jne

Cara Meningkatkan Penjualan Secara Online. Hallo, apa kabar? Semoga Anda dan keluarga selalu diberikan kesehatan selalu. Amin 😇

Selama memasuki masa pandemi semua orang diharuskan atau dipaksakan untuk bisa menggunakan gadget atau teknologi. Untungnya saat pandemi terjadi dunia digital sudah semakin maju, jadi ga gabut dan kesulitan saat harus #dirumahaja.

Tidak bisa dipungkiri saat Indonesia sakit, banyak sekali orang bertahan hidup di masa pandemi Covid-19. Saat pandemi banyak muncul Usaha Kecil Menengah (UKM) dibidang kuliner, mulai dari frozen food, camilan kekinian, hingga minuman kekinian, semua dijual secara online. Bangga banget, ternyata disaat masa sulit semakin banyak bermunculan ide-ide kreatif.

Namun, dengan banyaknya ide yang bermunculan lalu viral, tentu persaingan tidak bisa dihindari. Maka setiap UMKM harus bisa dan tau cara untuk meningkatkan penjualan secara online. Supaya pendapatan yang dihasilkan juga lebih maksimal dan bisa melakukan persaingan secara sehat.

Cara Meningkatkan Penjualan Secara Online

jne online shop

Saat ini rata-rata orang lebih suka melakukan belanja secara online. Maka kita sebagai pemilik usaha online harus tau apa saja yang harus diperhatikan saat memulai usaha yang akan dipasarkan secara online. Ini dia ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai pelaku usaha kecil menengah untuk bisa meningkatkan penjualan secara online.

Menentukan Kemasan atau Packaging yang Menarik

Kemasan itu sangat penting karena untuk menarik perhatian orang saat pertama kali melihatnya. Selain itu juga, untuk bisnis makanan, kemasan juga sangat penting. Memilih kemasan yang dapat membuat makanan itu tidak tumpah atau bocor, makanan tidak cepat basi, dan makanan juga terjaga kebersihannya.

Jadi untuk memilih packaging harus trial and error supaya menemukan jenis dan bentuk kemasan yang tepat untuk bisnis kuliner atau yang lainnya.

Melakukan Quality Control

Quality control ini sangat penting, apa lagi Anda menjual barang secara online. Pembeli tidak melihat langsung barang yang akan dibeli, hanya mengandalkan foto atau video yang ada. Jadi kalau bisa untuk selalu melakukan quality control sebelum barang atau pesanan dikirim kepada customer.

Foto dan Video Produk

Karena penjualan dilakukan secara online, maka harus punya materi untuk melakukan promosi. Ya, Anda membutuhkan foto dan video untuk bisa menawarkan produk kepada calon pembeli. Tidak perlu menggunakan kamera atau properti foto yang mahal. Yang penting gambar terlihat jelas tidak blur dan tidak merubah warna produk.

Tapi jika ingin terlihat profesional, Anda bisa menggunakan jasa foto dan video produk. Sekarang banyak kok yang menawarkan jasa foto dan video dengan harga yang terjangkau tapi hasil bagus.

Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Tempat Promosi

Jika Anda sudah memiliki materi berupa foto dan video produk, ayo manfaatkan media sosial sebagai tempat promosi. Media sosial yang banyak penggunanya adalah Instagram, TikTok, dan Facebook. Tapi kalau bisa pisahkan akun pribadi dengan akun bisnis Anda. Supaya promosi lebih maksimal dan terlihat profesional.

Selain itu juga sekarang semua media sosial sudah ada fitur live, jadi  bisa menjual dengan memperlihatkan barangnya secara virtual. Untuk TikTok sudah mendukung untuk bisa transaksi langsung seperti di marketplace. Jadi manfaatkan media sosial yang ada untuk meningkatkan penjualan Anda.

Menggunakan Jasa Influencer atau Reviewer

Anda juga bisa menggunakan jasa influencer atau reviewer untuk memperkenalkan produk Anda kepada banyak orang atau followers mereka. Jangan pernah berharap penjualan Anda meningkat pesat, karena itu bukan tugas mereka untuk meningkatkan penjualan. Tapi tugas mereka adalah memperkenalkan produk Anda.

Melakukan Penjualan di Marketplace atau E-commerce

Di zaman digital dan serba digital, Anda sebagai pelaku usaha harus memiliki toko online di marketplace atau e-commerce juga. Supaya penjualan secara online bisa lebih maksimal. Tapi ingat, setiap marketplace dan e-commerce mempunyai kebijakan yang berbeda-beda. Jadi Anda harus lebih teliti lagi sebelum melakukan penjualan di sana, supaya tidak mengalami kerugian.

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online

jne gol..aborasi
Source : JNE

Sebagai bentuk dukungan JNE kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), JNE menghadirkan JNE Ngajak Online 2022 – Goll..Aborasi Bisnis Online secara virtual. Acara ini mengumpulkan UKM lokal di 59 Kota di Indonesia. Kota pertama adalah Cilacap, pada acara Goll..Aborasi ini, JNE sangat berharap para pelaku UKM dapat meningkatkan daya saing dan mengembangkan kapasitas.

Pada acara Goll..Aborasi Bisnis Online, Marsudi selaku Head Regional Jateng-DIY membuka gelaran ini dengan menyatakan,

“Melalui acara ini semoga laju pertumbuhan UKM bisa bersama-sama tumbuh, menuju perkembangan bisnis 5.0. yang akan bertransformasi secara cepat. Mudah-mudahan JNE bisa memberikan terobosan tidak hanya melayani pengiriman, namun memberikan solusi bagi para pengusaha.”

Acara ini juga menghadirkan pelaku UKM, yaitu Sugeng Paijo selaku Direktur Teman Kreasi Cilacap dan Owner Jajanan Mamake, serta Arif Hermawan selaku Owner Workshop Ableh 47 Custom (AK47 Project) yang membagikan kiat-kiat sukses berbisnis online di era ini.

Sugeng Paijo juga membagikan pengalamannya dalam menjalani bisnisnya, seperti melakukan soft selling di media sosial. Jadi tidak melulu meng-upload foto atau video produknya. Tapi bisa apa saja ingredients-nya, fungsi dari salah satu ingredient, melakukan quiz atau game. Supaya orang atau followers tidak bosan dan lebih nyaman.

Sedangkan Arif Hermawan berbagi bahwa value dalam berbisnis sangat penting. Angan-angannya adalah mampu membangun ekosistem UKM kriya di Cilacap, hal ini berangkat dari keprihatinan Arif melihat banyaknya pengangguran sejak pandemi COVID-19 melanda.

Beliau juga mengingatkan bahwa pentingnya menyusun strategi pendekatan ke pelanggan. Arif menemui banyak momentum lucu dan unik dalam berhadapan dengan konsumen terutama Ibu-Ibu, hal ini mendorongnya untuk menyusun pendekatan kepada pelanggan yang santai dan terbuka.

Baik Arif ataupun Sugeng adalah pedagang dengan skala pengiriman produk yang tidak sedikit, mendorong keduanya untuk mampu memilih jasa ekspedisi yang memudahkan aktivitas bisnis. Mereka memilih menggunakan fasilitas JNE Trucking (JTR), karena minimal pengiriman 10 kg akan mendapatkan setengah harga jadi lebih murah. Selain itu juga ada fasilitas pick up.

Mendengar sharing dari Arif dan Sugung, Bagus Indra Zulfikar selaku Kepala Cabang JNE Cilacap menambahkan,

“Kita juga ada program menarik contohnya melakukan seminar kerjasama dengan Pak Sugeng yang temanya kreasi, selain itu ada program khusus yaitu e-fulfillment yang bisa menampung barang apabila teman-teman UKM tidak memiliki gudang. Kita akan sediakan space-nya”ujar Bagus pada JNE Goll..Aborasi Bisnis Online, Jum’at (25/3).

Sebagai bentuk dukungan bagi UKM Cilacap, JNE juga secara aktif menghadirkan pelatihan digital marketing seperti instagram Ads, facebook Ads, atau pelatihan membuat konten yang menarik.

Senang dan bangga sekali kepada JNE yang selalu mendukung para pelaku Usaha Kecil Menengah. Untuk kota selanjutnya JNE Goll..Aborasi Bisnis Online ini akan hadir di Kota Sukabumi.

Sukses selalu untuk JNE karena sudah mau menjadi perpanjangan tangan pebisnis kepada pembeli, selain itu juga sudah mau memberikan pelatihan ataupun webinar seperti ini. Terima kasih sudah mampir ke Blog ini, sampai bertemu ditulisan selanjutnya.❤ 

One Reply to “Cara Meningkatkan Penjualan Secara Online”

  1. Nyi Penengah Dewanti says: May 9, 2022 at 5:22 am

    Makasih tipsnya kak Jean aku kebetulan juga punya usaha souvenir. Allhamdulilah bisa dipraktikan. Packaging ini memang PR banget

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*