ajt cogtest

Hallo, apa kabar?

Semoga hari ini selalu menjadi hari yang lebih baik dari kemarin 😊

Saya ingin curhat sedikit tentang anak, nih, hihihi. Mungkin Anda juga pernah mengalaminya. Saya punya dua orang anak laki-laki yang umurnya tidak jauh berbeda, hanya beda 20 bulan. Tapi karakter mereka itu berbeda sekali. Memang betul kata orang, setiap anak itu berbeda-beda.

ajt cogtest

Saya sangat kesulitan sekali mengajar anak yang kecil. Bukan bermaksud membandingkan, dan saya tidak pernah mengatakan kalau dia berbeda dengan kokohnya. Saya hanya curhat dengan papinya, kenapa Ryan kok susah sekali untuk diajarin warna, angka, dan huruf. Sudah belajar sambil bermain juga tetap saja sulit untuk diajak belajar.

Tapi memang saya akui, kalau dia sedang bermain lego atau mobil-mobilan dengan kokohnya, imajinasi dan akalnya lebih banyak. Terus juga karakter anaknya yang cuek, tidak bisa diam, dan super romantis, mungkin karakter ini yang membuat cara belajarnya berbeda.

Pentingnya Mengenal Kemampuan Kognitif Pada Anak

Apa itu kemampuan kognitif? Kemampuan kognitif adalah sesuatu yang mencakup kegiatan atau aktivitas otak. Kemampuan kognitif ini mempunyai beberapa aspek, yaitu pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisa (analysis), evaluasi (evaluation), dan sintesa (synthesis).

Singkatnya kognitif itu sesuatu yang menyangkut kemampuan untuk mengembangkan akal atau otak. Seperti kemampuan untuk memecahkan suatu masalah, mengambil keputusan, daya ingat, dan memahami sesuatu.

AJT CogTest

Saya pernah mendengar dan membaca postingan tentang test kognitif di beberapa blog teman-teman. Saya cukup tertarik untuk melakukan test ini untuk Ryan, karena kesulitan saya untuk memahami cara belajarnya.

Di Indonesia ada suatu inovasi baru dalam test kecerdasaan untuk anak-anak, yaitu AJT CogTest. Ini adalah tes kognitif yang sudah distandarisasi dengan anak Indonesia dan karakteristik bahasa serta budaya Indonesia. Hasil dari AJT CogTest ini sangat membantu orang tua dan guru untuk memahami kemampuan berpikir anak dalam pembelajaran di sekolah. AJT CogTest ini dibawah naungan PT. Melintas Cakrawala Indonesia (PT.MCI).

Tapi saya baru bisa melakukan test ini kepada Ryan tahun depan, karena test ini sangat direkomendasikan untuk anak yang berumur 5 sampai dengan 18 tahun. Karena umur segitu adalah masa yang penting untuk orang tua dan guru mengetahui profil kognitif anak, untuk membantu memotivasi anak dengan tepat dan efektif.

ajt cogtest

“Test AJT CogTest ini sangat membantu kita untuk lebih mengenal potensi, sisi unggul, dan kelemahan dari anak. Sehingga mereka nantinya akan siap bersaing di dunia global, dan juga mempersiapkan masa depan yang baik. Karena kita sudah memahami bagaimana cara paling efektif anak belajar.” Jelas Ibu Melia yang sudah membawa anaknya untuk ikut AJT CogTest.

Kelebihan AJT CogTest

AJT CogTest merupakan test kognitif pertama yang dikembangkan berdasarkan norma Indonesia. Dengan proses pengembangan yang sistematis melibatkan lebih dari 250 psikolog Indonesia dan hampir 5.000 anak Indonesia, sehingga menghasilkan produk tes yang berkelas dunia. Landasan teori psikologi yang dipakai merupakan teori paling muktakhir dan komprehensif di dunia saat ini. AJT CogTest mengukur delapan bidang kemampuan kognitif anak berumur 5 sampai 18 tahun, sehingga kekuatan serta kelemahan, dan kemampuan berpikir anak dalam belajar dapat terindetifikasi secara lengkap dan jelas.

Menurut Chief Executive Officer PT. MCI, Bpk. Ari Kunwidodo,

“setiap anak memiliki minat, keterampilan, kekuatan, dan kebutuhan belajar yang berbeda. Maka dengan adanya hasil kemampuan kognitif, sangat memudahkan orang tua dan guru untuk mengarahkan dan membantu mereka untuk mengajari anaknya. Tidak perlu kuatir untuk sulit memahami hasil testnya, karena AJT CogTest sangat mudah untuk dipahami.”

Informasi Harga AJT CogTest

PT. MCI menawarkan 2 pilihan AJT CogTest, yaitu :

1. AJT CogTest Comprehensive

yang diperuntukan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikologi akan merekomendasikan tambahan tes.

2. AJT CogTest Full Scale

mengindentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak.

Sedangkan harganya adalah Rp 1.200.000 (untuk AJT CogTest Comprehensive), dan Rp 760.000 (untuk AJT CogTest Full Scale).
Untuk hasil dari AJT CogTest ini, orang tua akan menerima softcopy melalui email dalam waktu 7 sampai 14 hari kerja setelah tes dilakukan.

Saya sangat tidak sabar untuk bisa membawa Ryan untuk melakukan test ini. Supaya saya bisa mengetahui cara belajarnya yang tepat dan memahami kemampuannya lebih lagi.

Informasi AJT CogTest

Kalau Anda juga berminat dan ingin bertanya-tanya tentang test ini, bisa banget menghubungi mereka di sini :

PT. MCI
Graha Irama 5th Floor Unit F
Jalan H. R Rasuna Said X-1 Kav. 1-2, Jakarta 12950
Telp. (021) 5261487
WA. 087883258354
Email. info@melintascakrawala.id

14 Replies to “Mengetahui Kemampuan Kognitif Anak, Melalui AJT CogTest”

  1. Maria Soraya Az Zahra says: May 14, 2019 at 11:08 pm

    Tertarik banget pengin mengikutsertakan anakku buat AJT CogTest. Prepare biaya dulu karena lumayan ini ya Mak

  2. Silvia says: May 13, 2019 at 7:09 am

    Dari kedua pilihan test, kira2 kita akan di arahkan untuk pilih yg mana yg paling bagus ga pas mau ambil? Atau pilih sendiri?

  3. April Hamsa says: May 13, 2019 at 6:35 am

    Tes2 kyk gini perlu supaya kita tahu bakat dan potensi anak, juga supaya tau cara efektif utk ngajarin anak krn jd tau tipe belajarnya seperti apa ya mbak…

  4. Visya says: May 13, 2019 at 4:18 am

    Penting ya mom mengetahui bakat anak supaya bisa dikembangkan dan berbuah karya atau prestasi. Ku baru tau jenis testimonials ini mom, selama ini taunya Sipin dan teman temannya saja hehe

  5. Utie adnu says: May 12, 2019 at 10:40 pm

    Aku punya 2 anak beda2 bnget Cara belajarnya mba,, yg penting Kita sbg ortu Tau aplg sudah Ada AJT Cog Test JD bisa mempermudah ini

  6. Kartika says: May 12, 2019 at 11:14 am

    Harga testnya mahal sekali, kepengen juga ngecek kemampuan kognetifnya haraka seperti apa…
    Ada pilihan harga yang terjangkau ga ya?

  7. Irena Faisal says: May 12, 2019 at 6:06 am

    Aku tertarik untuk test anakku pakai metode ini, semoga ada kesempatan dan rezekinya 🙂

  8. Fenni Bungsu says: May 12, 2019 at 4:56 am

    Tes cognitif daku pikir hanya untuk dewasa saja, ternyata anak-anak pun bisa bermanfaat ya bisa mengetahui bakatnya

  9. Okti Li says: May 12, 2019 at 4:55 am

    Kalau orang tua sejak dini sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan anak, kita bisa lebih mudah mengarahkan serta membimbing mereka ya

  10. Gioveny says: May 11, 2019 at 3:35 pm

    Wah jadi tertarik nih untuk kenal bakat anak dengan tes ini. Setelah tau hasil tesnya, kita jadi tau stimulasi yg tepat untuk perkembangannya kan ya mbak?

  11. Inka Amalia says: May 11, 2019 at 2:09 pm

    Kak punten mau nanya ini baru bisa ngetes kecerdasan anak usia 5 tahun ya, kalau dibawah itu belum bisa ya? Terus apakah harus ke kantornya atau bisa datang ke rumah?

  12. Inka Amalia says: May 11, 2019 at 2:04 pm

    Kak mau nanya dong ini test nya bisa datang rumah atau gimana? Terus hasilnya langsung diperoleh atau gimana? Aku pernah fingerprint soalnya kak terus ketahuan anakku ini kecerdasan kinestetik pantes lah gaak bisa diem bangetb

  13. Hanny Nursanty says: May 9, 2019 at 11:24 am

    Anak.kembar saja beda cara belajarnya ya, semoga AJT CogTest bisa jd solusi cara belajar yg tepat untuk si bungsu

  14. Latifika says: May 5, 2019 at 2:08 am

    Deteksi cara belajar anak dari kecil penting banget ya Ma.. Saya juga kedapatan kedua anak saya beda gaya belajarnya, salahnya saya menyamakan mereka di awal ternyata perkembangan nya beda… Untung sering baca literasi parenting seperti ini, jadi awareness muncul lebih dini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*