Awal tahun 2018, saya memutuskan untuk menulis kembali tapi bukan lagi menulis di buku diary seperti waktu SD dan SMP. Tapi suami saya menyarankan dan memberi wadah yaitu Blog. Saya sangat buta dan tidak tau apa itu Blog, bagaimana cara membuatnya dan mengolahnya. Hingga suami saya yang menfasilitasi semua, saya tinggal menulis saja. Karena dari SD saya sudah suka menulis buku diary dan Cerita Pendek (CerPen), tapi berhenti dan vacuum beberapa tahun lamanya.

Akhirnya, saya memutuskan untuk menulis kembali di sebuah Blog pribadi yang sudah dibuatkan oleh suami saya. Ada pun beberapa alasan mengapa saya memutuskan untuk menulis Blog ini, yaitu :

1. Menghilangkan Stress

menulis blog

Setelah lulus SMA di Jakarta saya sudah mendaftar untuk kuliah tapi tidak bisa masuk kuliah, karena papa sakit dan harus berhenti bekerja. Jadi kami pindah ke Bandung tempat orang tua papa, saya pun harus mencari kerja dan Puji Tuhan langsung mendapat kerja di sebuah toko Komponen elektronik.

Saya bekerja di tempat itu sudah hampir 10 tahun, mulai dari bagian toko sampai di percayakan menjadi kepala toko dan bagian keuangan di toko tersebut. Hingga tahun 2016 akhirnya saya berhenti bekerja, karena sudah mempunyai dua orang anak dan tidak ada yang mengurus mereka.

Belum sampai setahun saya mulai stress di rumah saja, karena biasa bekerja dan melakukan banyak hal. Sedangkan sekarang saya selalu ada di dalam rumah, dari bangun tidur sampai tidur hanya melakukan pekerjaan Ibu Rumah Tangga (IRT). Hingga saya cerita dengan suami, karena suasana hati dan pikiran sangat berat karena biasa bekerja di luar rumah.

Akhirnya suami membuatkan sebuah Blog untuk saya bisa melakukan hal baru dan bisa menghilangkan stress selama di dalam rumah. Saya sangat menikmati saat bisa menulis lagi, walaupun medianya berbeda. Biasanya saya menulis di sebuah buku diary, dan sekarang menulis menggunakan laptop atau smartphone, lalu di share di Blog. Stress saya pun mulai berkurang, saat memulai menulis.

Baca Juga : 3 Tema Blog yang Paling Saya Suka

2. Lebih Produktif

menulis blog

Sekian lama di rumah tidak bekerja, saya sangat merasa tidak produktif lagi. Apakah hanya saya yang merasakan hal ini? Atau memang semua ibu yang tadinya bekerja dan harus diam di rumah, akan merasa tidak produktif?

Tapi setelah dukungan dari suami dengan menyiapkan saya wadah yaitu Blog, sekarang saya merasa lebih produktif lagi. Karena saya sudah bisa melakukan hobi saya kembali, yaitu menulis. Walaupun sekarang wadahnya berbeda dan harus belajar lebih banyak lagi, tapi saya bahagia. Karena saya lebih produktif lagi, hati dan pikiran saya pun bahagia tidak stress lagi.

3. Menjadi Berkat Untuk Orang Lain

menulis blog

Setiap hal yang saya alami belum tentu dialami juga oleh orang lain atau mungkin mengalami hal yang sama juga. Setiap orang mempunyai solusi dalam menyelesaikan setiap masalah atau kendala. Saya menulis di Blog berdasarkan pengalaman yang dihadapi. Dengan begitu saya bisa berbagi cerita dan pengalaman dengan orang lain. Menurut saya pribadi ini dapat memberkati orang lain lewat cerita pengalaman pribadi.

Seperti tulisan teman saya di sesama komunitas ini, yaitu mbak Dewi Adikara. Dimana mbak satu ini mempunyai alasan tersendiri untuk menulis Blog. Bisa baca di sini, Alasan Sahabat Blogger Menulis Blog.

4. Menemukan Teman dan Komunitas

menulis blog
Pict.From Pixabay.com

Setelah pindah ke Bandung, hanya punya teman terbatas seputar teman kerja dan gereja. Sampai saya berhenti bekerja saya hanya di rumah, karena teman gereja sudah banyak yang pindah ke luar kota. Sedangkan teman kerja, setelah pulang kerja langsung pulang karena mengurus anak dan rumah tangganya.

Tapi saat memutuskan untuk menulis Blog, saya masuk ke dalam beberapa komunitas blogger. Akhirnya saya mendapatkan teman baru di dunia ini, kami bisa pergi bersama saat meliput event bersama. Belajar sesuatu yang baru bersama teman-teman, mungkin baru menurut saya yang baru tapi buat mereka adalah hal yang sudah sering dilakukan.

5. Me Time

menulis blog

Saat akhirnya memilih untuk menulis di Blog, saya memiliki waktu sendiri atau “Me Time”. Karena setelah saya melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang istri dan ibu, saya bisa berjam-jam diam di depan laptop untuk menulis sesuatu.

Apa lagi saat saya memunyai kesempatan untuk meliput sebuah event dan tidak diperkenankan membawa anak. Itu merupakan “Me Time” sekali buat saya, saya bisa keluar rumah tanpa harus membawa anak-anak. Walaupun kondisi ini tidak terlalu terasa lagi, saat mereka sudah mulai sekolah.

Itulah beberapa alasan yang akhirnya saya memutuskan untuk menulis Blog. Mungkin setiap blogger mempunyai alasan sendiri mengapa mereka mulai menulis di Blog. Tapi banyak hal yang dapat saya rasakan setelah mulai menulis di Blog.

19 Replies to “5 Alasan Saya Memutuskan Menulis Blog”

  1. Evi Sri Rezeki says: November 29, 2018 at 3:17 pm

    Memang ngeblog itu banyak manfaatnya ya, Teh 🙂

  2. Dian Restu Agustina says: November 25, 2018 at 9:24 pm

    Me Time ku bangets juga Mbak Egy, ngeblog ini…
    Saat ngeblog bener-bener adalah waktu untuk diri sendiri, berusaha produktif dan bermanfaat bagi sesama.

  3. Ida Tahmidah says: November 24, 2018 at 5:27 am

    Ngeblog memang banyak banget manfaatnya ya…beruntung bs mengenal dunia blogging ini…

  4. Hobiutami.blogspot.com says: November 23, 2018 at 10:39 pm

    Blognya cantik mbak.. Semoga blog saya nanti juga bisa cantik juga

  5. Gita says: November 23, 2018 at 9:59 pm

    Senangnya dapat dukungan penuh dr suami buat ngeblog n bener banget ngeblog adalah me time sekaligus refreshing disela2 kerjaan rumah tangga yang ga pernah habis hehe.

  6. Armita Fibriyanti says: November 23, 2018 at 8:46 pm

    Mari kita semangat Teh. Pekerjaan IRT emang harus diselingi dengan hobi biar kitanya tetap waras. Hehe

  7. Armita Fibriyanti says: November 23, 2018 at 8:45 pm

    Mari kita semangat Teh. Pekerjaan IRT emang harus diselingi dengan hobi biar kitanya tetap waras

  8. Dewi Adikara says: November 23, 2018 at 9:13 am

    Seru ya kalaubsudah mengenal blogging ya mbak Egy.. Adalagi dpat dukungan dari Suami😍

  9. Dyah Prameswarie says: November 23, 2018 at 5:28 am

    Stresnya ilang nggak, Gy, kalau dikejar deadline? Hahaha

  10. yayu arundina says: November 23, 2018 at 4:03 am

    Ngeblog bawa banyak berkah ya. Bikin happy happy terus. Met ngeblog lagi deh

  11. Eva Sri Rahayu says: November 23, 2018 at 12:23 am

    Iya banget, Teh. Ngeblog membuka jalan ke berbagai komunitas. Jadi banyak teman 🙂

  12. Bibi Titi Teliti says: November 22, 2018 at 6:20 pm

    Egyyyy, daku pun sama mulai ngeblog karena jenuh di rumah terus dan berasa kurang produktif.
    Senengnya karena ngeblog kita bisa jadi banyak temen dan nambah wawasan jugak :))

  13. susie ncuss says: November 22, 2018 at 12:48 pm

    setuju, teh.
    kita juga bisa ngeliat perjalanan/pencapaian2 hidup kita di tulisan kita sendiri.

  14. Maria G says: November 22, 2018 at 10:35 am

    Hiks senangnya punya suami yang baik banget
    Bikinin blog dan ngasih izin ngeliput acara
    Salam hangat utk beliau ya 😊😊

  15. Raisa Hakim says: November 22, 2018 at 8:57 am

    Iya jd lebih produktif soalnya aktivitas emak-emak kayak yang itu-itu terus lama2 meledak karena bosan. Kudu pisan ada kegiatan lain meski dirumah dan bisa healing ya kali2 metime ketemu teman Blogger ya 😋

  16. Sandra Hamidah says: November 21, 2018 at 8:21 pm

    Sama ih mba, saya juga disuruh sama suami, Alhamdulillah ketagihan nulis lagi, semangat mbaa

  17. Reyne Raea says: November 21, 2018 at 3:02 pm

    Me time nya sama banget tuh mba, saya tuh lebih suka pas libur, bisa duduk berjam-jam ngeblog hihihi.
    Semangat selalu ya mba 🙂

  18. herva yulyanti says: November 21, 2018 at 11:58 am

    menemukan teman dan berkomunitas emang kerasa banget ya teh setelah nulis blog jadi tahu deh siapapun 🙂

  19. Tiga alasan menarik mengapa menulis Blog - Sahabat Blogger says: November 20, 2018 at 5:12 pm

    […] Mengerjakan hobi seperti memasak, buat kue, bersih-bersih ((wow jadi hobi nih)), buat kreasi bahkan menulis bisa buat kita heppi juga kok menghabiskan liburan bersama keluarga dirumah. Seperti teman blogging saya bernama mbak Jeanette juga punya alasan menarik loh mengapa ia menulis blog, baca tulisannya disini: 5 alasan saya memutuskan menulis blog. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*