Cucian Menumpuk, Siapa Takut?

 

Pic: Unsplash.com

Ibu – ibu masih punya anak kecil nggak? Ke dua anak saya masih batita (bayi tiga tahun) dan balita (bayi lima tahun). Umur balita rasa ingin tau nya sangat tinggi. Saat bermain di luar bersama teman – temannya pasti baju yang di pakai cepat kotor. Pokoknya punya anak kecil, sehari itu bisa menganti baju 3 – 4 kali. Selain itu juga saya tinggal bersama orang tua, jadi baju – baju mereka saya yang cuci. Kalau tidak mencuci baju sehari sudah kebayang lah ya numpuknya seperti apa (tepok jidat dan tutup mata deh).

Berhubung saya full time jadi ibu rumah tangga, jadi saya tidak memakai asisten rumah tangga atau pembantu. Semua pekerjaan di rumah saya yang mengerjakan. Saat pertama kali saya berhenti bekerja, saya cukup kaget dengan pekerjaan rumah tangga yang tiada habisnya. Akan tetapi, dengan berjalannya waktu saya mulai dapat meng-handle dan me-manage semua. Hingga tau celah – celah atau tips yang tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Diare pada Anak

Mengatasi Cucian Baju Yang Menumpuk

Pic: Unsplash.com

Cucian menumpuk bukan hanya karena saya tidak mencuci dalam waktu sehari. Akan tetapi, cucian menumpuk bisa karena kita pergi berlibur atau karena cuaca yang tidak mendukung. Seperti hari ini, saya sudah mencuci baju tapi tidak bisa kering hari ini. Karena hujan sudah turun saat saya selesai menjemurnya. Maka saya tidak bisa mencuci baju dulu besok, Karena saya harus menunggu cucian ini sampai kering jadi saya bisa melanjutkan mencuci baju yang lain. (curhat.com hihihi)

Kalau dahulu saya sempet kesel dan males karena saya tidak bisa mencuci baju selama 2 hari. Sekarang saya tidak merasa kesal dan males lagi, karena saya sudah mendapatkan cara untuk mengatasinya. Jadi seisi rumah tidak kena imbas saya karena merasa kesal hehehe, kan “Happy mom, Happy Family” hihihi.

Cara Mencuci Baju Dengan Cepat

Pic: Unsplash.com

Bagaimana cara saya mengatasi cucian baju yang menumpuk? Ini dia cara saya mengatasinya, yaitu :

  1. Memisahkan baju anak – anak dengan baju orang dewasa. Ini langkah awal saya, agar memudahkan  saya  untuk mengelompokkan-nya kembali.
  2. Setelah di kelompokkan, saya memisahkan lagi untuk baju orang dewasa. Antara kaos atau kemeja dengan celana atau bawahan.
  3. Saya mulai mencuci baju orang dewasa saya menggunakan mesin cuci.
  4. Baju anak – anak saya mencuci bajunya menggunakan tangan atau secara manual.  Selain tidak merusak baju anak – anak dan juga menyingkat waktu.
  5. Membilas baju secara manual tidak menggunakan mesin cuci. Ini saya lakukan jika baju orang dewasa lebih dari satu kloter. Jadi untuk langkah membilas dan memakai pewangi saya lakukan secara manual. Supaya mesin cuci dapat digunakan untuk mencuci baju kloter selanjutnya.
  6. Jika menggunakan mesin cuci 2 tabung, dapat melakukan pengeringan juga. Kalau ibu – ibu menggunakan mesin cuci 2 tabung pengerjaan mencuci bisa lebih cepat lagi. Karena saat sedang proses mencuci, saya bisa melakukan pengeringan juga.

Pic: Unsplash.com

Cara yang sudah di sampaikan itu berdasarkan pengalaman saya saja. Karena dengan cara ini, pekerjaan saya untuk mencuci baju lebih cepat. Saya menemukan cara atau ritme ini dengan 3 kali mengalami cucian baju yang menumpuk. Buat saya, cucian menumpuk, siapa takut? hehehe.

Mungkin teman – teman punya cara lain untuk mengatasi cucian yang menumpuk juga seperti saya. Sharing di bawah yukk..

 

5 thoughts on “Cucian Menumpuk, Siapa Takut?

  1. kalau saya,
    tahap satu memisahkan baju dewasa dan anak,
    tahap dua memisahkan semua celana dan baju kotor kelas berat (direndem). abis itu disikat cuci tangan.
    tahap tiga, baju dewasa dicuci sendiri pakai mesin cuci, sedangkan baju anak juga dicuci pakai mesin cuci juga, *eaaa.. lah bedanya apa? bedanya di jumlah air nya waktu giling. heheheh.. emak malas cuci tangan, hehehe.. kecuali baju yang bergaun berenda dan berembel lucu-lucu gampang rusak pake mesin jadi saya cuci pake tangan, karena anak saya dua perempuan semua. Salam kenal mbak Jeanette, saya Dewi:)

  2. hihihi.. gak ditumpuk cucianku sehari udah segunung rasanya. ada 3 balita, yang rajin main air jadi sering banget ganti baju huhu..

  3. Mbak..sepertinya ini laguku yang dulu, cucian baju numpuk apalagi kalau musim hujan yaaa..
    Sekarang sih sudah enggak terlalu ya, karena anak-anak sudah cukup besar.
    Biasa nyuci dua kloter juga, baju sewarna (seragam) dan yang warna warni. Atau, bedakan baju dan non baju (handuk, sprei an lainnya)

Comments are closed.