Memulihkan Akun Instagram

Hallo, apa kabar?

Instagram merupakan satu dari sekian banyak aplikasi media sosial yang sedang digemari masyarakat seluruh dunia. Bahkan, saking tren dan boomingnya, Instagram sering menjadi sasaran empuk untuk para hacker meretas akun-akun, yang telah memiliki banyak followers. Namun, buat Anda yang akun Instagram-nya pernah diretas jangan panik, karena ada cara memulihkan akun Instagram yang dihack dengan mudah.

Pasalnya, para hacker tidak hanya mengincar akun Instagram sekelas artis, selebgram atau orang penting saja yang memiliki banyak followers, karena orang biasa pun bisa kena hack loh, dengan berbagai motif dan tujuan. Nah, ketika akun Instagrammu kena hack, kebanyakan orang pasti akan langsung panik, padahal hal yang harus kamu lakukan adalah mengetahui cara memulihkan akun Instagram yang dihack.

Terlebih, cara memulihkan akun Instagram yang dihack tidak sulit kok, dan malah mudah banget. Mau tahu gimana caranya? Yuk simak ulasannya dibawah ini:

1. Buka help.instagram.com lalu pilih “Privacy & Safety

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akun Instagram kena hack adalah meminta bantuan via help.instagram.com lalu pilih menu Privacy & Safety > Report Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us.

Setelah Anda melakukan cara memulihkan akun Instagram yang dihack di atas, selanjutnya akan ada beberapa pernyataan yang muncul dan Anda perlu mengisinya dengan benar dan jelas. Nah, akun Anda pun akan pulih dengan sendirinya, dan jangan lupa lakukan restart dan ganti password yang lebih aman.

2. Agak sama dengan cara pertama, namun pilih menu “Impersonation Account

Untuk cara memulihkan akun Instagram yang dihack sebenarnya sudah hampir sama dengan cara yang di atas, hanya saja Anda pilih menu yang berbeda, yakni “Impersonation Account” untuk melaporkan bahwa akun Anda diambil alih oleh orang lain.

Namun, sebelum Anda pakai cara memulihkan akun Instagram yang dihack. Anda wajib mengisi form yang sudah disediakan Instagram dengan email lengkap yang Anda gunakan saat mendaftar Instagram. Tidak hanya itu, pastikan nama akun Instagram Anda tidak berubah.

3. Jika sudah berhasil lapor, maka akun Instagram Anda akan hilang otomatis

Di langkah ini, Anda tak perlu panik, karena akun yang otomatis hilang memang langkah dari pihak Instagram untuk memastikan bahwa memang ada tindakan pembobolan. Setelah itu, Anda memang tidak akan menemukan akun Anda di kolom pencarian, begitupun orang lain dan orang yang meretas.

Hal ini dilakukan pihak Instagram agar siapapun tidak lagi bisa memakai akun Instagram Anda yang diretas, dan biarkan pihak Instagram memproses pemulihannya. Setelah itu, sekiranya Anda ingin membuat akun baru, disarankan jangan membuat dengan nama akun yang sama dengan akun yang diretas.

4. Jangan bosan untuk cek email

Selanjutnya setelah Anda sudah melakukan cara memulihkan akun Instagram yang dihack di atas. Anda juga jangan pernah bosan untuk selalu mengecek email. Karena mungkin akan ada pesan dari Instagram terkait laporan Anda. Ketika email masuk, Anda tinggal ikuti langkah yang harus dilakukan terkait pengembalian akun Anda.

Lalu, biasanya pihak Instagram akan meminta Anda untuk melakukan instruksi sebagai berikut:

tulis tangan nama akun dan nama lengkap serta kode rahasia dari Instagram di kerta putih. Selanjutnya foto wajah Anda dan kertas putih tersebut, untuk memverifikasi bahwa Anda memang pemilik akun yang asli.

5. Instagram akan mengirim email terkait form yang perlu Anda isi (lagi) untuk mengembalikan akun Anda

Ketika pihak Instagram mengirimkan email form, usahakan isi dengan lengkap karena hal tersebut sangat penting, dan jangan sampai ada kolom yang tidak terisi.

6. Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, mohon bersabar menunggu balasan pihak Instagram

Biasanya pihak Instagram akan membalas dan mengembalikan email dan akun Anda kembali sekitar 4 hingga 7 hari. Bagaimana tandanya jika akun Anda sudah kembali? Tanda akun sudah kembali adalah muncul username Anda di kolom pencarian. Nah, Anda sudah bisa menggunakan akun Instagram Anda kembali deh.

Nah, setelah Anda sudah mendapatkan akun-nya kembali, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencegah peretasan ulang. Bagaimana caranya? Hal penting ini setidaknya wajib Anda ketahui, apalagi bagi akun yang sudah pernah diretas. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, Anda bisa baca di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/jangan-panik-ini-dua-langkah-mudah-pulihkan-akun-instagram-yang-diretas/

 

20 Replies to “Akun Instagram Kena Hack? Begini Cara Mudah Memulihkannya”

  1. Monica Anggen says: October 21, 2019 at 4:36 pm

    Sedih banget kalau akun Instagram kesayangan sampai kenapa-napa ya. Penting nih disimpan tipsnya biar bisa digunakan kalau terjadi sesuatu semacam hack gini. Tapi doanya, ya jangan sampai kejadian

  2. Faradila Putri says: October 19, 2019 at 7:19 am

    Aku juga pernah nulis soal instagram yang pernah di hack dan bagaimana caranya biar balik lagi. Lumayan deg degan soalnya aneeeh banget bisa di hack sama orang lain. Artis aja bukaan hahaha.

  3. Antung Apriana says: October 15, 2019 at 3:03 pm

    wah baru tahu nih caranya. memang repot ya kalau akun sampai dihack. apalagi kalau sudah banyak followernya

  4. Ola says: October 14, 2019 at 5:26 pm

    Bermanfaat banget ini infonya, thanks ya beb

  5. Farhati Mardhiyah says: October 14, 2019 at 11:59 am

    Duh jangan sampe deh kena hack IGnya, rawan banget nih apalagi kalau followers udah banyak, untungnya bisa balik lagj ya kak instagram yg kena hack, kan sayang followersnya

  6. Tika Samosir says: October 14, 2019 at 11:56 am

    Belum pernah hack sih instagram aku dan mudah-mudahan jangan ya. Tapi informatif banget nih tipsnya. Auto save ah..

  7. Arda Sitepu says: October 14, 2019 at 11:55 am

    Wah suka serem kalau IG di hack mbak, soalnya pernah masuk notifikasi email dan untungnya pas baca lalu di ignore dan diganti pasword nya. Artikelnya bermanfaat banget mbak.

  8. Agatha Revindra Widori says: October 14, 2019 at 11:04 am

    Makasi sharingnya Mba, aku termasuk orang yang takut jika instagram atau social media nya kena hack. Semoga hal tersebut ga kejadian ya Mba.

  9. Dian Restu Agustina says: October 14, 2019 at 10:23 am

    wah, bermanfaat sekali ini infonya. Bisa buat jaga-jaga ketika kejadian IG kita kena hack . Aku simpen ya Mbak Egy, semoga aja enggak sampai ke hack begini

  10. lendyagasshi says: October 14, 2019 at 10:22 am

    Kalau mau mengirimkan bukti bahwa kita adalah pemilik IG yang asli harus berbeda email kah?
    AKu hanya punya 1 email aktif.
    Nambah knowledge baru niih…nuhun, teteh.

  11. Evalina says: October 14, 2019 at 9:55 am

    Wah..wah..seram juga ya kalau akun instagram kena hack

  12. Efa Butar butar says: October 14, 2019 at 9:48 am

    Urusan hack hack begini emang serem banget yaaa. Takutnya hackernya ngelakuin hal hal yang ngerugiin kita baik dari materi ataupun nama baik. Walau rumit sekalipun, sebisa mungkin akun harus balik ke pemiliknya sih yaa

  13. Akarui Cha says: October 14, 2019 at 8:00 am

    Duh, jangan sampai deh Instagram saya di-hack. Terima kasih banyak atas informasinya. Langsung aku save.

  14. Kanianingsih says: October 14, 2019 at 7:47 am

    Makasih mba tipsnya. Saya blm pernah alami sih dan jangan sampai.

  15. Sapti nurul hidayati says: October 14, 2019 at 6:42 am

    Duh, semoga ga ada yang usil ngehack. Soalnya cari followernya sampai berdarah-darah..hihi btw mksh untuk tipsnya

  16. Siti Hairul says: October 14, 2019 at 5:58 am

    Aku beberapa kali nemuin notif penggantian password IG di e-mail kudu hati-hati ya sekarang sama akun sosmed

  17. Fauziah azzahra says: October 14, 2019 at 12:23 am

    Wah thank you kak. Informasi penting banget nih saat di hack jangan panik. Langsung lakukan step by step diatas. Kita gak pernah tau, bisa aja pas apes akun kita di hack. Huuu jangan sampe deh

  18. Dian says: October 13, 2019 at 5:08 pm

    Tulisan ini langsung aku bintangin..
    Makasih tipsnya mbak.
    Tapi moga moga jgn sampai deh kena hack, hehe..

    1. artha says: October 14, 2019 at 7:13 am

      Instagram saya pernah hilang dan akhirnya saya minta bantuan teman. untuk cari IG saya gak bisa sih. saya heran juga ini kena hack atau gimana yak

    2. Faradillah says: October 18, 2019 at 7:58 am

      Duh aku paling pusing kalo di hack bisa panik pernah dulu Facebook mau dihack alhamdulillah temanku ngerti cara balikin nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*