Festival Bunda Generasi Maju

Hallo, apa kabar?

Menjadi seorang ibu adalah hadiah yang terindah di dunia ini. Karena melewati masa kehamilan, melahirkan, dan mengurus anak adalah sesuatu yang istimewa untuk para wanita di dunia. Sebagai seorang ibu, saat menjalani masa kehamilan harus mempersiapkan nutrisi yang lengkap bagi calon bayi. Karena seribu hari pertama kehidupan bagi seorang anak itu dimulai dari dalam kandungan sampai dengan usia 2 tahun. Jadi sangat penting sekali makan makanan yang bergizi, kaya nutrisi, dan minum susu. Saat saya hamil anak pertama dan kedua itu melewati masa kehamilan yang berbeda-beda. Pada saat kehamilan anak pertama, saya selalu senang minum air kelapa dan makan makanan yang manis. Bahkan saat hamil itu saya bisa menghabiskan satu porsi martabak manis sendiri, hihihi. Sedangkan pada kehamilan anak kedua, saya senang sekali makan bubur kacang hijau dan minum air putih. Tapi satu hal yang sama dan sangat penting saat menjalani kehamilan, yaitu minum susu ibu hamil.

Tanggal 28 Juli 2019 lalu, saya dan teman-teman Blogger di Bandung menghadiri acara dari SGM Bunda. Saat menghadiri acara ini jadi ingat waktu aku masih hamil, senang sekali minum susu SGM Bunda ini yang rasa Coklat dan Strawberry. Acara ini sangat seru karena banyak sekali booth yang bisa Bunda nikmati selama berada di sana, bahkan ada booth USG Gratis. Selain banyaknya booth yang seru, ada juga Talk Show kehamilan dengan Dr. H. Ridwan Abdullah, Cooking Demo, Couple Yoga, dan Beauty Demo. Penasaran keseruan acaranya seperti apa? Simak terus Blog Post kali ini, ya!

Festival Bunda Generasi Maju

Sebelum di Bandung, SGM Bunda sudah mengadakan Festival Bunda Generasi Maju ini kota besar lainnya, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Di Bandung, Festival ini diadakan di Taman Tegallega. Saya pikir acara ini akan panas-panasan, karena saya baru pertama kali main ke Taman Tegallega ini. Tapi waktu sampai di sana, ternyata jauh dari dugaan, hihihi. Acara Festival Bunda ini berada di dalam tenda besar yang sudah ada AC di dalamnya, jadi setiap pengunjung yang datang tidak akan merasa kepanasan dan bisa mengikuti acara sampai selesai dengan nyaman.

Pada saat registrasi, setiap peserta yang datang akan diberikan sebuah kartu yang dibawahnya ada space cap untuk setiap area atau booth yang bisa Bunda cobain. Ada area atau booth apa saja di Festival ini?

Booth Festival Bunda

Dalam Festival ini ada beberapa booth yang bisa Bunda eksplore selama berada di sana, yaitu :

Photo Booth

Festival Bunda Generasi Maju

Saat pertama kali samapi di Festival Bunda Generasi Maju ini, saya langsung mengantri untuk bisa foto di Photo Booth. Tempat foto booth nya lucu banget, dengan background berwarna hijau seperti rumput, dan di depannya ada kupu-kupu kertas yang digantung. Sehingga hasil fotonya jadi lucu dan bagus.

Area Bunda Jajan

Festival Bunda Generasi Maju

Di area ini Bunda bisa makan jajanan dan minum susu SGM Bunda yang disajikan dingin. Untuk bisa merasakan jajanan pada area ini, Bunda tidak perlu lagi mengeluarkan uang. Bunda cukup memperlihatkan kartu yang dibagikan saat resgistrasi, lalu akan di cap dan bisa mendapatkan jajanan dan susu yang sudah disediakan. Isi jajanan itu ada Risoles, Lemper, dan Pie.

Area Bunda Cerdas

Festival Bunda Generasi Maju

Saya senang sekali berada di area ini, karena di sini akan diberitahu tentang Mitos atau Fakta seputar kehamilan. Bunda juga akan mendapatkan kiat cerdas selama menjalani masa kehamilan. Selama berada di area ini banyak informasi yang bisa saya dapatkan. Jika sudah mendapatkan informasi dan menjadi pertanyaan Mitos atau Fakta, Bunda akan diberikan kenang-kenangan pouch yang lucu.

Area Bunda Santai

Festival Bunda Generasi Maju

Ini adalah area yang paling banyak antriannya. Karena banyak bunda yang ingin merasakan “Me Time” sejenak dengan di pijat refleksi atau facial  totok wajah.

Area Bunda Sehat

Festival Bunda Generasi Maju

Pada area ini Bunda bisa cek kesehatan, seperti tekanan darah dan USG secara gratis. Tempat ini juga tidak kalah dengan antrian Area Bunda Santai. Di sini juga Bunda bisa konsultasi gratis dengan dokter kandungan yang ada.

Couple Yoga

Festival Bunda Generasi Maju

Selama Bunda hamil tetap perlu melakukan aktivitas seperti olah raga, lho. Supaya Bunda dan kandungan tetap sehat dan peredaran darah dalam tubuh juga menjadi lancar. Dalam Festival Bunda Generasi Maju, ada sesi Couple Yoga, dimana Bunda dan suami bisa melakukan olahraga bersama. Secara tidak langsung jika melakukan olah raga ini, bukan hanya Bunda dan suami saja yang bergerak tapi bayi yang dalam kandungan juga ikut bergerak dan berolah raga. 

Cooking Demo

Festival Bunda Generasi Maju

Saat hamil suka bingung ya mau ngemil atau makan jajanan apa. Terkadang suka kuatir jika terlalu sering membeli makanan jadi atau jajan di luar rumah. Pada acara Festival Bunda ini, ada sesi Cooking Demo juga yang dibawakan oleh Chef Ricky Sulaiman. Chef Ricky memberikan resep yang cukup simple, dan sangat mudah dibuat di rumah. Resep yang dibuat menggunakan bahan dasar Susu SGM Bunda. Ada 2 resep yang dibikin, yaitu :

  1. Es Sirsak Strawberry, menggunakan bahan buah sirsak dan susu SGM Bunda rasa Strawberry yang diblender menjadi satu.
  2. Coklat Lapis Alpukat, menggunakan buah alpukat dan susu SGM Bunda rasa Coklat. Buah alpukat dan susu di blender secara terpisah, lalu disusun secara bergantian dan diatasnya ditaburi topping kesukaan, seperti sereal atau coklat tabur.

Beauty Demo

Festival Bunda Generasi Maju

Selain hamil tentu saja Bunda tetap ingin tampil cantik, tapi terkadang kuatir kalau pakai make up. Karena sudah banyak make up yang mengandung zat berbahaya untuk janin. Tapi ada produk make up lokal yang sangat aman digunakan selama hamil dan menyusui, yaitu Wardah. Pada Festival Bunda Generasi Maju ini, Wardah memberikan make up tutorial yang sangat simple yang cocok digunakan sehari-hari. 

Bunda Cerdas Selama Masa Kehamilan

Festival Bunda Generasi Maju

Tidak dapat dipungkiri semakin banyak ibu hamil yang tidak terlalu peduli dengan nutrisi selama kehamilan. Padahal nutrisi itu sangat penting selama masa kehamilan, karena seribu hari pertama kehidupan seorang anak dimulai dari dalam kandungan. Jadi sangat penting dan perlu sekali nutri yang lengkap. Nutrisi dapat terpenuhi tidak cukup dengan makanan yang dikonsumsi setiap hari saja, tapi juga diperlukasan asupan susu dengan kandungan yang nutrisi dan vitaminnya yang lengkap. Pengetahuan untuk menjadi Bunda cerdas selama kehamilan disampaikan oleh DR, dr, H. Ridwan Abdullah Putra, SpOG (K-FM), CH.

Kenapa nutrisi perlu diperhatikan untuk seribu hari kehidupan seorang anak? Karena nutrisi sangat mempengaruhi perkembangan fisik, saraf otak, dan mental anak. Jika perkembangan tersebut dapat berkembang secara optimal, maka akan memiliki potensi prestasi, seperti berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, mandiri, supel, dan percaya diri. Selain itu juga jika saat hamil Bunda kekurangan nutrisi, akan mengalami Anemia. Karena kekurangan nutrisi makanan yang mengandung zat besi dan asam folat selama kehamilan.

Ada beberapa efek yang terjadi jika Bunda mengalami Anemia selama masa kehamilan, yaitu :

  1. Keguguran
  2. Bayi lahir prematur
  3. Gagal jantung
  4. Kematian bayi dalam kandungan
  5. Pendarahan
  6. Kelainan plasenta
  7. Berat badan bayi lahir rendah

Panduan Nutrisi Lengkap Bunda Hamil dan Menyusui

Ada beberapa nutrisi yang harus Bunda perhatikan selama hamil dan menyusui, dan apa efek yang terjadi jika kekurangan nutrisi ini. Saya akan coba bahas sekilas, ya.

Karbohidrat

Karbohidrat ini sangat dibutuhkan selama masa hamil dan menyusui. Supaya tidak terjadi berat badan yang turun, mudah terkena flu, dan badan menjadi lemas.

Protein

Protein juga tidak kalah penting. Karena jika kekurangan Protein akan terjadi imunitas yang menurun dan gangguan pertumbuhan sel atau jaringan.

Lemak

Selain Karbohidrat dan Protein, Lemak juga penting dikonsumsi selama Bunda hamil dan menyusui. Jika kekurangan asupan lemak, akan terjadi depresi, kekurangan vitamin larut lemak, dan perkembangan otak janin dan anak yang kurang optimal.

Zat Besi

Jika kekurangan zat besi, Bunda hamil dan menyusui akan mengalami anemia, gangguan tumbuh kembang, dan berat badan bayi lahir rendah (<2.5Kg).

Asam Folat

Bunda hamil sangat membutuhkan Asam Folat. Jika kekurangan nutrisi ini akan megalami berat badan yang rendah saat lahir, perkembangan otak, dan anemia.

Pentingnya Susu untuk Bunda Hamil

Selain makanan yang dikonsumsi, susu juga sangat penting untuk memenuhi nutrisi selama Bunda hamil dan menyusui. Kenapa?

  1. Membantu mencukupi asupan nutrisi makro atau mikro, khususnya formula yang tinggi kandungan Zat Besi dan tinggi Asam Folat.
  2. Melengkapi konsumsi makanan bergizi dan seimbang agar ibu tetap sehat.
  3. Gizi Bunda optimal, dukung anak generasi maju untuk capai potensi prestasi.

Nah Bunda, itu dia keseruan Festival Bunda Generasi Maju di Bandung dan sedikit isi Talk Show seputar menjadi Bunda cerdas selama masa kehamilan. Jika Bunda sedang hamil atau sedang program, ayo mulai peduli dengan asupan nutrisi. Demi pertumbuhan dan perkembang anak Bunda. Jika Bunda ingin mengetahui lebih banyak tentang Bunda cerdas generasi maju, bisa banget diakses di Facebook SGM Bunda dan Instagram @sgmbunda. Disana Bunda bisa mendapatkan edukasi seputar masa kehamilan dan menyusui, ada juga live chat dengan dokter kandungan dan ahli nutrisi.

Sehat selalu untuk Bunda yang sedang hamil atau yang sedang program, dan semangat juga untuk Bunda yang menjadi pejuang ASI. Sampai bertemu di Blog Post selanjutnya. Terima kasih sudah mampir di Blog saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*