Hallo, apa kabar?

Apakah anak mom yang sudah sekolah masih melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)? Kendala apa sih yang mom alami selama mendampingi anak menjalani PJJ?

Kalau saya pribadi, sejak awal menjalani PJJ ini cukup melatih kesabaran saya selama mendampingi anak. Apa lagi saya menghadapi masa transisi dari Taman Kanak-kanak (TK) ke Sekolah Dasar (SD). Dimana cara belajar yang sangat berbeda saat masih di TK. Untungnya anak saya sudah bisa membaca, jadi hanya perlu melatih dan mengajari untuk memahami sebuah kalimat yang dibaca.

Jujur ini merupakan tantangan terbesar saya juga saat mendampingi anak sekolah online. Karena suasana rumah yang sangat berbeda jauh dengan sekolah. Sehingga membuat anak ini juga kesulitan untuk konsentrasi saat belajar online, huhuhu. Padahal saya sudah menempatkan anak belajar online di studio mini yang ada di rumah. Bertujuan agar dia bisa konsentrasi saat mendengarkan guru mengajar. Tapi sayangnya dia tetap mengalami kesulitan untuk konsentrasi. (kalau saya emosi dan marah juga tidak akan membuat dia konsentrasi, pengen rasanya teriak dan nangis 😭)

Mengenal Metode Belajar Pada Anak

indomilk susu bubuk untuk usia berapa
Pic. Gettyimage.com

Setiap anak memiliki cara atau metode yang berbeda untuk belajar. Ada yang bisa konsentrasi dan mudah menangkap pelajaran dengan cara materi yang dibagikan dijadikan musik. Ada juga dengan alat peraga seperti gambar, warna, dan bentuk yang menarik. Pada dasarnya, ada tiga hal metode belajar pada anak, yaitu :

1. Visual

Anak yang belajar dengan metode visual ini sangat membutuhkan alat peraga. Seperti gambar yang menarik, video, infografis, tabel, dan masih banyak lagi. Anak akan lebih cepat belajar dan memperhatikan materi yang dibagikan. Jika tidak ada gambar atau video, maka akan kesulitan untuk konsentrasi.

Maka jika guru tidak memberikan gambar atau video saat mengajar. Maka tugas kita sebagai orang tua adalah mencari gambar atau video yang sesuai dengan materi pembelajaran. Atau membantu anak untuk menandai buku dengan stabilo warna warni, supaya lebih mudah untuk mengerti materi dari buku.

Intinya anak yang belajar dengan metode visual ini menggunakan indera penglihatan (mata).

2. Audio

Metode belajar ini membutuhkan suara yang jelas dan alunan musik untuk lebih mudah mengingat. Karena anak yang belajar dengan metode ini akan mengingat apa yang dia dengar, bukan apa yang dilihat dan rasakan.

Untuk melatihnya, orang tua bisa membacakan materi pembelajaran dengan suara keras. Lalu meminta anak untuk menceritakan ulang apa yang sudah didengar. Karena anak dengan metode ini lebih menggunakan indera pendengaran.

3. Kinestik

Yang terakhir, anak yang belajar dengan metode kinestik ini lebih menggunakan motorik untuk bisa memahami pembelajaran. Contohnya anak harus bergerak atau praktek, bermain drama, atau minimal menggerakan kaki atau tangan saat mendengarkan guru.

Sebagai orang tua bisa membantu anak yang memiliki metode belajar kinestik dengan membaca materi sambil menggerakan jari mengikuti teks yang dibaca. Atau bisa memberi anak waktu sebentar untuk berlari-lari, melompat, atau berjalan sebelum melakukan pembelajaran. Yang bertujuan supaya anak bisa konsentrasi.

Nah, itu dia tiga metode pembelajaran anak yang saya ketahui. Kalau anak mom mempunyai metode belajar yang seperti apa? Kalau anak saya yang pertama memiliki metode belajar kombinasi, antara audio dan visual. Maka dia akan lebih sangat mudah mengingat jika belajar dengan materi video. Karena ada gambar yang menarik dan suara yang jelas dari video tersebut. Maka kalau dia sudah menonton akan konsentrasi penuh, bahkan saat dipanggil pun akan tidak mendengar, hihihi.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kemampuan Kognitif Pada Anak

Indomilk Susu Bubuk

susu bubuk untuk anak
Variant Coklat

Saya juga ingin sharing nih mom. Seminggu ini saya sedang mencoba memberikan susu bubuk untuk anak. Karena biasanya mereka minum susu UHT, tapi jadi lebih boros mom, huhuhu. Kemasan susu UHT yang 1 liter itu hanya sehari, boros banget kan? Apa lagi selama pandemi seperti ini, saya sebagai ibu rumah tangga harus bisa mengatur keuangan lebih baik lagi.

Untuk pertama kalinya saya mencoba memberikan susu bubuk untuk anak, yaitu Indomilk Susu Bubuk. Saya memilih variant coklat, karena anak-anak saya lebih suka dibandingkan rasa vanilla. Saat pertama kali minum mereka langsung suka banget, karena manisnya pas dan mereka bisa minum dengan kondisi hangat.

Kandungan Indomilk Susu Bubuk

Susu Bubuk Indomilk ini mengandung Optinutri, dimana terdiri dari :

  • Omega 3

  • Sumber Protein

  • Tinggi Kalsium

Baca Juga : Gizi Seimbang Untuk Si kecil

Manfaat Susu Bubuk

Dari kandungan diatas, saya bisa menjelaskan sedikit manfaat susu bubuk Indomilk ini, yaitu :

⨠ Membantu anak tumbuh TINGGI secara fisik

Kalsium yang terkandung pada susu bubuk Indomilk ini cukup tinggi. Susu yang memiliki tinggi Kalsium sangat berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Sehingga membantu anak untuk bertumbuh tinggi secara fisik.

⨠ TANGGUH Menghadapi tantangan

Kandungan protein di dalam Indomilk susu bubuk sangat membantu untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Sehingga anak dapat tangguh menghadapi setiap tantangan yang harus dihadapi. Selain Protein, adapun vitamin yang terkandung, yaitu Vitamin A, C, E, B1, B2, serat pangan, zink, lodium, dan fosfor.

⨠ Membantu anak untuk TANGGAP saat belajar

Karena susu bubuk ini mengandung Omega 3 yang berasal dari minyak ikan di laut. Sehingga sangat bagus untuk kesehatan jantung dan perkembangan fisik sehingga anak selalu tanggap menyerap dan menerima pelajaran di sekolah.

Saya pribadi suka sekali melihat kandungan Optinuri pada susu ini. Karena memberikan manfaat supaya Tinggi, Tangguh, Tanggap dalam masa pertumbuhannya.

Variant Susu Bubuk Indomilk

tinggi, tangguh, tanggap
Pic. website Indomilk

Susu bubuk Indomilk ini memiliki 3 variant rasa, yaitu :

• Coklat (Kemasan Coklat)

Kemasan sachet (37 gram), dan dus ( 400 gram dan 800 gram)

• Plain Full Cream (Kemasan Biru)

Kemasan sachet (37 gram), dan dus ( 400 gram dan 800 gram)

• Plain Full Cream Instant (Kemasan Hijau)

Dus ( 400 gram dan 800 gram)

Indomilk Susu Bubuk Untuk Usia Berapa?

Pasti ada mom yang bertanya, Indomilk susu bubuk untuk usia berapa? Saya akan coba jawab, sebenarnya anak boleh minum susu bubuk ini sejak usia 5 sampai 12 tahun keatas. Tapi saya pribadi baru memberikan pada anak saya usia anak pertam 7 tahun dan anak kedua 5 tahun. Soalnya sebelumnya saya minum susu UHT yang malah bikin boros, jadi mencoba beralih ke susu bubuk. Selain itu kandungan Optinutri yang ada di Indomilk susu bubuk ini sangat membantu anak-anak saya yang masih dalam masa pertumbuhan.

Baca Juga : Tempat Bermain dan Belajar Untuk Mengetahui Kemampuan Anak

Kesan Pertama Saat Anak Minum Indomilk Susu Bubuk

manfaat susu bubuk
Tanggap Saat Belajar Online

Pertama kali anak-anak saya minum susu bubuk Indomilk ini bilang langsung suka. Saat saya cobain juga memang rasanya enak, tidak terlalu manis dan coklatnya kerasa banget. Selain itu, mereka senang karena bisa minum susu dalam keadaan hangat. Saya membuatkan susu ini setiap pagi untuk sarapan sebelum memulai sekolah online, dan malam hari sebelum tidur.

Bukan peres (berlebihan) setelah beberapa hari minum susu ini, saya merasakan perubahan pada anak saat belajar online. Anak saya bisa lebih konsentrasi saat memulai PJJ online, mungkin karena perutnya sudah terisi penuh dan hangat juga. Biasanya sarapan dan minum susu yang dingin.

Saya akan berlanjut mengkonsumsi Indomilk susu bubuk ini sampai anak saya bosan, hihihi. Karena anak saya masih dalam masa pertumbuhan, maka mereka memerlukan Optinutri yang mengandung Omega 3, Sumber Protein, dan Tinggi Kalsium. Sehingga anak bisa Tinggi, Tangguh, Tanggap dalam masa pertumbuhan mereka.

Kalau mom, punya cerita apa selama mendampingi anak belajar online. Atau mungkin pernah mencoba susu bubuk Indomilk ini. Sharing di kolom komentar, yuk!🥰

26 Replies to “Indomilk Susu Bubuk Penuhi Nutrisi Anak Selama Masa Pertumbuhan”

  1. Naqiyyah Syam says: October 2, 2020 at 7:13 am

    Awal PJJ, seru banget sampai bikin stres tapi semakin lama semakin bisa mengimbangi ritme belajar anak dan tentunya menyiapkan nutrisi untuk mereka

    1. Jeanette Agatha says: October 2, 2020 at 5:12 pm

      iyaa bener banget ka 🙂

  2. Arda Sitepu says: September 29, 2020 at 10:57 pm

    Kalau anak-anak saya paling senang dengan belajar metode kinestik mbak. Apalagi kexeedasan kinestiknya cukup tinggi. Nah, kalau susu ini si kecil suka rasa coklat.

    1. Jeanette Agatha says: October 2, 2020 at 5:15 pm

      iyaa sama donk ka, anak2 ku juga suka banget sama rasa coklat 🙂
      Kalau sudah mengetahui metode belajar untuk anak jadi lebih mudah untuk mengajarinya ya ka 🙂

  3. lendyagasshi says: September 29, 2020 at 9:14 pm

    Kerasa banget…dulu awal-awal PJJ, waktu terasa lambaaann berjalan.
    Dan setiap anak-anak belajar, mamak jadi senewen sendiri.
    Tapi setelah lebih dari 3 bulan, akunya mulai stabil dan makin mengenal kelemahan dan kelebihan anak-anak serta diriku sendiri dimana… Cukup membantu ternyataa…
    Apalagi saat anak-anak kenyangs dan nutrisi terpenuhi dengan minum susu bubuk Indomilk.

    1. Jeanette Agatha says: October 2, 2020 at 5:17 pm

      iyaa bener banget teh, selama PJJ ini yang belajar bukan hanya anak aja tapi orang tua juga banyak belajar ya ka. Bukan hanya belajar tentang pelajaran tapi belajar metode yang tepat untuk mengajari anak 🙂

  4. Noorma says: September 29, 2020 at 2:49 pm

    Setiap anak memiliki tingkat kecederdasan masaing-masing, dan harus mendapatkan bimbingan yang berbeda-beda. Untuk meningkatkan nutrisinya salah satunya aku memang memberikan susu kepada kedua anakku dan alhamdulilah mereka suka, kalau si kakak senang yang rasa coklat kalau adik senang rasa vanila. Semoga anak-anak di Indonesia sehat selalu.

  5. Andy Hardiyanti says: September 29, 2020 at 12:00 pm

    Varian susu bubuk Indomilk ini banyak banget ya, udah gitu kandungan nutrisinya pun lengkap. Benar-benar membantu anak untuk tumbuh tinggi, tangguh, dan tanggap. BTW, favorit anak saya tuh yang varian Full Cream.

  6. Rach Alida says: September 29, 2020 at 10:12 am

    Anakku tuh suka minum susu Indomilk mba. Nagih dia karena rasanya juga enak banget. Trus mudah dtemui pula

  7. Ida Tahmidah says: September 29, 2020 at 8:33 am

    Susu kesukaan keluarga saya ini mba… dari dulu susunya ini tapi sekarang sudah besar2 beralih ke susu murni aja hehe…

  8. Sri Widiyastuti says: September 29, 2020 at 7:39 am

    Sama kak, anak anak saya juga suka deh minum susu indomilk susu bubuk. lebih gurih dan enak.

  9. Twitter: @iffiarahman says: September 29, 2020 at 5:43 am

    Indomilk susu bubuk memang bagus banget untuk dikonsumsi selama belajar daring karena nutrisinya membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak

  10. indah nuria says: September 28, 2020 at 10:32 pm

    anak – anak memang biasanya menikmati susu banget ya mba dan memang penting untuk nutrisi pertumbuhan mereka

  11. Yanti Ani says: September 28, 2020 at 9:13 pm

    Sama mbak, anakku juga minum indomilk susu bubuk tapi yang plain instant, cocok buat dia dan gak bikin alergi

  12. Ria Nugros says: September 28, 2020 at 8:50 pm

    kayaknya anak saya termasuk kinestetik, setiap belajar video call sama gurunya pasti sambil gerak-gerak dengerinnya hehehe eh susunya sama anak saya juga suka Indomilk rasa coklat

  13. Mechta says: September 28, 2020 at 3:55 pm

    Masing2 anak memang unik ya..guru dan orangtua harus bisa menyesuaikan metode pembelajaran dg tipe anak agar KBM bisa sukses. Terima kasih sharingnya mba..

  14. winda - dajourneys.com says: September 28, 2020 at 9:59 am

    saya malah baru tahu ada versi bubuknya, selama ini tahunya yang literan sama siap minum hahahaa

  15. Jiah Al Jafara says: September 28, 2020 at 8:33 am

    Iya sih, itu anak gak konsentrasi kalau kita marah-marah. Ponakanku gitu juga. Kadang tuh dia beli susu. Apa nanti kusaranin beli Indomilk aja ya. Tapi dia kurang suka susu bubuk

  16. nurulrahma says: September 28, 2020 at 7:09 am

    Pemenuhan nutrisi untuk anak memang suatu keharusan ya.
    Walaupun PJJ, Anak kudu di-support gizinya.
    Supaya tumbuh kembangnya berjalan dgn optimal.

  17. riawani elyta says: September 28, 2020 at 5:57 am

    susu bubuk sejak jaman saya abege dulu juga udah sering konsumsi. Anak2 memang lebih suka yang kemasan cair tapi emang bener sih lebih mahal..lebih hemat yang bubuk

  18. Keke Naima says: September 27, 2020 at 10:21 pm

    Anak saya yang pertama lebih ke auditori. Sedangkan yang bungsu bominan ke gaya belajar visual. Belajar sambil disuguhakn segelas susu memang nikmat

  19. Mugniar says: September 27, 2020 at 9:55 pm

    Anak-anak saya pasti suka nih susu Indomilk yang ini. SAya juga … kami semua suka susu. Boleh nih.

  20. demia says: September 27, 2020 at 8:44 pm

    Susunya samaan nih beb sama keponakan akuu, pake susu buubuk indomilk jugaaa hihhi, favoritnya yang rasa coklaaat, udah paling demen hihihi

  21. lianny hendrawati says: September 27, 2020 at 7:20 pm

    Cara belajar anak-anakmemang beda-beda ya. Ketiga anakku juga cara belajarnya tidak sama, ada yang lebih fokus kalau diucapkan keras-keras, ada yang dengan mencoret-coret kertas dan ada yang sambil mendengarkan musik.
    Indomilk juga kesukaan anak-anakku, paling suka yang cokelat.

  22. Dessy Achieriny says: September 27, 2020 at 1:50 pm

    Anakku susunya juga Indomilk coklat mbak, rasa lain dia kurang suka, tapi aku tetep beli yg fullcream buat tambahan bikin cemilan kaya soup cream dan roti2an aku pakein susu bubuk fullcream Indomilk

    1. nyi Penengah Dewanti says: September 29, 2020 at 12:07 pm

      Ponakanku ya pada suka indomilk bubuk karena. Lebih enak dan nggak. Bikin nek katanya kak. Aku juga suka banget tapi yang kotak. Gede cair. Biasanya aku untuk campuran coco crunch

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*