jeanette agatha | motherlove

Jeanette Agatha – Selalu banyak pertanyaan kapan sih mulai mengajarkan sikat gigi pada anak? Kalau saya pribadi selalu mengajarkan sejak bayi. Saat baby L lahir, saya selalu membersihkan mulutnya dengan menggunakan kasa steril, yang dibersihkan gusi dan lidah. Memasuki usia 3 bulan mulai menggunakan sikat gigi silicon yang hanya satu jari itu.

Nah, saat baby L usia 6 bulan dan mulai MPASI (Makan Pendamping Air Susu Ibu), saya mulai mengganti sikat gigi silikonnya menggunakan sikat gigi yang 360” yang bisa dia pegang sendiri. Walaupun bayi belum mempunyai gigi, tapi kebersihan mulutnya harus tetap dijaga. Ini saya lakukan sejak punya anak pertama, dan kerasa memang hasilnya, gigi anak pertama dan kedua bersih, sehat, dan tidak ada yang bolong.

Saat lahir sampai usia 5 bulan tidak perlu menggunakan pasta gigi kok, mom. Hanya perlu menggunakan air hangat saja. Tapi setelah mulai MPASI, kan mulai berbagai makan makanan yang masuk ke dalam mulut. Maka membersihkan mulut bayi tidak cukup hanya menggunakan air hangat saja, Mom.

Baca Juga : Botol ASI Multifungsi

Tapi pasti ada rasa kuatir atau bingung harus menggunakan pasta gigi apa yang aman digunakan untuk bayi yang usianya dibawah 1 tahun. Saya ada rekomendasi pasta gigi yang aman digunakan untuk bayi 6 bulan, yaitu Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste.

Saya akan review singkat pasta gigi Motherlove yang dipakai oleh baby L beberapa minggu belakangan ini. Jadi buat Moms yang mau kenalan dengan produknya dan bagaimana first impression saya, baca terus sampai akhir, ya!😉

Pentingnya Mengajarkan Sikat Gigi Sejak Bayi

Mengajarkan sikat gigi sejak bayi itu sangat penting. Karena pertumbuhan gigi dimulai sejak bayi berusia 6 bulan (tiap anak berbeda-beda pertumbuhannya). Maka dari itu kita sebagai orang tua, harus mulai mengajarkan kebiasaan baik kepada anak sejak bayi, seperti mengajak dan mengajarkan sikat gigi minimal sehari dua kali.

Karena berdasarkan fakta, 8 dari 10 anak berusia 3-4 tahun di Indonesia, sudah mengalami karies gigi atau gigi berlubang. Karies gigi ini bukan hal sepele yang bisa dibiarkan, karena bisa mempengaruhi Kesehatan. Jadi karies atau lubang pada gigi ini merupakan proses terjadinya kerusakan secara bertahap pada lapisan enamel yang disebabkan oleh plak. Kalau terus dibiarkan pada anak, maka akan membuat anak rewel karena sakit gigi, susah makan, dan pertumbuhan gigi pun menjadi tidak baik.

Baca Juga : Kantong ASI Mooimom, Anti Tumpah

Maka dari itu sangat penting sekali mengajarkan menggosok gigi sejak bayi. Demi pertumbuhan gigi mereka. Selain itu juga penting banget memilih pasta gigi yang tepat dan aman untuk mendukung pertumbuhan gigi sejak bayi.

Pasta gigi yang mengandung fluoride tidak disarankan pada bayi atau anak yang belum bisa meludah. Karena kandungan fluoride yang tertelan secara berlebihan akan berdampak buruk untuk Kesehatan anak. Jadi sangat penting memilih pasta gigi yang aman dan tepat, juga efektif  untuk bayi dan anak yang belum bisa meludah.

Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste

Jeanete Agatha | motherlove

Saya menemukan pasta gigi yang aman digunakan untuk bayi dari usia 6 bulan sampai 2 tahun, yaitu Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste. Saya tertarik untuk mencoba produk ini karena adanya inovasi formula hydroxyapatite (HAP), dimana bahan ini dapat memperkuat lapisan enamel (lapisan terluar) gigi dan membantu pertumbuhan gigi secara optimal.

Karena biasanya yang ada di pasaran hanya mengandung xylitol, tapi ternyata menurut pernyataan American Pediatric Dentistry tahun 2020, bahwa penggunaan xylitol saja tidak cukup untuk memperkuat lapisan enamel dan mencegah karies. Maka dari itu Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste kandungan utamanya tidak hanya xylitol saja tapi ada hydroxyapatite juga.

Maka dari itu pasta gigi ini sangat direkomendasikan untuk bayi yang sudah mulai tumbuh gigi atau mulai masa MPASI. Karena tidak mengandung fluoride, SLS, gula  pemanis buatan, dan pewarna, serta organik juga, jadi aman jika tertelan oleh bayi atau anak yang belum bisa meludah.

Pilihan Variant

Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste mempunyai 2 pilihan varian rasa, yaitu Strawberry dan French Vanilla.

Strawberry
jeanette agatha | motherlove
Motherlove Toothpaste Strawberry

Kemasannya berwarna pink dengan gambar panda yang lucu di bagian depannya. Wanginya strawberry tapi rasanya tidak terlalu manis.

French Vanilla
jeanette agatha | motherlove
Motherlove Toothpaste French Vanilla

 

Kemasannya berwarna kuning muda, sama dengan yang strawberry ada gambar panda dibagian kemasan depan. Wanginya enak seperti es cream vanilla.

Kandungan Aktif

Pasta gigi dari Motherlove ini mempunyai 3 bahan aktif yang efektif menjaga Kesehatan gigi, yaitu :

  • Hydroxypatite (HAP), untuk memperkuat lapisan enamel gigi dan membantu pertumbuhan gigi yang optimal.
  • Xylitol, untuk melindungi gigi dari karies dan plak. Karena kandungan ini dapat menekan bakteri pada gigi.
  • Organic Aloe Vera, berfungsi secara lembut dan alami untuk menjaga Kesehatan gusi dan membantu menenangkan gusi saat gigi baru tumbuh.

Packaging

Jeanette agatha | motherlove

Saya suka dengan packaging-nya dengan flip top, karena mudah saat ingin digunakan. Untuk penyimpanan juga jadi lebih rapih.

Tekstur

jeanette agatha | motherlove

Teksturnya seperti pasta dan warnanya putih bening. Semua varian warnanya sama.

Halal & BPOM

jeanette agatha | motherlove

Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste ini sudah mempunyai sertifikat Halal dan BPOM, jadi aman untuk digunakan. BPOM : NA 18201400096.

Harga

Moms bisa membeli Motherslove Babies & Toddlers Toothpaste ini dengan harga Rp 103.000, di Blibli, Tokopedia, JDID,  Shopee ,dan Lazada, sedang ada bonus, loh!

First Impression

jeanette agatha | motherlove

Saya suka dengan kandungan dan packaging-nya. Baby L juga mukanya happy saat menggunakan pasta gigi motherlove. Saya mencoba langsung kedua varian dengan bergantian, kalau dilihat dari mimik wajah baby L, sepertinya dia lebih suka varian yang vanilla.

Baca Juga : Review Gendongan Bay Tweeling and co

Cara Menggosok Gigi Bayi

Baby L sekarang berusia 10 bulan, tapi giginya belum keluar semua, baru seujung dikit bagian bawah. Sekarang tuh lagi rewel-rewelnya, sepertinya lagi engga nyaman gusinya. Walaupun seperti itu, saya tetap menggosok gusi dan lidah baby L setiap mandi. Karena baby L kan sudah MPASI, jadi benar-benar saya bersihkan supaya tidak ada sisa makanan.

Berikut beberapa Langkah yang saya lakukan saat menggosok gigi baby L, yaitu :

  • Membersihkan dahulu sikat gigi yang akan digunakan.
  • Simpan pasta gigi diatas sikat gigi yang sudah dibersihkan.
  • Mulai gosokan gigi dan lidah bayi secara lembut dan perlahan.
  • Berikan air putih untuk membersihkan mulut. Karena belum bisa meludah pasti air akan ditelan oleh bayi.

Nah, itu dia review singkat saya tentang Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste. Semoga bisa membantu Mommy yang sedang mencari pasta gigi yang aman untuk bayi atau anak usia dibawah 3 tahun.

Sampai bertemu di review selanjutnya, kira-kira produk apa lagi nih yang ingin dibahas? Tulis di kolom komentar, ya, mom.

Motherlove

Instagram : @motherlove_id

Website : www.motherlove.id

2 Replies to “Mengajarkan Sikat Gigi Sejak Bayi dengan Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste”

  1. Farida Pane says: November 27, 2021 at 5:57 am

    Wah, bisa dipakai mulai usia 6 bulan, ya? Bisa dicoba, nih. Karena selama ini ya Khawatirnya tertelan

  2. Dessy Achieriny says: November 26, 2021 at 7:10 pm

    Kalau pasta gigi khusus baby gini insha Allah jadi aman ya mbak ingredient-nya so gak worry. Anakku waktu kecil suka yang varian strawberry.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*