cara merawat rambut

Cara Merawat dan Menutrisi Rambut – Hallo, apa kabar? Semoga sehat selalu, ya!

Mempunyai rambut yang indah, mudah diatur, akar kuat, dan sehat tentu menjadi impian setiap wanita, ya. Karena buat wanita, rambut adalah mahkota, jadi pasti ingin mempunyai rambut yang sehat. Untuk bisa memiliki rambut yang sehat, tentu harus tau cara merawat dan menutrisi rambut. Seperti pohon atau tanaman supaya tumbuh sehat dan menjadi indah, harus bisa dirawat dan diberi nutrisi.

Dalam blog kali ini saya ingin membahas cara merawat rambut dan memberi nutrisi dengan benar. Yang penasaran baca terus sampai akhir, ya!

Pentingnya Merawat Rambut

Merawat rambut sama pentingnya dengan merawat wajah. Karena setiap hari yang terkena debu dan panasnya matahari bukan hanya wajah, tapi rambut juga mengalami hal yang sama. Selain itu juga rambut terkadang terkena suhu panas dari hairdryer atau catokan, dan juga zat kimia dari hair styling (pewarnaan rambut, keriting, atau pelurus rambut).

Karena permasalahan dari luar tersebut, maka sangat penting untuk merawat rambut supaya tetap sehat dan bebas dari permasalahan. Tapi jika cara merawat rambut tidak tepat akan memperburuk keadaan rambut.

Cara Merawat Rambut yang Tepat

Setelah saya membaca beberapa artikel kesehatan, saya dapat menyimpulkan ada beberapa cara merawat rambut dengan tepat. Saya juga sudah melakukan beberapa hal ini dan cukup pengaruh. Ini dia beberapa cara merawat rambut dengan tepat, yaitu :

  • Mencuci rambut atau keramas 2-3 kali sehari saja sudah cukup.
  • Rutin menggunting rambut. Ternyata rutin menggunting rambut dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menghasilkan rambut yang sehat juga.
  • Menggunakan shampoo yang cocok dan sesuai permasalahan rambut.
  • Selalu menggunakan conditioner setelah mencuci rambut.
  • Rutin menggunakan masker rambut, minimal seminggu sekali.
  • Batasi penggunaan hair dryer atau catokan setiap setelah mencuci rambut.
  • Menggunakan vitamin rambut.
  • Memenuhi nutrisi rambut dari luar dan dalam.

Menutrisi Rambut dari Luar dan Dalam

Selain melakukan perawatan yang tepat, langkah selanjutnya adalah menutrisi rambut dari luar dan dalam. Untuk menutrisi rambut dari luar cukup menggunakan vitamin dan serum rambut setelah melakukan keramas atau mencuci rambut.

Tidak cukup hanya memberikan nutrisi dari luar saja, tapi perlu juga memberikan nutrisi dari dalam dengan mengkomsumsi beberapa makanan ini, yaitu :

  • Omega 3, ini dapat membantu melembapkan rambut yang kering. Kandungan Omega 3 dapat Anda peroleh dari sereal, salmon, sarden, dan yogurt.
  • Protein yang dapat membuat akar rambut lebih kuat. Jika Anda mengkomsumsi telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan, maka dapat memperoleh protein.
  • Vitamin A, B, C, D, dan E, yang dapat membuat rambut lebih berkilau dan sehat. Untuk vitamin D bisa Anda manfaatkan dari matahari saat berjemur di pagi hari.
  • Zat besi dan Zinc yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. 

Itu dia beberapa asupan nutrisi yang Anda butuhkan untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Memilih Produk Shampoo dan Conditioner yang Tepat

menutrisi rambut secara alami
Natur Hair Care Aloe Vera

Seperti yang sudah saya paparkan diatas cara merawat rambut yang tepat salah satunya bisa memilih shampoo dan conditioner yang tepat. Selama ini saya memilih Natur Hair Care untuk menemani saya dalam hal merawat rambut. Kenapa saya memilih Natur? Karena dari dulu saya suka karena mengandung bahan alami dan berkualitas.

Shampoo Natur Aloe Vera

cara merawat rambut secara alami
Shampoo Natur Aloe Vera

Jenis rambut saya tuh tebal, rada bergelombang, dan kering. Jadi saya memakai shampoo Natur Aloe Vera. Tapi masih suka pakai selang seling dengan shampoo dan conditioner Natur Gingseng. Karena permasalahan rambut saya tuh rontok, jadi suka pakai yang Natur Gingseng juga.

Saya memilih shampoo Natur Aloe Vera karena ada beberapa alasan dan manfaat yang ingin saya dapatkan, seperti :

  • Tidak membuat rambut lepek.
  • Menutrisi dan membantu menjaga kesuburan kulit kepala.
  • Membuat rambut halus, lembut, lembab, dan mudah diatur.
  • Membuat rambut jadi kuat dan sehat.
Packaging
shampoo alami
Packaging Shampoo

Shampoo Natur memiliki botol yang khas dengan tutup flip diatasnya. Tersedia 3 ukuran, yaitu 80 ml, 140 ml, dan 270 ml.

Tekstur
perawatan rambut alami
Tekstur Shampoo

Memiliki tekstur cair dengan warna khas rasa kecoklatan. Namun mudah diaplikasikan kepada rambut. Wanginya juga enak bikin seger.

Conditioner Natur Aloe Vera

manfaat kondisioner
Conditioner Natur Aloe Vera & Olive Oil

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, saya juga menggunakan conditioner Natur Aloe Vera. Kenapa harus menggunakan conditioner setelah mencuci rambut dan bagaimana cara memakai conditioner dengan tepat? Saya pernah menulis manfaat conditioner dan cara penggunaannya yang tepat, bisa klik di sini.

Adapun manfaat conditioner Natur Aloe Vera untuk rambut, yaitu :

  • Membuat rambut jadi lebih kuat dan sehat.
  • Rambut lembut dan mudah diatur.
  • Menjadikan rambut lebih lembap tapi tidak lepek.
Packaging
perawatan rambut alami
Packaging Conditioner

Saya selalu suka dengan packaging conditioner dari Natur, karena besar dan mudah digunakan. Tutupnya flip dengan warna coklat. Hanya memiliki satu ukuran saja, yaitu 165 ml.

Tekstur
shampoo alami
Tekstur Conditioner

Memiliki tekstur berwarna putih dan creamy. Saya suka banget sama wanginya yang bikin seger dan yang paling penting membuat rambut saya yang mengembang jadi rapih.

Informasi Pembelian

Anda bisa membeli semua produk Natur yang asli di Supermarket, toko kosmetik, atau membeli secara online melalui marketplace favorit. Kalau ingin membeli online lebih baik langsung di Natur Official Store (@backtonatur).

First Impression

Saya sudah lama dan hampir lupa juga sudah berapa lama menggunakan shampoo ini. Jadi saat pertama kali digunakan rambut jauh lebih lembut dan mudah diatur. Karena penggunaanya juga diselang-seling dengan yang Natur Gingseng, jadi rambut saya bener-bener lebih sehat dan indah.

Memang sangat penting untuk mengetahui cara merawat dan menutrisi rambut dengan tepat. Tidak hanya merawat dan memberi nutrisi untuk rambut dari luar saja, harus banget dari dalam juga. Karena hasil yang terlihat akan lebih maksimal. Kalau Anda memakan makanan yang tidak ada nutrisinya ya bukan hanya tubuh saja yang tidak sehat tapi rambut juga.

Nah, itu dia beberapa tips cara merawat dan menutrisi rambut versi saya. Semoga bisa memberi manfaat untuk Anda yang membaca. Kalau ada yang ingin bertanya atau sharing boleh banget di kolom komentar, ya! 

Terima kasih sudah mampir ke rumah ini, sampai bertemu lagi ditulisan selanjutnya.

17 Replies to “Cara Merawat dan Menutrisi Rambut”

  1. Giselle says: April 1, 2022 at 3:56 pm

    Karena gue butuh banget yang namanya hair dryer atau catokan jadi aware banget sih sama kesehatan rambut. Mulai dari produk yang dipakai, sampai perawatan alami juga pakai produk alami kaya buah-buahan. Untuk catokan sendiri gue ya maunya yang gpp mahalan dikit tapi nggak bikin rambut gue rusak parah juga. Kemaren gue abis checkout barang di Belanja Online ACE itu isinya buat hair traitment aja sih. Hehehehe

  2. Ira Hamid says: April 1, 2022 at 12:53 pm

    rambutku rontok nih, jadi pengen coba pakai natur shampoo dan conditionernya deh biar rontok ini bisa berkurang

  3. Sovi Nur Wakhidah says: April 1, 2022 at 12:49 pm

    Ternyata ada banyak cara merawat rambut, ya, Mbak. Aku mah paling sampoan doang 2-3 hari sekali sama rutin gunting rambut. Hehehe. Padahal vitamin atau conditioner penting juga yaaa.

  4. Rach Alida says: April 1, 2022 at 12:43 pm

    Natur tuh nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Biasanya kalau udah ada tanda tanda kerontokan, langsung pakai produk Natur udah pasti rambut ga rontok lagi

  5. Nchie Hanie says: April 1, 2022 at 12:25 pm

    Sepakat banget gy, kalo merawat rambut yang tepat salah satunya bisa memilih shampoo dan conditioner yang tepat. Dan memilih Natur Hair Care bisa jadi solusi buat keluhan pada rambut dan terpercaya produk ini

  6. Yanti ani says: April 1, 2022 at 12:06 pm

    Menarik banget ya produknya, ada banyak manfaat yang bisa rambut dapatkan. Saya sepertinya butuh nih, soalnya rambut saya suka rontok.

  7. gina says: April 1, 2022 at 11:47 am

    produk legend, karena udh dari jaman ibu bapak. Nature paling pas dipakai apalagi disaat rmbut yang rusak, soalnya saya punya pengalaman itu mbak. Karena keseringan cat rambut, akhirnya jadi rusak dan bercabang. Disarankan memakai natur, step by step..akhirnya masalah pun terjawab.

  8. lendyagassi says: April 1, 2022 at 11:13 am

    Aku sejak kapan lalu pengen banget mewarnai rambut, meski tau rambutnya bakalan rusak. Tapi pengeen….
    Baca artikel teteh, jadi yakin, aman banget mewarnai rambut dengan syarat dirawat secara intensif menggunakan produk Natur. Sekarang baru pakai shampoo-nya aja.
    Nanti kudu biasain pakai conditioner dan serum nya yaa..

  9. Shyntako says: April 1, 2022 at 10:58 am

    Andalanku nih, aku tiap belanja groceries suka beli Natur karena kan rambutku rontok parah gegara sering cat rambut, jadi aku biasanya beli yang ginseng untuk ngurangin rambutku yang mudah rontok

  10. Ida Tahmidah says: April 1, 2022 at 9:21 am

    Aku juga di rumah pakai shampoo nature iniMba sempat juga pakai yang lidah buaya tapi ternyata aku cocok yang biasa dipakai yaitu yang gingseng.

  11. Nia Haryanto says: April 1, 2022 at 8:27 am

    Ngomongin rambut jadi inget rambut sendiri. Makin tipis deh rambutku. Sebabnya gara-gara kopid nih. Rontoknya ampun-ampunan. Dan kayaknya memang kurang nutrisi juga. Aku pemales banget. Huhu kudu dirawat nih. Kayaknya kudu pake Natur lagi deh. Biar akarnya kuat. Dan jadi subur lagi rambutku. Dulu aku pake yang ginseng. Mau nyoba yang ini ah.

  12. Dian Radiata says: April 1, 2022 at 12:58 am

    Aku juga pake Natur nih, mba.. Yang varian gingseng. Shampoo dan hair tonic-nya. Soalnya rambutku rontok nih abis melahirkan. Aku pake shampoo Natur mulai dari jaman aroma jamu sampe sekarang aromanya wangi..

  13. Okti Li says: March 31, 2022 at 11:05 pm

    Meski tertutup jilbab perawan rambut saya tetap dinomorsatukan. Justru ketutup terus harus mendapatkan perhatian ekstra ya. Natur sih udah dari dulu saya juga pakai

  14. Sri Al Hidayati says: March 31, 2022 at 10:09 pm

    Jadi inget buat perawatan rambut nih. Udah kebayang nyamannya pake Natur E ini dan pake conditionernya juga bisa berasa bak di salon yaa di rumah pun.

    1. Ainhy Edelweiss says: April 3, 2022 at 7:56 am

      Rambut aq belakangnya rontoknya parah smpai parno sendiri krn blm pernah rontok sebanyak itu, smga Natur jadi solusi yang tepat nih buat rambut

  15. winda - dajourneys.com says: March 31, 2022 at 3:43 pm

    aku pake natur dari jaman aromanya jamu jean, sekarang nih enak wanginya, dulu jamuuuu banget hahaaa

  16. Bibi Titi Teliti says: March 30, 2022 at 9:56 pm

    Aku suka pake hair tonic dari Natur Gyy, enak dan lumayan rambut rontok berkurang
    Ini jadi penasaran pengen cobain conditionernya deh Natur Aloe Vera, rambutku lagi kering dan kusam soalnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*