jne award 2022

Bertahan Hidup di Masa Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 sangat berdampak untuk berbagai aspek, terutama ekonomi. Seperti saya dan keluarga terkena dampaknya, suami harus dikeluarkan dari tempat kerjanya. Sedangkan saya tidak ada tawaran job event untuk Blogger, karena aktivitas secara tatap muka sangat dibatasi.

Untuk bisa bertahan hidup di masa pandemi Covid-19 saya memutuskan untuk berjualan. Mulai dari menjual barang-barang pribadi, makanan, dan cemilan. Saya membuat bawang goreng resep alm. mama, macaroni goreng, singkong goreng, dan kerupuk.

Cara berjualannya saya broadcast message di WhatsApp dan Instagaram. Untuk berjualan makanan ini saya belum berani menjualnya di e-commerce, karena kondisi saya sedang hamil. Ya, hamil di masa pandemi Covid-19, memang kita berencana ingin memiliki anak ketiga, tapi Tuhan kasih saat pandemi mulai terjadi. Tetap bersyukur dan jalani, karena saya percaya penyertaan Tuhan luar biasa.

Sedangkan untuk barang pribadi saya menjualnya melalui aplikasi “Carousell“, aplikasi ini sangat membantu sekali dalam menjual barang-barang. Memang tidak cepat laku terjual, tapi sangat membantu sekali karena bisa menjual dengan harga yang bagus.

Saling Mendukung dan Membantu di Masa Pandemi Covid-19

jne top award 2022

Saya bersyukur banget bisa berada dalam komunitas Blogger dan mempunyai teman yang bisa saling mendukung dan membantu di masa pandemi. Makanan yang saya jual banyak yang beli teman-teman Blogger, baik yang di Bandung ataupun Jakarta. Sampai ada yang menjadi reseller macaroni goreng dari Purwakarta.

Setiap ada yang beli jualan saya, pasti saya mengirimkan barang-barang tersebut menggunakan ekspedisi JNE, karena harganya cukup terjangkau dan dekat juga dari rumah. Jadi saya tidak perlu repot jika membawa paket yang banyak.

Dengan kebaikan Tuhan dan teman-teman yang membeli jualan saya, tentu saya juga harus membantu orang juga dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini. Jadi saya membuka penawaran untuk memberi promosi dan foto gratis untuk setiap UMKM yang sedang berjuang juga di masa pandemi. Senang banget bisa saling membantu dan mendukung di masa pandemi ini.

Tips Bertahan Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Di sini saya hanya berbagi/sharing berdasarkan pengalaman yang saya lakukan untuk bisa bertahan hidup, jadi bukan untuk menggurui, ya!

  1. Berdamai dengan diri dan keadaan, memang bukan hal yang mudah. Tapi hidup tetap berjalan dan ada keluarga juga yang harus diurus. Kalau kita tidak mulai untuk berdamai dengan diri dan keadaan, tidak akan bisa berpikir dengan tenang dan positif. Akhirnya hanya akan diam di tempat dengan meratapi keadaan.
  2. Bersyukur dalam segala hal, dalam keadaan kesulitan tentu besyukur bukan hal yang mudah. Tapi ingat kita punya Tuhan yang luar biasa dan besar. Kalau hanya fokus dengan masalah dengan bersungut/marah/kuatir, sama aja kita meragukan adanya Tuhan. Tuhan mengizinkan masalah terjadi dalam kehidupan, tentu ada maksud dan tujuan. Bagian kita hanya perlu mengucap syukur.
  3. Tidak Melakukan Pinjaman Online, walaupun keadaan sedang sulit saya sangat tidak menyarankan melakukan pinjaman online. Itu hanya akan memperburuk keadaan bukan menjadi solusi. Karena kita tidak memiliki pemasukan tetap seperti sebelum pandemi. Lebih baik menjual barang pribadi untuk dijadikan modal berjualan.
  4. Kreatif dan mencoba hal baru, kondisi pandemi putusin dulu deh kemalasan dan gengsi atau malu. Karena untuk bisa bertahan hidup kita harus berani keluar dari zona nyaman. Mulai kreatif dan belajar hal baru sesuai kemampuan/minat dan mulai menawarkan jasa atau produk kepada orang sekitar. Buat apa malu, kan kita tidak meminjam/meminta/merampok orang yang kita tawarkan. Kalau ditolak? Ya, wajar dan harus berbesar hati.
  5. Berkolaborasi, masa pandemi seperti ini semua dilakukan secara online. Banyak orang juga yang bisa tetap bertahan dengan cara berkolaborasi. Diantaranya mencoba membuat konten dengan teman yang seprofesi. Atau membuat barang atau makanan yang berkolaborasi dengan teman lalu dijual secara online.

Tetap Bertahan dan Mendapatkan Penghargaan di Masa Pandemi Covid-19

pandemi covid-19

Pada masa pandemi Covid-19 semua diharuskan untuk online, mulai dari kerja, belajar, dan belanja. Maka tidak kaget kalau saat pandemi toko online, kursus online semakin banyak. Dibalik itu semua tentu ada yang berjasa sangat besar untuk toko online, yaitu ekspedisi. Dengan adanya ekspedisi seperti JNE, semua pesanan customer bisa sampai dengan selamat dan baik kepada yang pesan.

Walaupun kondisi pandemi, JNE tetap mempertahankan kapabilitas dan kapasitasnya sebagai ekspedisi. JNE terus melakukan pengembangan dan peningkatan dalam pelayanan, sehingga tetap memberikan manfaat bagi stakeholder, pelanggan, maupun mitra.

Pada usia JNE yang ke-31 , setiap usaha dan upaya yang dilakukan membuahkan hasil yang baik pula. Sehingga JNE kembali dianugerahi penghargaan bergengsi, yaitu Indonesia Top Digital Public Relations Award 2022 kategori “Jasa Pengiriman“. Penghargaan ini didapatkan oleh JNE selama 3 tahun berturut-turut.

Mungkin Anda belum tau apa itu Indonesia Top Digital PR, ini merupakan sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan yang pintar dalam memanfaatkan digital PR mereka dalam berkomunikasi. Seperti menjalin engangement dengan konsumennya untuk menciptakan persepsi dan citra positif terhadap produk dan perusahaan.

Pelajaran dari JNE yang Raih Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022

pandemi covid-19

Indonesia Top Digital PR Award 2022 dilakukan secara virtual pada 24 Februari 2022. JNE dapat meraih penghargaan karena total skor yang didapat sebesar 12.58% lebih besar dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

Pada acara tersebut Eri Palgunasi, selaku VP of Marketing JNE, mengungkapkan dengan “Connecting Happiness” [tagline JNE], dapat membawa manfaat bagi banyak orang, baik internal mau pun eksternal perusahaan. Oleh karena itu, penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima, serta melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis. Beliau juga berharap dengan program dan langkah JNE dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Dari sini saya pribadi mendapatkan pelajaran, bahwa niat yang baik yang dapat memberikan manfaat untuk orang lain, maka semua akan dilancarkan dan dihargai. Walau dalam kondisi pandemi dan kesulitan, tetap bisa mempertahankan kualitas pelayanan.

Sukses terus untuk JNE, semoga terus bisa membantu para pengusaha dan memberikan kebahagian untuk semua orang yang mendapatkan layanan.

Kalau Anda bagaimana? Hal apa yang sudah terjadi selama pandemi Covid-19 ini? Bagaimana Anda mengatasi dan bertahan hingga saat ini? Sharing di kolom komentar, yuk!

19 Replies to “Bertahan Hidup di Masa Pandemi Covid-19”

  1. Anggraeni Septi says: March 10, 2022 at 10:51 am

    setuju banget untuk tidak berhubungan dengan pinjaman online meski masa sulit seperti ini. Bangga banget sama JNE yang kiprahnya keren untuk memberi manfaat dan mengantarkan kebaikan pada orang-orang hingga pelosok. Sukses selalu JNE 🙂

  2. Gioveny says: March 9, 2022 at 4:30 am

    Alhamdulillah kita bisa bertahan hidup ya mbak. Kalo pengalamanku selama covid tahun ketiga ini baru merasakan jadi orang yg merawat isoman selama kurang lebih sebulan. Alhamdulillah sudah terlewati masa-masa itu

  3. Diah Alsa says: March 8, 2022 at 11:07 pm

    Salut Mbak, moga usahanya lancar selalu ya, apalagi udah memilih ekspedisi yang tepat nih, JNE memang selalu buat bahagia ya bagi seluruh konsumennya pantas banget dong dapat penghargaan sekeren ini 🙂

  4. Desi says: March 8, 2022 at 12:49 pm

    Bersyukur bgt klo ada ditengah2 temen atau sahabat dengan vibe yg positif. Itu anugrah bgt mnurut saya. Meski dalam keadaan duka tp diri akan trus kuat atau menjadi kuat utk melewatinya

  5. Sri Al Hidayati says: March 8, 2022 at 12:20 pm

    Suka dengan prinsip saling gotong royong ketika barang kita dibeli oleh teman teman ada rasa ingin membahagiakan produk jualan teman juga, jadi saling mendukung gitu ya Teh. Selamat JNE yang Raih penghargaan Digital Public Relation Award 2022. Semoga tetap bisa mempertahankan prestasinya ini. Aamiin

  6. ima satrianto says: March 8, 2022 at 11:48 am

    Bener banget mba, banyak hal baru dan membuat semakin kreatif yang bisa diwujudkan oleh mereka-mereka yang terdampak pandemi. Semoga saja semuanya terus membaik dan kita bisa naik kelas bareng2 setelah digembleng sama pandemi ya.

  7. gina says: March 8, 2022 at 11:47 am

    Tips yang bermanfaat dari mba Jeanette soal survive disaat pandemi, mungkin next article bisa ngasih tips juga utk kami yang ingin bertahan tanpa dirinya. wkwkwkw

  8. Nia Haryanto says: March 8, 2022 at 11:24 am

    Wuih keren ya JNE. DI masa kayak sekarang dapat penghargaan bergengsi begini. Ini jadi ciri kalo JNE memang punya kualitas yang bagus. Dan iya sih, buatku juga begitu. Sejak pandemi, banyak banget kontribusi JNE ke hidup aku. Hehehe, khususnya ya dalam hal memenuhi kebutuhan saat belanja online. JNE selalu jadi pilihan dalam nganterin belanjaanku. Selamat JNE.

  9. Ira Hamid says: March 8, 2022 at 11:15 am

    gak mudah yaa bisa tetapa bertahan di tengah pandemi namun jika kita berusaha, ternyata kita bisa loh. Contohnya adalah para pedagang-pedagang online yang justru sukses di masa pandemi ini. Mereka tentu didukung oleh jasa pengiriman yang baik seperti JNE

  10. Ika Putri Yuliana Sari says: March 8, 2022 at 11:11 am

    Eh tapi bener sih, semenjak pandemi jadi banyak banget wirausaha. Alhamdulillah ada JNE yang bisa diandalkan sebagai ekspedisi. Pengirimannya nggak pakai lama

  11. Ida T says: March 8, 2022 at 8:22 am

    Tips2nya keren nih Krn memang berdasarkan pengalaman jd memang pas sudah dipraktekkan…hehe.. bersyukur memang bikin hidup lbh bahagia ya

  12. Shyntako says: March 8, 2022 at 8:12 am

    Masa pandemi memang menghantam semua orang dengan kadarnya masing-masing ya, memang harus kreatif dan mau cari peluang sih biar bisa bertahan melalui masa-masa sulit kaya gini, seperti JNE yang bisa survive sampai dengan saat ini

  13. Ida Tahmidah says: March 8, 2022 at 7:52 am

    JNE tuh enaknya ada dimana-mana jadi ga susah mencarinya… jadi akhirnya jadi langgananku deh. Selain layanannya juga ga mengecewakan sih….

  14. Yuni Handono says: March 8, 2022 at 5:44 am

    Pandemi berdampak pada semua sektor kehidupan ya mba. Kehidupan berubah drastis, bahkan harus membuka lembaran baru lagi dan membiasakan kehidupan yang jauh berbeda dengan sebelumnya. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan hidup karena pandemi ini membuat harga kebutuhan naik drastis. Meski suami pegawai negeri tapi tetap merasakan dampaknya, terlebih sejak berpindah tugas dan kami harus LDR an demi menemani anak menyelesaikan pendidikannya…bener2 terasa banget. Tapi kita memang harus sabar tidak boleh emosi atau patah semangat, karena semua ini ada hikmahnya. Saya juga memanfaatkan layanan JNE untuk berbisnis online. JNE emang top sangat mengerti keinginan pelanggannya.

  15. Nabilla - Bundabiya.com says: March 8, 2022 at 12:18 am

    salah satu cara bertahan hidup saat pandemi ya jualan sesuai apa yang jadi kebutuhan masyarakat ya.. kalau saya selama pandemi dua tahun trakhir banyak fokus ngeblog sama jalanin bisnis persewaan aja

  16. Myra (Keke Naima) says: March 7, 2022 at 10:47 pm

    Saling mendukung memang penting banget. Saya juga sempat stress di awal pandemi. Gak menyangka bakal mengalami kondisi seperti itu. JNE juga termasuk yang mendukung, nih. Sesuai dengan tagline perusahaannya “Connecting Happines”

  17. nchie hanie says: March 7, 2022 at 1:15 am

    Makin bangga dengan diri sendiri ya Gy, sudah bertahan sejauh ini apalagi bisa melewati dan tetep bertahan m di masa Pandemi, layak mendapatkan pengahargaan buat diri sendiri.
    Seperti halnya JNE yang selalu melayani pelanggannya dan tetep bertahan juga di pandemi sampai menadaptkan penghargaan Top Digital Public Relations Award 2022 kategori Jasa Pengiriman, selama 3 tahun berturut-turut. Kereen pisaan!

  18. Yanti ani says: March 7, 2022 at 1:01 am

    Saya setuju nih berdamai dengan diri sendiri karena selama pandemi ini cita-cita saya pergi ke sana kemari jadi tidak bisa terwujud. Semoga covid cepat selesai ya, meski nampaknya masih setahun lagi nih.

  19. Lusi says: March 7, 2022 at 12:58 am

    Syukurlah selalu ada ide untuk bertahan di tengah pandemi. Semoga produknya makin laris terjual. Semoga usahanya maju supaya tidak perlu khawatir lagi dg phk

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*