Hallo, apa kabar?

Siapa yang suka pakai Softlens? Kalau saya suka pakai kalau mau pergi ke acara tertentu, atau ada liputan event. Kalau biasanya suka pakai softlens yang berwarna soft atau bening. Karena warna dasar mata saya adalah coklat, jadi kalau pakai softlens yang berwarna suka takut tidak cocok.

Di Blog Post kali ini, saya ingin memberikan beberapa tips untuk merawat softlens. Karena waktu beberapa waktu yang lalu sempat review softlens dari X2, dan ada yang minta untuk tips merawat softlens tersebut. Jadi yang pensaran, simak terus tulisan ini, ya! 😊

Softlens

Softlens sangat sering digunakan oleh orang sebagai fashion, atau pengganti kacamata. Tapi ada beberapa hal penting yang harus diketahui jika ingin menggunakan softlens, yaitu :

  1. Ketahui dulu bagaimana kondisi mata Anda, apakah mengandung air yang banyak atau normal. Jika jumlah air mata Anda normal, lebih baik menggunakan softlens yang kadar airnya tinggi. Sedangkan jika air mata Anda tergolong sedikit, lebih baik menggunakan yang kadar airnya rendah.
  2. Besarnya diameter softlens. Kalau saya ukuran matanya kecil atau sipit, akan lebih baik menggunakan softlens yang diameternya 14mm-14.5mm. Jika lebih besar dari itu, biasanya mata saya terasa perih, karena diameter softlens lebih besar dari kornea mata.
  3. Ketahui berapa minus mata Anda, supaya bisa memilih ukuran softlens. Kalau saya selalu mengurangi ukuran softlens sebesar 0.25. Contoh, mata saya minus 1.75, maka saya harus memakai softlens yang ukurannya minus 1.5.
  4. Harus bisa dan mau merawat kebersihan softlens.

Cara Memakai Softlens

Jika Anda ingin menggunakan softlens, ada beberapa cara yang biasa saya lakukan, yaitu :

  1. Mencuci tangan sebelum mengambil dan memaki softlens ke mata.
  2. Beranikan diri saat menaruh softlens pada mata.
  3. Tarik kelopak mata bagian atas, lalu mulai simpan softlens pada mata.
  4. Kedipkan mata beberapa kali, agar softlens bisa terpasang dengan baik.
  5.  Terpenting, biasanya saya mencuci di telapak tangan dengan cara memutar softlens.

Itu dia cara saya kalau pakai softlens, kalau Anda caranya mungkin agak berbeda, hihi.

Cara Merawat Softlens

Ada beberapa hal yang hal yang harus Anda lakukan supaya softlens yang digunakan tetap bersih dan terhindar dari jamur.

  1. Selalu ganti air yang ada di tempat softlen. Apa lagi bila ingin menyimpan softlens setelah digunakan.
  2. Mencuci softlens setelah digunakan dan sebelum disimpan dalam tempatnya.
  3. Kalau sudah lama tidak digunakan, pastikan selalu mengganti air softlens yang untuk merendam. Minimal seminggu sekali.
  4. Selalu ingat tanggal kadarluasa, supaya tidak terjadi iritasi pada mata.

Semoga cara-cara diatas dapat membantu Anda untuk merawat softlens, agar softlens terhindar dari bakteri atau jamur.

X2 Softlens

Sejak pertama menggunakan softlens, saya selalu menggunakan merk X2. Karena sudah terpercaya dan sangat cocok dengan mata saya. Nah, kebetulan bulan Juni lalu saya ikut 1st Gathering Bandung Beauty Vlogger. Lalu X2 menjadi salah satu sponsor pada acara tersebut. Semua peserta mendapatkan softlens yang variant X2 Glam, saya mendapatkan dua warna yaitu Aguamarine dan Tourmaline.

Description

X2 Glam ini mempunyai description sebagai berikut :

BC              : 8.6

Dia             : 15.0

Water        : 55%

Polyhema : 45%

Time          : 6 Months

Review

Saya suka sekali dengan warnanya yang soft, sehingga masuk dan cocok untuk warna mata saya yang coklat. Tapi sangat di sayangkan ukuran diameternya yang 15, jadi saya tidak bisa menggunakan softlens ini terlalu lama. Sebenarnya tidak terlalu mengganggu sekali tapi cepat membuat mata saya cepat pegal.

Anda sudah pernah menggunakan variant ini? Suka dengan warna apa?

One Reply to “Cara Memilih dan Merawat Softlens”

  1. Barracuda says: August 2, 2019 at 1:28 pm

    terimakasih sudah berbagi,.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*