Cafe More Bandung

Hallo, apa kabar?

Sekarang semakin banyak ya tempat kopi. Tapi ada coffee shop yang baru dan spesial di Bandung, yaitu Cafe More Wyata Guna. Kenapa spesial? Karena barista yang bekerja adalah seorang disabilitas sensorik netra. Penasaran seperti apa cerita dan tempatnya? Baca terus sampai akhir, ya!😊

Cafe More Wyata GunaBandung

Cafe More Bandung
Barista Cafe More Penyandang Disabilitas Sensorik Netra

Coffee shop yang baru di Bandung adalah Cafe More Wyata Guna. Tempat ini ada sejak Desember 2019, yang berada di dalam Wyata Guna Pasirkaliki Bandung. Kenapa berada di dalam Wyata Guna? Karena coffe shop ini dikelola oleh Badan Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna, yag merupakan lembaga yang dinaungi Kementerian Sosial.

Baca Juga : Kopi Seru Bandung

Wyata Guna membuka cafe ini dengan tujuan memenuhi hak-hak disabilitas dan belajar untuk mandiri dalam dunia pekerjaan. Jadi yang menjadi barista di Cafe More ini adalah orang-orang disabilitas sensorik netra. Sebelumnya barista yang bekerja di Cafe More ini diberikan pelatihan oleh Siloam Center for The Blind Korea, yang dimulai pada Juni 2019 lalu. 

Cafe More Wyata Guna Bandung
Interior Cafe More Wyata Guna Bandung

Barista yang mengikuti pelatihan ada enam orang dan tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Mereka diajarkan mulai dari penggunaan mesin pembuat coffee, teknik menyeduh, dan lainnya hingga kopinya jadi. Keenam orang sudah mengikuti pelatihan akhirnya menjadi barista tetap di Cafe More dan merangkap juga menjadi kasir dan pelayan. Cafe More ini buka dari pukul 08.00 sampai 21.00 WIB, jadi mereka dibagi menjadi dua shift yaitu siang dan malam.

Cafe More Information

Cafe More Bandung
Menu Cafe More Bandung

Bagaimana dengan harga di Cafe More ini? Tenang harganya cukup terjangkau kok, terus juga bukan hanya menyediakan kopi saja, tapi ada juga Frape, Chocolate, Milk, dan Tea. Untuk harga kopinya mulai dari Rp 18.000 – Rp 25.000, untuk Frape mulai dari Rp 25.000 – Rp 28.000, Chocolate dan Milk mulai dari Rp 20.000 – RP 25.000, dan  untuk menu Tea nya mulai dari Rp 10.000 – Rp 16.000.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Bandung, Bolu Susu Lembang

Cafe More Wyata Guna Bandung
Es Kopi Susu Aren

Saat saya ke sana masih ada promo beli Es kopi Susu Aren, Leci Tea, atau Espresso, sudah mendapatkan brownis, cukup membayar sebesar Rp 25.000 saja. Dan ini menjadi menu yang paling banyak dipesan saat itu.

Tempat ini berada di dalam kawasan Badan Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna. Nanti dari gerbang depan, Anda cukup bilang ingin ke Cafe More. Nanti akan diarahkan untuk belok ke kiri saja, dan akan terlihat coffee shop-nya.

Cafe More Wyata Guna Bandung
Suasana Cafe More Wyata Guna Bandung

Kalau Anda berkunjung ke Cafe More ini pada siang hari, saya himbau untuk membawa kipas angin kecil yang portable. Karena waktu saya dan teman-teman berkunjung kesana, kami sangat kepanasan sekali dan merasa tidak nyaman. Mungkin kondisinya diluar sangat panas, di dalam cafe pun sangat penuh orang, dan AC yang ada hanya satu. Mungkin AC yang ada juga tidak mampu untuk melawan panas diluar dan kondisi yang banyak orang juga didalam.

Suatu Pesan Dari Cafe More

Cafe More Bandung
Berkumpul Bersama Teman-teman Blogger Bandung di Cafe More Wyata Guna

Saya datang ke Cafe More ini bersama teman-teman dari Blogger Bandung. Kebetulan kami juga sudah lama tidak bertemu dan ngopi bareng. Jadi kami janjian dan bertemu di coffee shop yang baru di Bandung ini. Banyak sekali pesan dan pembelajaran yang didapat sesudah bermain dan ngopi disana.

Cafe More Bandung
Suatu Pesan di Meja Barista Cafe More

Di meja barista ada tulisan yang berisi”, “Kakak, terima kasih atas bantuannya untuk memesan dan mengambil orderannya langsung di tempatnya. Karena barista kami adalah penyandang disabilitas tunanetra.”

Cafe More Bandung
Pesan di Dinding Cafe More

Adapun tulisan di dinding yang cukup besar yang berbunyi, “Secangkir kopi yang Anda minum menciptakan pekerjaan untuk para penyandang disabilitas.”

Cafe More Wyata Guna Bandung
Hot Espresso 

Memang banyak sekali coffee shop di Bandung, tapi Cafe More ini sangat spesial. Bukan hanya dengan membeli kopi disana kita membantu mereka dalam menjalankan bisnis. Tapi ada pesan yang sangat mendalam saat melihat mereka membuat kopi. Dengan keterbatasan tapi mereka ingin terus belajar dan berusaha untuk bisa menjadi orang yang berguna dan menjadi berkat untuk orang lain.

Dengan kondisi kita yang sehat apakah masih pantas untuk bermalas-malasan, atau terus mengeluh capek saat bekerja? 

Baca Juga : Korean BBQ Murah di Bandung

Cafe More Wyata Guna Bandung
Es Kopi Susu Aren

Nah, itu dia cerita singkat saya saat bermain ke Cafe More. Kalau Anda pergi ke Bandung atau berada di wilayah Bandung, jangan lupa mampir ke Cafe More ini, ya! Sampai bertemu lagi di Blog Post saya yang membahas tentang kuliner. 😉

19 Replies to “Barista Disabilitas di Cafe More Wyata Guna Bandung”

  1. Greatnesia says: January 28, 2020 at 2:14 pm

    Bagus sekali konsepnya. Kita pengunjung bisa bersantai ngopi sambil sekaligus memberikan kesempatan kepada teman disabilitas untuk berkarya. Patut di apresiasi. Semoga bisa berkunjung kesana.

  2. Anisa Deasty Malela says: January 27, 2020 at 12:17 pm

    Kemarin sempat ikuti trending topik nya di Twitter, jadi penasaran sama suasana dan rasa kopi di Cafe ini deh,, mau cari tau bedanya secara langsung deh

  3. Dian says: January 27, 2020 at 10:58 am

    Keren pemilik cafenya…
    Memperkejakan para disabilitas..
    Disabilitas bisa mandiri

  4. lendyagasshi says: January 27, 2020 at 5:39 am

    Teh,
    Berarti menu-menu di Cafe More gak bisa di nikmati dengan pesanan online kah?
    Pengen banget cobain kopinya…
    Letaknya ada di Wyata Guna Bandung?

  5. Bundabiya.com says: January 27, 2020 at 3:16 am

    Keren banget. Salut sama pemerintah yang mau berupaya bikin program kayak gini. Memang perlu lebih banyak yg sadar dan terlibat ya mbak agar teman2 difabel juga bisa berkarya.

  6. Rani says: January 23, 2020 at 1:01 pm

    MasyaAllah, foundernya mulia banget ya memberikan kesempatan untuk kaum disabilitas.
    kalau ke bandung boleh deh aku mampir.

    1. Evalina says: February 23, 2020 at 9:45 pm

      Makan dan minum di Cafe More Wyata Guna berarti membantu orang yang menyandang disabilitas, semoga suatu saat aq bisa ke sana…

  7. April says: January 23, 2020 at 11:41 am

    MasyaAllah makin banyak yang mempekerjakan teman2 disabilitas ya mba. Tapi baru kali ibi aku tau yg tuna netra di.kafe, selama inu kyk di deket rumahku, yg dipekerjakan yg bisu tuli gtu.
    Semoga sukses terus kafenya dan selalu jd pengingat org yang datang ke sana utk bersyukur atas hidupnya

  8. Hidayati says: January 23, 2020 at 11:15 am

    Wah aku baru tahu neh ada barista disabilitas, keren kak seorang disabilitas pun dapat maju dan sukses serta menghasilkan karya.

  9. Nchie Hanie says: January 22, 2020 at 8:39 pm

    Barista yang lihai banget ya, ku sampe olohok ngeliat mereka ngeracik dengan segala keterbatasan, saluut, sediih tapi bangga. Hmm, berasa ketabook!

  10. Afifah Haq says: January 22, 2020 at 8:16 pm

    Bapakku dulu pernah jadi pengajar di wyata guna ini. Akutuh sering terharu kalau main ke sini, para penyandang tuna netra itu suka ajaib deh, suka banyak kelebihan2 yang bikin aku kagum. Termasuk soal kafe ini. Pasti rasa kopi racikan nya khas ya.

  11. Antin Aprianti says: January 22, 2020 at 4:14 pm

    Tempatnya terlihat nyaman, dan harganya juga terjangkau sekali, apalagi dengan mampir ke sana sudah membantu para penyandang disabilitas.

    Aku terharu baca pesan-pesan yang ada di cafe more wyata guna, semoga kalau pas main ke Bandung bisa mampir ke sana.

  12. innaistantina says: January 21, 2020 at 8:23 pm

    Biasanya ketika seseorang tidak dimampukan di 1 indera, maka indera-indera lainnya makin menguat. Ini jugaaa mungkin ya, yang membuat barista ini bisa dengan mahir meracik kopinya. Saluttttt

  13. Jalan-Jalan KeNai says: January 21, 2020 at 6:09 pm

    BRSPDSN Bandung ini tepatnya di mana? Saya gak hapal-hapal banget daerah Bandung hehehe.

    Tetapi, mau ah ke sini. Seneng karena penyandang disabilitas juga semain mendapatkan kesempatan yang sama

  14. Silvie says: January 21, 2020 at 5:07 pm

    Huuuu apresiasi banget kalau ada tempat yg memberdayakan kaum disabilitas. Kebanyakan orang menganggap remeh saat mereka bekerja karena kekurangannya.

    Tapi terbukti bahwa mereka juga punya hak yang sama dan membuktikan mereka jg bisa melakukan hal yang sama. Semoga semakin banyak cafe atau tempat lain yg perduli dengan teman teman disabilitas lainnya.

  15. elva s says: January 21, 2020 at 12:35 pm

    Ini suatu gebrakan baru buat para pembuka lapangan pekerjaan, karena para pekerja nya penyandang disabilitas tunanetra.
    Mungkin sebagian dianggap sebelah mata,karena kurang terampil dibanding orang normal pada umumnya.
    Tapi dengan memberi kesempatan kepada mereka, tentu menjadi suatu hal yang positif.
    Semoga kedepannya, semakin banyak tempat – tempat serupa.
    Agar memberi harapan baru untuk mereka

  16. Grandys says: January 21, 2020 at 6:24 am

    Kalo ada kesempatan untuk k Bdg, aku mau banget untik mampir k coffe shop ini teh. Karena teman-teman disabilitas juga miliki hak yg sama untuk berkarya dan melakukan pekerjaan, so bener banget secangkir kopi yg kita beli bisa beri efek produktif bagi mereka

    1. artha says: January 22, 2020 at 8:03 am

      aaah baru tahu. jadi kalau kita ngopi santai di sini bisa bantu mereka ya. semoga suatu hari saya bs berkunjung langsung deh. kangen.juga sama bandung dan kulinernya

  17. Aminnatul Widyana says: January 20, 2020 at 1:53 pm

    Bagus juga ya konsepnya bisa menampung para pekerja disabilitas. Jadi memperbanyak adanya lapangan kerja untuk mereka. Dilihat dari foto-foto ini sepertinya tempatnya lumayan rame ya. Banyak pelanggan yang datang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*