Indonesia merupakan negara berkembang, tentu kita bahkan pemerintah ingin Indonesia menjadi maju. Saya pun ingin menjadi bagian dari warga negara yang maju. Bagaimana caranya? Tentu saja harus dimulai dari diri kita sendiri dan dukungan dari pemerintah juga.

Saat ini, 23 November 2018 saya bersama dengan teman-teman dari Blogger Bandung, mahasiswa designer, dan komunitas yang lain sedang berada di acara Flash Blogging. Acara ini persembahan dari Kominfo, dengan tema “4 Tahun Indonesia Kreatif”, yang bertempat di Hotel Aryaduta Bandung. Apa sih Indonesia Kreatif itu? Lalu apa bagian kita di dalamnya?

Indonesia Kreatif

Menurut Wikipedia, Indonesia Kreatif merupakan suatu program flagship yang dibuat oleh pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Begitu juga menurut Ibu Siti Niningsih selaku Direktur pengelolaan media Kementrian Komunikasi dan Informatika Indonesia. Menyatakan bahwa beberapa tahun belakangan ini, Indonesia telah menggulirkan program baru  yaitu ICON (Inovatif dan Creative) melalui  kolaborasi Nusantara sebagai bagian pemberdayaan ekonomi kreatif. Kontribusi ekonomi kreatif pada bidang ekonomi nasional sangat nyata.

Potensi ekonomi yang meningkat secara pesat, tentu harus dimanfaatkan oleh para pelaku ekonomi digital, agar ke depannya Indonesia akan menjadi tuan di negeri sendiri. Namun,upaya untuk menggerakan sektor ekonomi kreatif tentu memerlukan kebersamaan dan sinergi dari semua pihak. Penggunaan media sosial harusnya bisa digunakan lebih kreatif dan positif.

Beberapa Macam Anak Muda Kreatif

indonesia kreatif
Bapak Andoko Darta

Menurut Bapak Andoko Darta selaku Tenaga Ahli Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, memberitahukan bahwa ada 12 macam anak muda kreatif, 6 diantaranya, yaitu :

Kreator

Isinya adalah anak-anak muda yang menciptakan sesuatu ide yang kreatif. Seperti seorang content creator, Blogger, Influencer, Penulis buku, design, videographer, photographer, musisi, dan masih banyak lagi. Orang-orang ini yang dapat memajukan Indonesia Kreatif melalui setiap karya yang dibuatnya. Karena mereka yang memberi informasi melalui media sosial atau website.

Pahlawan

Anak-anak muda yang berprestasi seperti atlet dan team SAR. Apa lagi saat ASIAN Games kemarin, Indonesia mencetak prestasi yang sangat menakjubkan dalam sejarah. Selain itu, pada saat Para Games kemarin Indonesia juga mencetak sejarah yang sangat menakjubkan. Banyak kaum difable mempunyai prestasi yang membuat inspirasi untuk orang banyak.

Orang Biasa

Orang-orang pekerja yang bisa melakukan hal yang luar biasa. Ada juga seperti Fans yang bisa berhasil dan memberi pengaruh untuk kemajuan ekonomi kreatif.

Cendikiawan

Merupakan orang-orang yang selalu berprestrasi dalam pendidikan dan selalu haus dalam ilmu. Untuk orang-orang ini pun dapat membangun ekonomi kreatif dalam pendidikan. Karena beasiswa di Indonesia semakin meningkat, beasiswa dalam negeri maupun luar negeri.

Peduli

Orang-orang muda yang peduli akan kemajuan suatu kota atau negara.

Eksplorer

Pecinta alam dan orang-orang yang suka jalan-jalan di setiap kota atau pulau yang ada di Indonesia. Dalam hal ini pun pemerintah sudah memperbaiki bandara di setiap kota yang ada di Indonesia. Karena menurut Presiden Indonesia, bandara merupakan pintu untuk para pendatang dari berbagai kota dan negara.

Bagaimana dengan kalian? Apa yang akan Anda lakukan untuk ikut untuk membangun Indonesia Kreatif dan membuat Indonesia menjadi maju. Kalau saya akan tetap menjalankan bagianku menjadi blogger yang memberi informasi yang tepat dan membangun untuk Indonesia. Tentu saja tidak menyebarkan informasi yang jelas dan tidak HOAX.

3 Replies to “Indonesia Kreatif yang Memajukan Ekonomi Kreatif”

  1. Asti says: November 24, 2018 at 7:50 pm

    Saya jadi orang biasa aja apa ya? Hihihi.. Yang penting tetep cinta Indonesiaaa 😍😍😍

  2. Dedeh Sri Ulfah says: November 24, 2018 at 2:09 pm

    Berarti kita bisa masuk kategori kreator yaa jika produktif … Semoga.

  3. Sunarti kacaribu says: November 23, 2018 at 7:36 pm

    bagus nih acaranya, kalau saya juga akan mengambil porsi saya, mbak, sebagai blogger yang menulis dengan baik, no hoax

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*