakukan Vaksin Influenza? Atau mungkin sudah pernah masuk ke Museum Bio Farma? Share yuk…

Bio Farma

Jl. Pasteur No.28 Bandung 40161

Tel. (022) 2033755

Email : mail@biofarma.co.id

32 Replies to “Open House Museum Bio Farma”

  1. Amy Z says: August 8, 2018 at 7:26 am

    Thanks infonya teh Egy. Aku ngerasa flu bukan penyakit biasa, karena aku punya asma. Jadi kalo flu, terus batuk, dipastikan asma bakal sering kumat dan harus sedia ventolin, hiks. 🙁

  2. Sugi Siswiyanti says: July 31, 2018 at 3:02 pm

    Museum Biofarma bisa jadi salah satu destinasi wisata kalau ada keluarga datang dari luar kota.

  3. Bibi Titi Teliti says: July 31, 2018 at 10:26 am

    Wah, aku baru tahu lho kalo ternyata Bio Farma ada museum-nya juga. Sebenernya waktu itu pengen ikutan juga tuh, biar bisa sekalian kopdar sayang waktunya bentrok huhuhu

  4. Dian Novandra says: July 30, 2018 at 5:55 am

    Saya juga baru tau ada museum ini. Moga ada kesempata buat ke sana juga deh, #eh kan gak sembarang org bisa masuk yaa. Heuheu…

  5. Ratri says: July 29, 2018 at 2:28 pm

    moga2 cepet dibuka tiap hari yaaa, pengen ajak keluarga juga ke sini biar sekalian divaksin borongan hehehe

  6. prilli oke says: July 29, 2018 at 5:17 am

    Baru tahu mbak kalo ada museum Bio Farma. Keren ih…idenya

  7. Lisa says: July 28, 2018 at 2:33 pm

    Saya baru tahu ada museum biofarma. Baru tahu juga tentang vaksin influenza.

  8. Dian Andari Yuan says: July 28, 2018 at 10:07 am

    Sebenernya museum Biofarma gak jauh dari tempat tinggalku. Tadinya pengen ikutan acara kemarin, tapi aku takut divaksin. Hehehe
    Thanks infonya ya, Teh Egi😉

  9. Nia K. Haryanto says: July 27, 2018 at 6:33 pm

    Wah, ternyata udah sejak 2015 ya museumnya. Aku baru tahu sekarang. Itu pun belom pernah masuk. Kudu nyobain nih suatu hari nanti. Seru, unik. 😀

  10. Sri Al Hidayati says: July 27, 2018 at 2:35 pm

    Waah jadi pengen ke museum biofarma. Kemarin berhalangan karena ga bs dan galau juga kalau ibu hamil mungkin ga akan dibolehin buat suntik. Next mudah mudahan bisa vaksin influenza di biofarma. Reviewnya lengkap. Keren. ❤️

  11. Rani Yulianty says: July 27, 2018 at 1:44 pm

    Wah ajak anak-anak ke museum kesehatan di biofarma kayaknya seru, nih, apalagi lokasinya juga strategis ya

  12. Bety Kristianto says: July 27, 2018 at 12:59 pm

    Wah ini baru ya Teh Egy? Dulu pas masih di Bandung perasaaan belum ada euyy

  13. Srie Ningsih says: July 27, 2018 at 10:09 am

    Waaah….keren ya ada musium bio farma.. semoga dpt membawa masyarakat indonesia lebih sehat.

  14. Larasati Neisia says: July 27, 2018 at 9:58 am

    Ini buka nggak ya teh kalo weekend? balada pegawai yang cuma bisanya weekend :))

  15. Nurul Fitri Fatkhani says: July 27, 2018 at 7:14 am

    Saya baru tau ada museum Bio Farma, Teh.
    Sayang kemarin berhalangan datang saat ada acara di sana.

  16. Maria G says: July 26, 2018 at 7:14 pm

    Wah kerennn
    Jadi Pingin lihat museumnya deh

  17. Emmy Herlina says: July 26, 2018 at 4:52 pm

    Wah, museum bio farma. Jadi pengen ke sana deh. Ternyata di Bandung ya tempatnya

  18. lendyagasshi says: July 26, 2018 at 4:00 pm

    Ayoo…makin rajin vaksin niih…sepertinya.
    karena rasanya gak sakit kan yaa, teh?
    Hiihii…

    Serru nya jalan-jalan ke museum.
    Kapan-kapan pingin ngajak anak-anak main ke sini aah…

  19. Zahra Rabbiradlia says: July 26, 2018 at 3:17 pm

    Ya ampuuun baru tau masa aku haha. Pdhl dlu sering kerja di rshs 😅

  20. Sandra Hamidah says: July 26, 2018 at 3:16 pm

    Wow sekarang ada Museumnya ya jadi sangat bermanfaat buat antivaks yang harus di edukasi lagi hihi

  21. Uwien Budi says: July 26, 2018 at 2:56 pm

    Belum pernah masuk museumnya. Vaksin flu harganya mayan, yaa.

  22. Dian Restu Agustina says: July 26, 2018 at 2:09 pm

    Noted Mbak Egy.. Thanks sharingnya
    Nambah satu tujuan wisata saya ke Bandung, Museum Bio Farma. 😊

  23. Nathalia DP says: July 26, 2018 at 12:35 pm

    Belum pernah ih, pengen deh vaksin influenza

  24. hani says: July 26, 2018 at 12:12 pm

    Wah…bagus dong ada museumnya. Emang sudah mendunia kan yaaa vaksin produk Biofarma tersebut…

    Maju terus menyehatkan Indonesia…

  25. Armita Fibriyanti says: July 26, 2018 at 11:44 am

    Belum pernah ke museum biofarma, kepengen datang sebenarnya pas acara blogging kemarin, tapi pas hari kerja jadi enggak bisa deh. Hiks.

  26. susie ncuss says: July 26, 2018 at 11:38 am

    Aku excited banget waktu tau ada museum ini di biofarma.
    Tapi kenapaaaa museumnya tidak untuk umum?
    aku sedih, teh
    >,<

  27. Tian Lustiana says: July 26, 2018 at 11:04 am

    Jadi pengen ke Museum BioFarma ajakin neng Marwah deh. Eh saya lupa nih udah vaksin apa belum ya hehe, makasih informasinya yaa

  28. Hastira says: July 26, 2018 at 2:29 am

    2015 jelas aku belum pernah lihat secara dulu aku sering ke sana karena ibuku kerja di sana

  29. Kontengaptek says: July 26, 2018 at 1:02 am

    Mari hidup sehat dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar..
    Agar penyakit tidak berbahaya tidak hinggap pada diri ini..

    Keren artikelnya..

  30. Natasya says: July 25, 2018 at 4:09 pm

    Sayang banget ga dibuka untuk umum yaa.. dan itu vaksin nya murah bgt 200 rb 😄

  31. Natasya says: July 25, 2018 at 4:09 pm

    Sayang banget ga dibuka untuk umum yaa.. dan itu vaksin nya murah bgt 200 rb 😄

  32. Bunda Erysha (yenisovia.com) says: July 25, 2018 at 3:40 pm

    Wah saya sudah lama tinggal di bandung, baru tahu bun bio farma punya museum. Jadi penasaran ikh

Comments are closed.