Health Beauty Yoga Festival 2018 di Bandung

Olahraga Yoga pasti sudah tidak asing di telinga kita. Sudah banyak orang yang melakukan olahraga yoga, kamu sudah mencobanya?

Yoga adalah salah satu ajaran dalam Filsafat Hindu, yang mempunyai makna “bersatu dengan alam” atau “bersatu dengan Sang Pencipta”. Semakin ke sini yoga semakin berkembang bukan hanya untuk meditasi bagi kalangan ajaran Hindu. Tetapi menjadi salah satu olagraga yang sangat disukai oleh semua kalangan dari tua, muda, pria, dan wanita. Karena bukan hanya untuk mengurangi stress dan melenturkan otot-otot dalam tubuh, yoga juga dapat memberikan hasil yang memuaskan seperti mengecilkan perut dan membuat tubuh menjadi langsing.

Hari minggu, 29 April 2018 kemarin, saya dan teman-teman blogger diundangan oleh Kiranti dalam acara Health Beauty Yoga Festival. Kiranti menjadi salah satu sponsor, acara ini di selenggarakan di Pavilion Function Point Bandung. Mau lihat keseruannya? Simak ya..

Health Beauty Yoga Festival

Health Beauty Yoga Festival ini ternyata sudah berlangsung dari tahun 2015 hanya di Jakarta. Karena banyak peminatnya, maka bisa berlangsung sampai sekarang dan road show ke berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta.

Untuk tahun 2018 ini Health Beauty Yoga festival mengadakan road show ke 4 Kota Besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Banjarmasin, Bandung, dan Yogyakarta. Dengan biaya pendaftaran Rp 100.000,- /orang sudah mendapatkan Yoga Bag dan Jersey Pop Art.

Pada Event ini yang mengisi dan memimpin gerakan yoga di depan panggung dari berbagai tempat yoga yang sudah  melewati seleksi. Karena setiap tempat yoga mempunyai ciri khas masing-masing, maka yang di tampilkan juga berbeda supaya lebih bervariasi.

Yang menjadi sponsor di acara ini cukup banyak, salah satunya adalah kiranti. Tujuan kiranti menjadi sponsor dalam acara ini adalah ingin mengajak kaum perempuan agar dapat melawan rasa lelahnya terutama pada saat mengalami menstruasi. Rasa lelah dapat menyebabkan perempuan cenderung malas untuk bergerak sehingga aktivitas menjadi terganggu.

Baca Juga : Kiranti Minuman Sehat Alami

Jenis-jenis Yoga di Booth Health Beauty Yoga Festival

Pada event Health Beauty Yoga Festival selain banyaknya booth-booth sponsor, ada juga beberapa booth yang memperkenalkan jenis-jenis yoga yang berbeda dari yoga reguler biasa yagng kita ketahui. Ini

  • Yoga Wall

Booth Yoga Wall

Yoga wall dipelopori oleh Master Yoga legendaris Krishnamacharya dan B.K.S. Iyengar. Yoga wall ini sangat menarik dan penting untuk melengkapi yoga regular yang biasanya. Yoga wall ini menggunakan media tembok besar dan tali-tali tambang yang lembut dan kuat untuk menompang tubuh kita. Ternyata yoga wall ini sangat bangus untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk.

Pada event Health Beauty Yoga Festival ada booth yoga wall, saya sempat mencobanya tapi setelah mencobanya saya merasa kesakitan. Karena kaki saya terasa ketarik dan punggung sakit. Dari situ saya baru tau bahwa tubuh saya mulai bungkuk, jadi saya berniat sekali memulai olahraga ini untuk memperbaiki postur tubuh saya.

  • Yoga Swing

Booth Yoga Swing

Yoga swing ini sering dikenal juga dengan yoga antigravitasi. Kenapa? Karena banyak gerakan yang melawan gravitasi. Yoga swing ini sangat membantu untuk mengurangi nyeri punggung sekaligus membentuk tubuh, dan juga membuat asupan darah dan oksigen menuju otak menjadi lebih lancar. Yoga swing ini pertama kali dikembangkan oleh Christopher Harrison pada tahun 2007. Mulai masuk ke Indonesia tiga atau empat tahun belakangan ini.

Yoga swing menggunakan alat hammock yang digantungkan. Kain hammock yang digunakan bukan sembarangan tapi harus yang sudah berlisensi, sudah teruji aman untuk digunakan, dapat digunakan untuk menompang beban dengan berat 200-400 kilogram.

Yoga swing ini tidak disarankan untuk orang yang mempunyai penyakit darah tinggi, sakit jantung, wanita hamil, wanita sedang haid, kondisi yang tidak fit. Gerakan untuk melakukan yoga swing berbeda-beda tergantung kondisi setiap orang. Yoga swing ini dilakukan selama satu jam yang suda termasuk dengan pemanasan dan pendinginan.

Saat melihat booth ini, saya sangat tertarik karena suka sekali dengan tantangan. Setelah berbincang dengan salah satu instruktur bahwa tidak harus yang bisa yoga kok, untuk pemula juga bisa. Jadi saya membulatkan tekat untuk mencobanya. Yeahhhh, saya bisa melakukannya, perasaan awal saat naik ke atas hammock ada rasa deg-degan. Tetapi setelah instrukturnya meyakinkan tidak akan jatuh, jadi lebih pede. Rasanya menyenangkan dan ada rasa pusing sedikit diawal, tapi setelah beberapa menit pusingnya hilang karena mulai terbiasa. Saya suka dengan yoga ini, semoga bisa ada waktu dan kesempatan untuk ikut olahraga ini.

 

  • Yoga Water

Booth Yoga Water

Yoga water ini sangat minim cidera, karena melakukan gerakan yoga di dalam air berat badan akan berkurang dan otot-otot lebih rileks. Maka sangat cocok untuk orang yang mengalami cidera lutut atau pinggul, sclerosis, pasca persalinan, pasca bedah, sulit menyeimbangkan badan. Yoga air ini sudah ada sejak tahun 2000-an, dimana yang menemukan adalah seorang penyandang cacat yang ingin melakukan olahraga yoga tetapi tidak dapat melakukan yang menggunakan matras. Maka munculnya olahraga yoga water ini.

Untuk yang sudah ahli, akan menggunakan papan atau board untuk melakukan gerakan yoga diatas air menggunakan board tersebut. Kenapa harus yang sudah ahli? Karena butuh keseimbangan badan yang baik, jika tidak akan jatuh dari atas papan dan masuk ke dalam air.

Kemarin saya hanya melihat orang yang mencoba yoga water ini, karena saya tidak yakin dapat menyeimbangkan badan saya. Jadi lebih baik cari aman dan hanya meliput saja, hihihi.

Spot Bagus untuk Berfoto Bersama Teman atau Sendiri

Selain meliput event, tentu saja saya dan teman-teman yang lain ingin mempunyai foto sebagai kenangan mengikuti acara ini. Sebenarnya karena narsis juga sih, hihihi. Ini dia hasil foto-foto kami..

Photo Booth
Tempat Charge
Booth Kiranti

Baca Juga : Slim and Fit Solution

Acara seru dan asik, bisa tahu lebih banyak tentang olahraga Yoga. Semoga acara ini dapat berlangsung setiap tahun dan semakin banyak peserta yang ikut.

Ayoo kita hidup sehat, dengan berolahraga dan menjaga pola makan. Sehat selalu ya teman-teman. 🙂

 

12 thoughts on “Health Beauty Yoga Festival 2018 di Bandung

  1. Aku pengen juga ikut yoga utk perbaiki postur tubuh. Sampai saat ini masih keinginan aja karena blum mengalokasikan waktu hihi

Comments are closed.