Paling enak ya weekend melakukan hal yang produktif. Beberapa minggu lalu, saya menghadiri seminar di Lineation Center. Di Lineation center selalu mengadakan seminar rutin selama sebulan sekali. Kebetulan pas hari itu saya sedang kosong dan materi yang di bawakan juga sangat menarik.

Temanya adalah Psychobiometric Analysis, The Miracle of Vitamin C, dan Cantik alami dengan Face Lift Acupunture. Saat ini yang mau saya ulas sesi pertama, yaitu Psychobiometric Analysis.

Psychobiomentric Analysis / Analisis Psikobiometrik

Ibu Damayanti S.Pane, S.Psi

Untuk sesi pertama ini dibawakan oleh Ibu Damayanti S.Pane, S.Psi. Beliau adalah seorang konsultan analisis psikobiometrik di Lineation Center. Setiap orang dilahirkan dengan unik, maka mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. Menurut JESS FEIST, McNeese State University, Louisiana,  kepribadian adalah pola yang relatif menetap dari karakter dan menunjukkan keunikan dari seorang individu. Ibu Damayanti menyampaikan bahwa test kepribadian tidak terlalu efektif, dikarenakan banyak orang akan mengisi setiap pertanyaan dengan tidak jujur dan hanya secara logika saja.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian, yaitu :

  • Lingkungan Sosial
  • Pola Asuh sejak kecil
  • Budaya
  • Agama
  • Pendidikan

Baca Juga : Cara Mengatasi Diare pada Anak

Psikobiometrik

Pada tahun 2008, di Indonesia mulai melakukan Psychobiomentric untuk di bidang pendidikan. Sebenarnya melakukan analisis sidik jari pada anak, bukan hanya untuk mengetahui pendidikan yang cocok. Akan tetapi, untuk mengetahui karakter dasar seorang anak. Jadi sebagai orang tua, kita mengetahui cara yang tepat untuk mendidik, mengajar, dan mengarahkan. Setelah mengetahui karakter seorang anak, orang tua akan lebih mudah mengetahui dan mengarahkan potensi yang ada dalam diri anaknya.

Begitu juga untuk kita sebagai orang dewasa, dengan melakukan analisis sidik jari (Psychobiomentric Analysis) kita akan lebih mudah menggali, menemukan, dan mengembangkan diri. Sehingga kita mudah menerima diri sendiri dan dapat berfungsi secara optimal dalam lingkungan.

Layanan Psychobiometric Analysis dan Manfaatnya

Pada dasarnya layanan psikobiometrik dilakukan dengan cara screening dan diagnostik mengenai Brain Pattern dan Brains Ways. Lalu melakukan diskusi penanganan medis dan non medis dengan dokter, konsultan, fisioterapi mengenai tumbuh kembang anak. Serta pengadaan group parenting, kelas body movement, dan layanan screening postural.

Psychobiometric bermanfaat untuk :

  • Mengetahui karakter
  • Bisa menentukan cara pengasuhan dan komunikasi yang tepat
  • Menstimulasi bakat atau potensi, mengenali dorongan minat
  • Mengetahui cara belajar yang responsif sensory indera
  • Melihat sampai sejauh mana daya tahan otak dan mental seseorang terhadap stress.

Triune Brain Theory

Pic : From Pinterest

Pada tahun 1960, seorang ilmuwan neurosains yang bernama Paul D. MacLean, memperkenalkan “Triune Brain Theory”. Beliau menjelaskan evolusi perkembangan otak, pada manusia terbagi dalam tiga struktur utama yang mempengaruhi motivasi seseorang. Yaitu Lizard Brain (Brain stem dan cerebelum), Mammal Brain (Limbic system), dan Human Brain (Neocortex).

Dari struktur utama otak dapat mempengaruhi pola otak kita juga. Brain Pattern atau pola dasar otak di bagi menjadi tiga juga, yaitu Arch, Loop, dan Whorl. Melalui pola otak ini kita dapat mengetahui kebutuhan dasar dan motivasi dari setiap orang.

Baca Juga : Gizi Seimbang untuk Keluarga

Sidik Jari Berhubungan dengan Otak

Sidik jari mempengaruhi cara kerja otak, loh. Jadi jari dari tangan kiri kita representative dari otak kanan. Begitu juga sebaliknya, jari dari tangan kanan kita representative dari otak kiri.

Setelah mengikuti seminar ini, saya ingin sekali membawa anak-anak ke Lineation Center. Untuk melakukan test sidik jari, agar saya mengetahui karakter dasar dan potensi mereka. Dengan begitu saya lebih mudah untuk menetapkan cara mengajar dan mengarahkan mereka sesuai dengan potensinya. Tentu saja saya juga ingin mengetahui potensi yang ada dalam diri. Hanya waktu itu saya tidak sempat untuk bertanya mengenai harga untuk melakukan Psychobiometric Analysis.

Apakah teman-teman ada yang sudah melakukan psikobiometrik untuk anak atau mungkin untuk anda pribadi? Boleh dong cerita bagaimana pengalamannya.

12 Replies to “[Event] Seminar Psychobiometric di Lineation Center”

  1. Srie Ningsih says: April 2, 2018 at 3:34 pm

    Woow..keren ya sekarang tes IQ ada pakai sidik jari.

    1. Jeanette Agatha says: April 3, 2018 at 8:46 am

      iyaa. keren ya. dan lebih spesifik sebenarnya

  2. Heni Lestari says: April 2, 2018 at 2:06 pm

    jadi pengen mba, saya dan anak2 blm pernah tes…

    1. Jeanette Agatha says: April 3, 2018 at 8:46 am

      hehehehe sama mba, aku juga kepengen banget. terutama untuk anak2

  3. Dian Restu Agustina says: April 2, 2018 at 11:13 am

    Anakku cuma tes IQ saja pernahnya Mbak.. Yang sidik jari belum pernah.. Menarik sekali ini, bisa jadi salah satu cara agar tahu bakat minat anak-anak kita

    1. Jeanette Agatha says: April 3, 2018 at 8:47 am

      benar sekali mba dian. Lalu hasilnya lebih spesifik dan tepat

  4. Damar Aisyah says: April 2, 2018 at 6:45 am

    Saya belum pernah ikut tes bakat, minat atau karakter anak. Baru sebatas pengamatan saja. Sepertinya perlu juga ikut tes seperti ini

    1. Jeanette Agatha says: April 3, 2018 at 8:48 am

      hihihi jadi penasaran ya mba

  5. Dwi Arum says: April 2, 2018 at 3:39 am

    Whuaa menarik sekali ya mba. Ini ada di mana sih? Jadi penasaran pengen tes juga buat anakku.

    1. Jeanette Agatha says: April 3, 2018 at 8:49 am

      kalau Lineation Center hanya di Bandung saja mba. Tapi setau saya sudah banyak yang buka test seperti ini.

  6. El-lisa says: April 1, 2018 at 11:43 pm

    Saya juga penasaran nih dengan psikobiometrik buat saya dan anak anak.

Comments are closed.