Search

Lineatioan Blue Shower Gel – Mengatasi Bau Badan. Pasti pernah ya mengalami rasa kuatir dan insecure akan bau badan. Padahal setiap hari sudah memakai parfum dan deodoran, tapi terkadang bau badan itu suka muncul dan tercium. Saat tericum ileh diri sendiri pasti akan merasa insecure dan kuatir juga akan membuat orang tidak nyaman.

Taukah Anda bahwa bau badan itu muncul bukan karena keringat yang keluar dari badan kita saat beraktivitas. Sebenarnya keringat yang dikeluarkan oleh tubuh itu tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap. Bahkan ada orang yang walaupun tidak berkeringat dan diam di dalam ruangan ber-AC pun akan mengeluarkan bau tak sedap dari  badannya. Jadi penyebab badan bau itu bukanlah karena keringat, tapi bakteri yang ada di tubuh.

Bau badan dan bau kaki terjadi disebabkan pada saat bakteri yang ada dalam tubuh bertemu dengan keringat menjadi asam. Biasanya bakteri yang dapat menyebabkan badan bau adalah anaerobik. Terjadinya bau badan karena adanya pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit. Karena bakteri anaerobik berkembang biak melalui keringat sebagai medianya.

Faktor Penyebab Bau Badan

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya bau badan selain bakteri anaerobik, yaitu :

Infeksi

Jika kulit terjadi infeksi bisa juga menyebabkan bau badan. Karena kulit yang terinfeksi dapat menghasilkan keringat berurea. Jadi kalau Anda tidak mau mengalami bau badan, sebaiknya jika terinfeksi harus segera diatasi agar bakteri mikroorganisme tidak semakin berkembang.

Gangguan Metabolisme

Penyebab lain badan bau adalah adanya gangguan metabolisme pada tubuh. Dimana kondisi ini tubuh mengalami kehilangan kemampuan untuk memecah hormon trimetilamina yang ditemukan dalam makanan tertentu. Hormon yang tidak terpecah ini dapat dikeluarkan melalui keringat, urin, dan napas.

Bau badan yang disebabkan karena gangguan metabolisme ini tidak dapat diatasi hanya menggunakan deodoran dan parfum saja, tapi harus menggunakan sabun asam untuk membantu menghilangkan bau badannya, dan mengonsumsi antibiotik.

Berat Badan Berlebih

Biasanya orang yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas cenderung memiliki bau badan. Ini terjadi disebabkan orang yang gemuk memiliki banyak pori-pori yang tersembunyi dalam lipatan tubuhnya. Sehingga bau badan muncul karena area lipatan tubuhnya hangat, gelap, dan beruap.

Penyakit

Ternyata bau badan bisa terjadi merupakan suatu pertanda adanya penyakit tertentu, seperti gagal ginjal, liver, diabetes, dan kadal gula darah rendah. Jika seseorang mengalami diabetes tingkat tinggi sulit untuk mengontrol gula dalam darah. Maka untuk mengganti glukosa, tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Pada saat proses inilah akan menghasilkan senyawa bersifat asam dalam jumlah yang cukup banyak.

Makanan yang Dimakan

Makanan dan minuman yang Anda makan bisa menjadi faktor penyebabnya bau badan. Nutrisi yang terkandung dalam makanan memang bagus untuk kesehatan. Tapi, ada beberapa makanan tertentu yang mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan bau badan.

Makanan yang mengandung zat alisin yang cukup populer yang dapat menyebabkan bau badan, seperti bawang putih, bawang merah, dan kari. Makanan lainnya seperti kubis (kol), brokoli, dan sayuran lainnya yang termasuk dalam keluarga cruciferous, itu juga penyebab munculnya bau badan. Karena adanya kandungan sulfida dan sulfur yang terdapat di dalamnya.

Cara Mengatasi Bau Badan

Kalau Anda sudah tau penyebab terjadinya bau badan, ini ada beberapa cara mengatasinya, yaitu :

Perhatikan Asupan Makanan

Hindari makanan yang minuman yang dapat memicu timbulnya bau badan. Saya sudah tulisakan beberapa makanan yang dapat meyebabkan bau badan. Sedangkan minuman yang dapat memicu adalah minuman yang mengandung kafein dan berakohol.

Gunakan Pakainan yang Nyaman

Lebih baik menggunakan pakaian yang bahannya nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik, seperti bahan katun. Jika ingin berolahraga lebih baik menggunakan pakaian denga bahan sintetis sudah mudah menyerap keringat.

Setelah beraktivitas dan berolahraga jangan lupa untuk mengeringkan tubuh saat berkeringat dan mandi. Lalu jangan lupa juga untuk mengganti kaus kaki untuk menghindari bau kaki.

Mandi Secara Teratur

Cara mengatasi bau badan yang paling efektif adalah mandi secara teratur minimal sehari sekali. Dengan mandi kulit Anda juga bisa terbebas dari kuman, bakteri, dan debu yang dapat menimbulkan bau badan.

Saat mandi selalu pastikan membersihkan bagian tubuh yang sering berkeringat dengan bersih, seperti selangkangan, ketiak, leher,  dan wajah.

Keringkan Badan Dengan Benar

Jika berkeringat dianjurkan untuk selalu mengeringkan daerah tersebut. Supaya bagian yang berkeringat kering dan bersih, sehingga bakteri yang menyebabkan bau badan tidak dapat berkembang.

Gunakan Deodoran atau Antiperspiran

Cara lain mengatasi bau badan adalah menggunakan deodoran. Karena wanginya deodoran akan menghalangi bau badan yang muncul. Jika Anda ingin mengurangi keringat berlebih yang keluar dari tubuh, bisa menggunakan antiperspiran.

Menggunakan Sabun yang Tepat

Untuk membasmi bakteri yang menyebabkan bau badan dan bau kaki, disarankan untuk menggunakan sabun mandi yang tepat. Lebih baik menggunakan sabun mandi yang mengandung pelembap dan tidak ada kandungan pewangi.

Lineation Blue Shower Gel

Saya ingin merekomendasikan sabun yang dapat mengatasi bau badan dan bau kaki yang sedang Anda alami. Beberapa minggu ini saya lagi menggunakan Lineation Blue Shower Gel yang saya beli melalui Shopee.

Saya suka banget sama waginya yang bikin relax dan fresh. Terus juga melembapkan kulit saya yang kering. Lineation blue shower gel ini mempunyai kombinasi Peppermint Essential Oil dan Fresh Odor. Makanya dari itu dapat membantu membersihkan dan melindungi tubuh dari bakteri dan kuman yang menyebabkan bau badan.

Kalau Anda mempunyai permasalahan bau badan, saya rekomendasiin Lineation Blue Shower Gel ini. Anda dapat memberlinya di Shopee atau Tokopedia.

Terima kasih sudah mampir di Blog ini, semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan. Sampai bertemu lagi ditulisan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This field is required.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*This field is required.