Hallo, apa kabar?

Di Blog Post kali ini, Saya ingin membicarakan tentang properti atau rumah. Simak terus, ya 😊.

Bisnis jual beli rumah merupakan salah satu bisnis yang paling banyak dilirik, namun belum banyak yang berani untuk terjun ke dalamnya di Indonesia.

Alasannya berbagai macam, dari yang paling dasar yaitu takut rugi sampai objek “rumah” yang dirasa terlalu besar untuk diperjualbelikan. Padahal ini merupakan bisnis yang dapat dilakukan semua kalangan. Dari ibu rumah tangga hingga mahasiswa.

Meski tanpa latar belakang yang mendukung, Anda tetap bisa ikut terjun dalam bisnis ini jika punya keinginan untuk belajar mengerti pasar. Bicara soal pasar, Bandung yang masuk dalam daftar lima kota terbesar di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengembang properti.

Tidak heran, memang jual beli rumah Bandung dari waktu ke waktu selalu berkembang. Jika Anda adalah pemula di bidang ini, mungkin jual beli rumah Bandung adalah jalan yang paling aman untuk di pilih.

Prospek Jual Beli Rumah Bandung

Source : Google.com

Permintaan hunian di Bandung terus meningkat meski lahan yang ada tetap terbatas. Ini membuat harga jual rumah Bandung terus meningkat juga seiring waktu. Sebab, pasokan lebih sedikit dibandingkan permintaan.

Di Bandung ini, pertumbuhan populasi dengan pertumbuhan properti tidak sebanding sehingga backlog rumah akan selalu ada. Ditambah lagi, Bandung sebagai kota besar menjadi target urbanisasi. Ini akan menjadi penggerak kenaikan pembelian maupun penyewaan rumah.

Kawasan Bandung Utara, Tengah, Timur dan Barat memang lebih dulu dikembangkan lantaran didukung oleh infrastruktur seperti jalan, terminal, dan stasiun kereta api. Namun, pembangunan yang sudah mulai padat di wilayah tersebut membuat pengembang bergeser ke Selatan.

Pengembangan kawasan Bandung Selatan memang belum sebanyak di daerah Bandung lainnya. Namun, setelah pengembang besar seperti PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) dan PT PP Properti Tbk (PPRO) masuk ke wilayah Bandung, harga tanah pun naik signifikan.

Memang kedua perusahaan tersebut mengembangkan properti di Bandung Timur. Namun, lokasinya mendekati wilayah Selatan. Sementara di wilayah Selatan, masih banyak tanah kosong.

Daya tarik kawasan Selatan adalah tempat wisata alamnya. Di sana, ada objek wisata Kawah Putih Ciwidey, Rancabali, dan Rancaupas. Ketiga tempat wisata tersebut sedang digandrungi para wisatawan, baik yang datang dari Bandung maupun luar Bandung.

Magnet kawasan Bandung Selatan bertambah setelah peresmian jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja). Pembukaan tol ini menambah alternatif jalan dari Bandung ke arah Ciwidey atau dari Jakarta langsung ke Ciwidey tanpa melewati Bandung.

Meski belum, Tol Soroja yang baru diresmikan nantinya akan memberi dampak signifikan pada harga tanah kawasan sekitarnya. Lihat saja bagaimana dampak pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung terhadap kenaikan harga tanah di wilayah yang dilalui.

Wilayah Walini yang menjadi titik kereta api cepat mengalami kenaikan harga tanah yang signifikan, yakni dari Rp 50.000 per m2 menjadi Rp 500.000 per m2.

Potensi lonjakan permintaan tanah di Bandung Selatan juga tak lepas dari pembangunan infrastruktur oleh pemerintah. Ditambah dengan perbaikan tempat wisata yang sudah ada dan pengembangan tempat wisata baru.

Pengembangan tempat wisata maupun industri memberi kontribusi besar pada ekonomi daerah sehingga akhirnya berimbas pada kenaikan potensi bisnis jual beli rumah Bandung.

Di sisi lain, permintaan properti baik untuk tempat tinggal maupun investasi juga tinggi. Harga properti kisaran harga Rp 500 juta-Rp 700 juta per unit di kawasan Bandung Selatan banyak diminati oleh kalangan menengah.

Minat yang tinggi juga ditujukan untuk rumah dengan harga di kisaran Rp 300 juta-Rp 400 juta. Untuk kawasan Selatan yang agak jauh dari kota seperti Bojongsoang masih banyak rumah di bawah 500 juta.

Daerah itu merupakan daerah industri dan banyak peminat kalangan menengah bawah datang dari sana. Ketika developer besar biasa memenuhi permintaan kelah menengah ke atas, bisnis jual beli rumah Bandung anda dapat menfasilitasi kelangan ini.

Strategi Jual Beli Rumah Bandung Cepat Laku

Source : Kompas.com

Meski Anda dapat memanfaatkan situs properti seperti jual beli rumah Bandung, untuk terjun dan sukses di dalam bisnis ini, ada beberapa poin penting yang harus diingat.

Salah satunya adalah dengan memperluas jaringan, terutama berpartner dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama. Anda dapat memperluas jaringan dengan bergabung ke dalam berbagai macam komunitas properti, seperti komunitas developer, komunitas broker, serta komunitas agen properti.

Komunitas-komunitas tersebut juga bisa dijadikan sebagai lahan promosi untuk setiap produk properti yang akan dipasarkan. Dengan bergabung dengan grup semacam itu, Anda akan memiliki database yang luas, kontak dan alat-alat yang efektif untuk mencari pembeli terbaik dan mempercepat proses jual beli rumah Bandung anda.

Selanjutnya, Anda harus selalu menampilkan kondisi properti yang baik. Kesan pertama selalu penting, sehingga pastikan Anda memberikan hal-hal positif dalam benak calon pembeli.

Hal-hal sederhana, seperti tidak membiarkan properti kotor karena sampah, mengecat pintu gerbang, dan memotong rumput dapat membuat perbedaan besar dalam meninggalkan kesan yang baik pada setiap calon pembeli.

Untuk mengaktifkan potensi pembeli, Anda harus menyingkirkan semua barang yang tidak perlu. Menurunkan foto-foto keluarga dari dinding, rak, dan meja. Barang-barang pribadi dapat mengurangi minat calon pembeli terhadap properti yang Anda jual.

Harga yang terjangkau dan realistis adalah kunci menjual rumah dengan cepat. Fakta membuktikan bahwa sebuah rumah dengan harga terlalu mahal dapat mencegah potensi pembeli untuk melakukan pembelian.

Sementara itu, harga yang terlalu rendah dapat memunculkan keraguan di benak pembeli tentang kualitas dan keabsahan rumah yang anda jual tersebut.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menentukan harga rumah adalah dengan mengecek harga rumah di sekitar lokasi. Anda bisa melakukannya lewat 99.co Indonsia karena di sana Anda akan temukan ribuan iklan aktif jual beli rumah Bandung.

Itu dia serba serbi jual beli rumah Bandung yang harus anda ketahui sebelum benar-benar terjun ke dalamnya. Semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat beraktivitas dan sukses selalu, ya!

24 Replies to “Jual Beli Rumah Bandung”

  1. Novitania says: June 21, 2019 at 8:02 am

    wahhh harga rumah makin melambung ya mba. kalo aku sih sebagai orang bekasi yang jatuh cinta sama bandung dan selalu menjadkan bandung sbagai destinasi wisata sempet kepikiran lho beli rumah di bandung hehehe. alhamdulillah udah baca postingan iini

  2. cifer says: June 19, 2019 at 6:45 pm

    ah jadi pengen beli rumah di kota bandung, kya nya worthit ya.. apalagi deket2 kampus, kan bisa dijadikan kontrakan atau kosan mahasiswa ^^ lumayan untuk investasi kan, hihi..

  3. lendyagasshi says: June 19, 2019 at 4:00 pm

    Impianku kalau mau punya rumah di Bandung…emm, daerah Dago atas kali yaa…
    Tapi aku agak terkendala sama jalan yang naik-turun.
    Hahhaa..
    Kayanya, uda paling bener aku di daerah Bandung Timur.
    Memang kalau ngomongin harga properti ini, mashaAllah…

    Semoga ada rejeki yang terbaik untuk keluarga.

  4. Uniek Kaswarganti says: June 19, 2019 at 8:56 am

    Bisa belajar banyak nih dari situs 99 ini agar ilmu tentang jual beli rumah makin terasah. Gampang-gampang susah kan ya saat kita hendak melakukan transaksi jual beli rumah kalau enggak tau ilmunya.

  5. Desri says: June 19, 2019 at 8:40 am

    Nah aku rau 99.co ini pas nyari sewa rumah harian di Bandung mba. Jadi emang kesana buat anter ponakan lomba perwakilan dari sekolahnya. Yang berangkat sampe 2 mobil, kalo pake hotel gak cukup budgetnya jadi kita sewa rumah disana yg deket2 kampus.

  6. Duniaqtoy says: June 19, 2019 at 8:40 am

    Bandung termasuk tempat impian apalagi banyak kuliner dan wisata. Makanya harga rumah sekarang cepet meroket ya.

  7. Nia K. Haryanto says: June 19, 2019 at 8:09 am

    Iya nih, Bandung Selatan, terlebih Kabupaten Bandung masih kosong, dan harga rumah lebih murah. Mana alamnya masih seger pula. Jangan takut di perjalanan, akan ada Soroja, jadi bisa cepet kalo pun kerja di kota 🙂

  8. Ida says: June 19, 2019 at 7:04 am

    Bandung memang tpt enakeun buat tinggal suasananya hommy banget. Harga rumah di Bandung memang termasuk yg sdh tinggi ya kecuali di pinggiran2nya..

  9. Tuty Queen says: June 19, 2019 at 5:44 am

    Aku beberapa kali ke Bandung betah banget sampe bilang ke suami pengen punya rumah di Bandung, harga pastinya terus melonjak ya mbak mengingat banyak peminat dan banyak pengunjung.

  10. Hidayah Sulistyowati says: June 18, 2019 at 11:38 pm

    Harga yang terlalu rendah juga bikin calon pembeli malah penasaran ya, curiga jangan-jangan ada yang disembunyikan dari rumah tersebut ya

  11. Rohyati Sofjan says: June 18, 2019 at 10:04 pm

    Ibu saya sudah jual 3 rumah di bandung kala saya masih kecil dan SMP. Alasannya gak cerdas kelola keuangan keluarga jadi bangkrut gitu. Rumah terakhir yang dijual di luar kompleks Antapani sekarang pasti mencapai ratusan juta da luas dan baik banguannnya. Dulu dijual cuma 17 juta pada tahun 1994.
    Keponakan saya barusan beli rumah bekas di dekat Riung Bandung, harga 600 juta di kompleks perumahan kelas menengah. Harga properti memang mengalami kenaikan yang signifikan di Bandung. Berkaitan dengan lokasi, transportasi, akses, bentuk, keamanan, bebas banjir, dan hal lainnya.
    Ternyata bisnis properti butuh ilmu dan jaringan.

  12. Monica Anggen says: June 18, 2019 at 9:34 pm

    Pernah punya impian dulu pengen punya rumah di Bandung karena kotanya yang masih asri dan sejuk, namun belum kesampaian. Mudahan nanti ada rejeki maka impian ini bisa terwujud. Ngomong-ngomong, bisa ya ternyata jual beli rumah lewat situs 99co.

  13. Bibi Titi Teliti says: June 18, 2019 at 9:24 pm

    Egy, emang harga tanah dan rumah mah menanjak terus gila2an yah, harus nabung terus nih kita hehehe. Asyik juga kalo melipir ke 99.co bisa ngintip info seputar property yah.

  14. Elly Nurul says: June 18, 2019 at 9:03 pm

    Punya rumah dibandung salah satu impian aku.. karena bandung itu romantis hehe selain itu sekarang juga sudah semakin banyak tempat wisata disana.. apalagi kulinernya duh.. bikin kangen.. bismillah semoga bisa punya rumah dibandung.. langsung ceki ceki ini website 99.co siapa tahu ada yang cocok

  15. Donna Imelda says: June 18, 2019 at 8:02 pm

    Kebetulan banget, aku juga akhir-akhir ini lagi melirik bisnis properti jual beli rumah. Emang sih di Jakarta, tapi beberapa hal tetap related dengan jual beli rumah di Bandung, jadi nambah pengetahuan deh dari tulisan ini. Thanks ya

  16. Rosanna Simanjuntak says: June 18, 2019 at 7:10 pm

    Pas sampai di bagian ini:

    “… Hal-hal sederhana, seperti tidak membiarkan properti kotor karena sampah, mengecat pintu gerbang, dan memotong rumput dapat membuat perbedaan besar dalam meninggalkan kesan yang baik pada setiap calon pembeli!”

    Ini, benar banget!

    Rumah bersih dan indah saat dijual signifikan banget harganya dengan yang rumah kotor, kusam dan kelihatan tidak terawat.

  17. Mechta says: June 18, 2019 at 5:38 pm

    Wih mantab nih strategi jual beli rumahnya..tentu bisa diterapkan juga di luar Bandung, bukan?

  18. Farida Pane says: June 18, 2019 at 5:20 pm

    Betul juga nih tips2nya.
    Btw, 101 maksudnya itu apa ya?

  19. Keke Naima says: June 18, 2019 at 3:30 pm

    Kenaikannya signifikan banget yang daerah Wallini. Bandung memang terus berkembang. Makanya sekarang semakin ramai

  20. Ratri Anugrah says: June 18, 2019 at 1:06 pm

    Wih, Bandung makin rame. Tapi jual-beli properti memang enak dilakukan online sih. Aku masih inget dulu nyari rumah muter-muter, belum ada online market place begini, aduh keluar tenaga banyak. Akhirnya milih yang seadanya aja.

  21. Lidya says: June 18, 2019 at 12:28 pm

    Properti di Bandung punya prespek yang besar ya, apalagi banyak yang datang di akhir pekan. Tertarik juga sih punya rumah di sana apalagi kalau anak-anak minta kuliahnya di sana

  22. Rach Alida says: June 18, 2019 at 11:16 am

    Bandung tuh masuk wilayah yang prospek rumahnya tinggi untuk dijual karena tempat itu salah satu tempat tujuan. Banyak juga yang tinggal di Jakarta tapi punya rumah kedua di Bandung 🙂

  23. Yati Rachmat says: June 18, 2019 at 10:07 am

    Bisnis property di mana pun perlu kegigihan ya.

  24. Tetty Hermawati says: June 17, 2019 at 8:45 pm

    rumah mertuaku deket kampus UPI, wah beneran sewa menyewa kost kostan jd primadona, naik terus harganya, pnya properti mah ga akan rugi ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*